Selasa, 31 Desember 2019

Kalender Bali 2020

Kalender Bali 2020


Hari Raya Hindu, Rerainan Purnama-Tilem, Galungan & Kuningan dan Pujawali Pura Se Jabodebabek.

Kalender Bali 2020


Kalender Bali merupakan perlengkapan mutlak bagi orang Bali dimanapun berada, selain memang khusus untuk orang Bali, juga karena kalender Bali sangat penting dalam kehidupan beragama Hindu. Tanpa kalender Bali, beragama terasa melayang tanpa pegangan yang jelas. Segala kegiatan keagamaan diatur dan disampaikan dalam kalender Bali, mulai dari hari libur Nasional, hari libur fakultatif khusus umat Hindu, hari-hari besar Nasional, hari-hari besar keagamaan. Sungguh lengkap kalender Bali itu, serta berguna untuk siapa saja, selain orang Bali itu sendiri.

Dunia pariwisata membutuhkan info-info kegiatan ritual keagamaan dari kalender Bali. Para wisatawan mau berlibur juga butuh info kalender Bali, bila tidak bisa-bisa tidak sampe di Bali bila beli tiketnya pas hari raya Nyepi, hehehe....



Sejak kecil yang tiang tahu itu Kalender Bali yang disusun oleh Bapak I ketut Bangbang Gede Rawi, dan hingga kini pun tiang setiap menggunakannya dirantau. Kini semakin banyak hari libur dan dalam kalender Bali pun terdapat hal-hal yang baru, seperti Hari Raya Dipawali, Hari Libur Nyepi Tahun Baru Saka dan lain sebagainya

Berikut tanggal penting Rerainan dan Perayaan Hari Besar Agama Hindu dimanapun berada, agar dapat diketahui sebagai acuan kita melakukan upacara keagamaan.

Januari 2020


  • 10 Januari 2020, Sukra (Jumat) Kliwon Tolu, Rerainan Purnama Sasih Kepitu
  • 23 Januari 2020, Wrespati (Kamis) Pon Wariga, Hari Raya Siwaratri.
  • 23 Januari 2020, Sukra (Jumat) Wage Wariga, Rerainan Tilem Sasih Kepitu
  • 25 Januari 2020, Saniscara (Sabtu) Kliwon Wariga, Rerainan Tumpek Uduh / Pengatag. Pujawali ring Pura Tri Bhuwana Agung Depok Jawa Barat. Pujawali Pura Wira Dharma Samudra Cilandak Jakarta Selatan. Pelaksanaan pujawali tergantung pada panitia pujawali bersangkutan.


Februari 2020


  • 8 Februari 2020, Saniscara (Sabtu) Wage Julungwangi, Rerainan Purnama Sasih Kewulu
  • 13 Februari 2020, Wrespati (Kamis) Wage Sungsang, Sugihan Jawa
  • 14 Februari 2020, Sukra (Jumat) Kliwon Sungsang, Sugihan Bali 
  • 18 Februari 2020, Anggara (Selasa) Wage Dunggulan, Penampahan Galungan
  • 19 Februari 2020, Budha (Rabu) Kliwon Dunggulan, Hari Raya Galungan. Pujawali Pura Mustika Dharma Cijantung Jakarta Timur. Pelaksanaan pujawali tergantung pada panitia pujawali bersangkutan.
  • 23 Februari 2020, Redite (Minggu) Wage Kuningan, Rerainan Tilem Sasih Kewulu
  • 29 Februari 2010, Saniscara (Sabtu) Kliwon Kuningan, Hari Raya Kuningan. Pujawali Pura Dalem Purnajati Tanjungpuri, Tanjung Priok Jakarta Utara. Pelaksanaan pujawali tergantung pada panitia pujawali bersangkutan.


