Senin, 14 Oktober 2013

Benarkah Veda itu Rahasia

Penyapu Jalanan
Benarkah Veda itu rahasia dan jika dipelajari kejiwaan seseorang terganggu ? 
Di jaman pengetahuan dan modern masih membudayanya pola pikir kolot atau primitif seperti orang yang rutin sembahyang atau mengamalkan ajaran agama dicurigai mencari ilmu yang bermacam-macam. Orang yang tekun membaca buku keagamaan diledek dengan kepingin jadi pemangku. Dan lebih seram lagi orang yang ingin memperdalam Kitab Suci Veda ditakut-takuti nanti bisa menjadi gila dan masih banyak suara menyesatkan lainnya.

Pendapat-pendapat kolot yang menyesatkan ini harus dihentikan dengan kesadaran rohani dan semangat membangun mental (iman) karena Tuhan telah memberikan wahyu kepada kita dan memberikan saran lewat Veda itu sendiri, seperti :


" Hendaknya disampaikan sabda suci kepada seluruh Umat manusia; Cendekiawan Rohaniawan, Raja / pemerintahan, Pedagang, Petani, Nelayan, Guru kepada penyembahKu dan orang asing sekalipun "


Yathemam vacam kalyanim avadani janebyah, 
brahma rajanyabhyam sudraya caryaya ca svaya caranaya ca.

Yayurveda XXVI.2


Dengan wahyu Tuhan dalam Yayur Veda diatas sangat jelas kita tidak akan terganggu jika belajar Veda, orang yang melarang belajar Veda adalah orang yang mentalnya rapuh. Apakah kita menuruti orang bermental rapuh atau menuruti Sabda Tuhan (Veda) ?

Marilah membaca Kitab-kitab Veda dengan membangun semangat Jiwa seperti :
  • Tempuhlah Jalan Menuju pencerahan. Pencerahan adalah kondisi pikiran atau kesadaran di tengah-tengah kekacauan kehidupan, untuk dijadikan keteduhan di dalam diri kita.
  • Bacalah buku-buku yang baik. Membaca buku-buku yang baik sangatlah membantu dalam menempuh jalan rohani, memberikan ketajaman kecerdasan, nasehat ahli dan bimbingan untuk perjalanan hidup ini.
  • Ikutilah hati nurani. Carilah kasih serta jawaban-jawaban dihati kita sendiri. Kalau kita belajar mempercayai diri sendiri, akan kita temukan kedamaian serta Tuhan.
  • Bermeditasilah atau kuatkan sembahyang sesuai Veda. Doa yang dipanjatkan kepada Tuhan dari Meditasi sangat luar biasa Kuasanya.
  • Dan masih banyak cara mengamalkan ajaran agama Hindu dengan dengan Tuhan.

Veda tak perlu diragukan lagi, karena Veda itu mutlak Wahyu Tuhan Yang Maha Esa yang merupakan sumber ajaran tertinggi. Baca lahirnya agama besar dunia, klik disini
Dari Vedalah semua tentang agama mengalir dan memberikan vitalitas kehidupan manusia dan alam sekitarnya bukan dari cerita atau gugon tuwon. Dengan memahami Veda kita akan lebih mudah melihat perkembangan agama Hindu selanjutnya. Ajaran Veda sesuai dengan sifatnya Anadi Ananta dan Sanatana yakni tiada berawal, tiada berakhir dan kekal abadi, maka ajaran Veda relevan dengan sepanjang jaman kuno, kini dan akan datang.

Sumber buku Kebangkitan Hindu oleh Sargede. (RANBB)

2 komentar:

  1. Bali tidak akan saya lupakan, dan akan selalu saya kenang selalu. Dari tahun 2005-2011 tidak kurang sudah 10 kali saya berkunjung ke Bali. Semoga tahun ini dan tahun yang akan datang saya diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk datang ke Bali lagi. Kangen Bali selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kang Asep, semoga diberikan umur panjang agar dapat berkunjung ke Bali..

      Hapus

Buku Tamu

Artikel Umat Hindu