Selamat Datang

PHDI Provinsi Banten

Ida Bagus Alit Wiratmaja terpilih menjadi ketua PHDI Provinsi Banten Lokasabha IV  provinsi Banten telah terlaksana kemarin, 2...

Jumat, 13 September 2013

Pengetahuan Weda untuk Anak Hindu

GAPURA DAN RARE BALI
Rare Bali
Pengetahuan Kitab Suci Weda untuk Anak Hindu

Pengetahuan Weda untuk anak Hindu, rare Bali, alit Hindu, cenik Bali, Taman Kanak-kanak Hindu, PAUD Hindu, anak alit-alit Bali, cening putri ayu, putra-putri Hindu, Hindu's Children, panak Hindu, Pasraman-pasraman Hindu, agar mereka memiliki pemahaman tentang Weda sejak dini, mampu berdiskusi dengan teman sebayanya, serta mengamalkan ajaran Dharma (kebaikan, kebenaran, kesucian hati) dalam kehidupan sehari-hari.

Apa nama kitab suci Agama Hindu ?

Kita suci agama Hindu disebut Weda. Weda adalah sabda suci wahyu Tuhan Yang Maha Esa yang diterima para Maharsi. Bahasa yang dipergunakan dalam Weda adalah bahasa Sanskerta Weda.
Tulisan Weda yang umum dikenal oleh masyarakat Hindu di Indonesia aslinya adalah Veda. Kata Veda berasal dari akat kata Vid, yang berarti mengetahui, sehingga kata Weda artinya; pengetahuan apabila diterapkan pada naskah suci; artinya sebuah buku tentang pengetahuan. Kitab Weda merupakan naskah suci pokok dari agama Hindu.


Weda diwahyukan oleh Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa) melalui beberapa Maharsi yang disebut Sapta Rsi, yaitu Maharsi Grtsamada, Wiswamitra, Wamadewa, Atri, Bharadwaja, Wasistha, dan Maharsi Kanwa.
Maharsi yang banya jasanya melakukan pengelompokan kitab suci Weda adalah Maharsi Wyasa.

Kapan kitab suci Weda diwahyukan ?

Kitab suci Weda diwahyukan sejak berabad-abad sebelum masehi.

Kitab suci Weda disusun oleh para Maharsi di daerah mana saja ?

Melihat nama-nama tempat yang disebutkan dalam Rg Weda, kita suci Weda disusun di daerah Punyab (India). Nama-nama itu antara lain : Kubha (Kabul), Studri (Stutley), Suvastu (Svat), Kumu (Kurram), Yamuna (Jumna), Suryannawar (Srinagar), Samudra (hilir sungai Sindhu). Ketiga Weda yang lain disusun di daerah Doab (daerah dua sungai, yaitu lembah sungai Gangga dan Yamuna)

Kitab suci Weda terdiri dari 4 kitab yang disebut ?

Rg Weda, terdiri dari 10552 mantra, isinya berupa nyanyian pujaan.
Sama Weda, terdiri dari 1875 mantra, isinya nyanyian pujaan yang dinyanyikan pada waktu pelaksanaan upacara.
Yayur Weda, terdiri dari 1975 mantra, isinya tuntunan hidup sehari-hari.
Atharwa Weda, terdiri dari 5987 mantra, isinya juga tuntunan hidup sehari-hari.

Sumber bacaan buku Doa-Doa Anak Hindu olih Jendra Pura. (RANBB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu