Selamat Datang

STATUS DAN KEDUDUKAN DIKSITA

STATUS DAN KEDUDUKAN DIKSITA Seseorang  yang telah di Diksa diberi status dan kedudukan sebagai seorang Sulinggih di masyarakat....

Minggu, 30 Agustus 2015

Pujawali Parahyangan Agung Jagatkartta

Di saat Pulau Bali dihebohkan dengan iklan lowongan kerja yang menyinggung umat Hindu, di pulau lain tepatnya di Jawa, Umat Hindu sedang mempersiapkan Pujawali Pura Parahyangan Agung Jagatkartta Gunung Salak, yang jatuh pada Purnamaning Sasih Ketiga, 29 Agustus 2015.

Selain Parahyangan Agung Jagatkartta Taman Sari Gunung Salak yang melaksanakan pujawali pada Purnamaning Sasih Ketiga dihari saniscara kliwon krulut tersebut, ada banyak Pura yang juga memiliki hari pujawali yang sama. Di Jakarta dan Banten ada Pura Kertajaya Tangerang, Pura Radhitya Dharma Cibinong dan Pura Widya Dharma Cibubur. Dan dapat diyakini masih banyak Pura di Indonesia yang melaksanakan pujawali pada hari itu, karena bertepatan dengan Saniscara Kliwon Krulut atau Tumpek Krulut dan Purnamaning Sasih Ketiga.



Berikut foto dokumentasi I Rare Angon saat Ngiring Pekuluh ring Pujawali Parahyangan Agung Jagatkartta Gunung Salak, Lihat
Topeng Bondres
Foto-foto Tari Wali saat Pujawali Parahyangan Agung Jagatkartta, klik disini


Pujawali Parahyangan Agung Jagatkartta
Selaku umat Hindu yang ada di luar Bali, kegiatan-kegiatan dalam persiapan dan pelaksanaan pujawali disuatu pura tidak berbeda dengan di Bali. Namun ada satu hal yang unik atau berbeda yaitu Ida Bhetara sesuhunan dari pura yang tidak melaksanakan pujawali lunga ke Pura yang sedang melaksanakan pujawali. Sering kita sebut dengan Ngiring Pekuluh. Hal yang sangat baik untuk tetap dilaksanakan karena akan mempererat persatuan umat Hindu secara sekala, serta meningkatkan sradha Bhakti kita kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa. Ini merupakan suatu kebahagiaan titiang sebagai umat karena dapat ngaturang bakti disaat Ida Bhetara tedun memberikan penugrahan ring umatnya.

Kebahagiaan titiang yang ke dua adalah terpampangnya gambar 3d Bale Banjar Parahyangan Agung Jagatkartta yang akan dibangun. Sebagai umat dapat ngaturangayah melarapan antuk gambar 3Dimensi, dumogi segera dapat terealisasi, Om Swaha. (RANBB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu