Rare Bali Anak Bali Belog Ngiring Ngajegang Bali dengan berbahasa Bali sane becik, senang ring Tembang Bali tur sekancan sastra lan Budaya Bali sane sampun kaloktah ring jagate mangda sumingkin jangkep tur paripurna #Bahasabali #AjegBudayaBali #RareBali

Breaking

Jumat, 02 Desember 2011

Manusia Bali Titisan Dewa

Soekarno  Kecil
Peradaban dunia mengenal sedikit orang hebat. Einstein, Newton, Galileo, adalah manusia-manusia hebat, seperti juga Nepoleon, Socrates, Machiavelli, Karl Max, Adam Smith, Shakespeare, Mozart. Dunia mengenang mereka sebagai orang-orang jenius, yang merenung, bekerja, dengan akal, pikiran, kendati mereka demikian hebat, dunia tetap menerimanya sebagai manusia, bukan sosok yang turun dari langit, bukan utusan dewa-dewa dari kahyangan. Orang-orang jenius itu nyata, bukan perwujudan mimpi-mimpi, bukan dongeng.

Walau orang hebat sedikit, mereka ada di mana-mana, di setiap zaman, diseluruh waktu. Di Indonesia pun orang jenius itu ada, Sukarno, Proklamator kemerdekaan, seorang diantaranya. Jika di Barat sang jenius diterima dan ditelaah dengan akal sehat, tidak demikian di Tanah Air. Sukarno tak cuma dinilai sebagai manusia hebat, namun sering dianggap titisan dewa. 
Menjelang prahara politik disertai rentetan pergolakan berdarah September 1965, tampang Sukarno dikabarkan muncul di bulan. Tengah malam hingga dini hari, orang-orang mendongak ke langit, menatap bulan lama-lama, mencari wajah Sukarno di situ. Ada yang berteriak kegirangan mengaku melihat jelas wajah pemimpin besar revolusi itu. Yang lain justru bingung. " Aku tak melihat apa-apa, cuma bulatan keemasan dengan siluet hitam di permukaan bulan," ujar banyak orang. Namun wajah Sukarno muncul di bulan kala itu, sungguh berita yang berubah menjadi sihir, mencekam, menegangkan, sakral dan meninabobokan.
" Hanya manusia titisan dewa yang bisa begitu," komentar

orang yang mengaku pernah melihat Sukarno di permukaan bulan. Imajinasi tentang manusia keturunan dewa inipun segera disambut hangat oleh orang Bali. Jika Sukarno keturunan dewa, maka orang Bali juga titisan dewa. Bukankah Sukarno orang Bali ? Dia lahir dari gua-garba wanita Bali dari Buleleng. Jika seorang perempuan melahirkan "anak" dewa, tidaklah berarti ia juga perempuan utusan dewa ? Boleh jadi itu sebabnya muncul gelar Bali itu Pulau Dewata

Pulau ini tak cuma menjadi istana atau tempat pelesir dewa-dewa dari kahyangan, namun sesungguhnya sebuah pulau pemukiman titisan dewa. Wah, alangkah hebat Bali ! Jenius ! Pantas orang luar suka memuji Bali sebagai tanah tumpah darah kaum Local Genius.

Raja-raja di Bali, yang memerintah wilayah Badung, Mengwi, Klungkung, Gianyar, Bangli, Karangasem, memang dianggap titisan dewa oleh rakyatnya, inkarnasi dewa untuk menaburkan kerahayuan jagat, memberi perlindungan bagi rakyat. Raja Klungkung misalnya disebut sebagai Ratu Dewa Agung oleh rakyat dan bawahannya. 

Raja ini dianggap titisan dewa, yang membuat rakyat duduk bersimpuh di tepi jalan jika sang raja lewat. Rakyat menyembah raja tak beda dengan ketika mereka menyembah dewa; tunduk, takluk, berserah diri sepenuh hati, tanpa sisa.
P. Swantoro dalam bukunya, Dari Buku ke Buku Sambung Menyambung Menjadi Satu, mengungkapkan,pendiri dinasti sering dinyatakan sebagai keturunan dewa. Kaisar Jepang dianggap keturunan dewa Matahari. Romulus, pendiri Roma, diyakini sebagai keturunan dewa Mars. Julius Caesar menyatakan diri sebagai keturunan dewi Venus, sedangkan Hengist, Pangeran Anglo-Saksen pendiri kerajaan Britania, bercikal balak dewa Wodan.

Ken Arok disebut-sebut pula sebagai titisan Bhatara Wisnu dan juga putra Bhatara Guru. Ken Dedes, istri Ken Arok, juga bukan perempuan biasa. Ia dihormati sebagai Ardhanariswari, perempuan yang gua-garbanya bersinar, pertanda ia paro-perempuan dari paduan Siwa-Durga. Siapa pun yang berhasil memperistri seorang Ardhanariswari bakal menjadi penakluk dunia.

Jika kita percaya orang Bali masih memiliki pertalian darah dengan dinasti Arok, pasti tidak sedikit titisan dewa di sudut-sudut Bali pendiri Majapahit. Kerajaan di Jawa Timur ini punya peran dan pengaruh kuat terhadap perkembangan peradaban Bali. 

Dalam ekspedisi Majapahit menaklukkan Bali, tentu banyak tokoh, senapati, prajurit, punggawa, kaum intelektual, akhirnya menjadi penduduk Bali, dan beranak pinak di sini.

Tentu Bali harus bersyukur pulau ini dihuni banyak titisan dewa, pertanda tak susah menciptakan kemakmuran, keamanan, kedamaian, disini. Apalagi jika orang-orang (dewa-dewa) itu bersatu padu membangun Bali. Tapi, mengapa belakangan sering terbit baku hantam, pembunuhan, perampokan, di Bali ? Orang Bali kini gampang bunuh diri, mudah marah, dan saling bacok, merusak dam membakar rumah kerabat.

Apakah dewa-dewa (orang Bali?) sedang memperagakan jurus "Dewa Mabuk" seperti dalam film kunfu ? Jurus yang mengharuskan pendekar mabuk dulu untuk merebut kemenangan.

Tetapi benarkah ada manusia titisan dewa? Jangan-jangan semua itu cuma mitos, dongeng untuk menghibur kita agar lupa pada kesusahan hidup sehari-hari.
Sumber Buku Jangan Mati di Bali Tingkah Polah Negeri Turis halaman 260 karya Gde Aryantha Soethama. Di posting oleh Rare Angon Nak Bali Belog


17 komentar:

  1. posting yang bagus untuk merenung apa yang tengah terjadi pada dunia kini, titisan dewa atau bukan yang pasti beliau-beliau adalah pe-makmur rakyat.

    BalasHapus
  2. mungkin di peradaban adat istiadat BALI memang ada manusia dari titisan sang Dewa...tapi apakah beliau juga menjadi yang di sembah layaknya sang Dewa ? Really nice's article...,,support ur blog...Is to give insight

    BalasHapus
  3. @ Akang Ubi Cilembu dan Mbak Mariya, Terima kasih banyak atas perhatiannya.

    BalasHapus
  4. i like this blog, and follow back success, member 292 !

    BalasHapus
  5. Orang2 hebat, jenius dikenang, dikagumi sepanjang masa. Kita pun dapat menjadi bagian dari hebat tsb dengan mencontoh sedikit kehebatannya.
    Ini posting menarik banget. TQ

    BalasHapus
  6. postingan yang sangat bagus sobat...
    mampir ke tempat saya juga yah...
    www.isalblog.com

    BalasHapus
  7. Berkunjung dam follow back bro..terus berkarya gan..mantabs..http://banggawisatalokal.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. salam pak boos.... weh maaf lama gk pernah mampir kesini, baru nyampe sini langsung di buat bulu kuduk berdiri sama artikelnya,

    saya sendiri percaya kalau banyak orang Bali titisan dewa pak boos, buknya temen saya ada yang namanya Dewa Gede ...... heheheh....

    kalau menurut saya, banyak orang Bali skr yang melupakan konsep menyama beraya pak, makanya sering terjadi hal2 yg gk diinginkan....

    BalasHapus
  9. ada rahasia di balik rahasia

    ingatlah itu

    BalasHapus
  10. Blogwalking….NICE BLOG! Real Support for your ads! =D. Suport back ya ! Thanks a lot !=D

    BalasHapus
  11. Wah baru tau saya sob kalo sukarno orang bali hehe thanks sharenya

    BalasHapus
  12. Buat Sahabat Blogger Gan n Sis, yang cakep2, terima kasih atas supportnya, mari kita majukan dunia Blog di Indonesia dengan semangat persatuan ...

    BalasHapus
  13. sobat aank budi santoso & Ants Kaka, trims atas kunjungannya

    BalasHapus
  14. Pasti masih banyak manusia istimewa di Indonesia yang bisa membawa negara ini ke arah yang lebih baik. Maaf kalau komennya ngga nyambung dgn. artikelnya.

    BalasHapus

Buku Tamu

Cari Blog Ini

Pengikut

Blog Archive