Maret 2020


  • 9 Maret 2020, Soma (Senin) Wage Medangsia, Rerainan Purnama Sasih Kesanga
  • 22 Maret 2020, Redite (Minggu) Paing Pujut, Mekiyis / Melasti ke Segara Pantai Tanjung Pasir Kota Tangerang  ( khusus umat Hindu Provinsi Banten, Rare Angon mebanjar di Banten )
  • 24 Maret 2020, Anggara (Selasa) Wage Pahang, Rerainan Tilem Kesanga. Hari Tilem Sasih Kesanga melaksanakan upacara Bhuta Yadnya atau Tawur Agung Kesanga guna pembersihan Bhuana Alit dan Bhuana Agung. Umat Hindu provinsi Banten melaksanakan Tawur Kesanga di Lapangan Kopassus Grup 1 Serang Banten (Lapangan parkir Pura Eka Wira Anantha Serang )
  • 25 Maret 2020, Budha (Rabu) Kliwon Pahang, Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942 melaksanakan Catur Brata Penyepian atau Meditasi
  • 26 Maret 2020, Wrespati (Kamis) Umanis Pahang, Rerainan Ngembak Gni


April 2020




  • 4 April 2020, Saniscara (Sabtu) Kliwon Krulut, Tumpek Krulut. Pujawali ring Pura Kertajaya Tangerang Banten. Pujawali ring Pura Raditya Dharma Cibinong. Pelaksanaan pujawali tergantung pada panitia pujawali bersangkutan.
  • 7 April 2020, Anggara (Selasa) Pon Merakih, Purnama Sasih Kedasa. Pujawali ring Pura Candra Prabha Jelambar Jakarta Barat. Pelaksanaan pujawali tergantung pada panitia pujawali bersangkutan.
  • 22 April 2020, Budha (Rabu) Pon Medangkungan, Rerainan Tilem Sasih Kedasa.


Mei 2020


  • 7 Mei 2020, Wrespati (Kamis) Pon Uye, Rerainan Purnama Sasih Jiyestha. Pujawali Pura Agung Taman Sari Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Pelaksanaan pujawali tergantung pada panitia pujawali bersangkutan.
  • 9 Mei 2020, Saniscara (Sabtu) Kliwon Uye, Rerainan Tumpek Kandang.
  • 22 Mei 2020, Sukra (Jumat) Pon Perangbakat, Rerainan Tilem Sasih Jiyestha


Juni 2020


  • 3 Juni 2020, Budha (Rabu) Kliwon Ugu, Pujawali Pura Dharma Sidhi Ciledug. ( khusus umat Hindu Provinsi Banten, Rare Angon mebanjar di Banten )
  • 5 Juni 2020, Sukra (Jumat) Pahing Ugu, Purnama Sasih Sadha. Pujawali Pura Mertasari Rempoa.  Pelaksanaan pujawali tergantung pada panitia pujawali bersangkitan.
  • 13 Juni 2020, Saniscara (Sabtu) Kliwon Wayang, Rerainan Tumpek Wayang. Pujawali ring Pura Widya Mandala Lenteng Agung. Pelaksanaan pujawali tergantung pada panitia pujawali bersangkutan.
  • 20 Juni 2020, Saniscara (Sabtu) Pahing Kelawu, Rerainan Tilem Sadha. 


Juli 2020


  • 4 Juli 2020, Saniscara (Sabtu) Umanis Watugunung, Rerainan Hari Saraswati. Pujawali ring Pura Adityajaya Rawamangun Jakarta Timur. Pujawali ring Pura Loka Arcana Ciangsana Cilengsi Bogor. Pelaksanaan pujawali tergantung pada panitia pujawali bersangkutan.
  • 5 Juli 2020, Redite (Minggu) Pahing Sinta, Rerainan Hari Purnama Sasih Kasa. Pujawali  ring  Pura Amerta Jati Cinere,  Jakarta Selatan . Pelaksanaan pujawali tergantung pada panitia pujawali bersangkutan.
  • 8 Juli 2020, Budha (Rabu) Kliwon Sinta, Rerainan Hari Pagerwesi
  • 18 Juli 2020, Saniscara (Sabtu) Kliwon Landep, Rerainan Hari Tumpek Landep. Pujawali ring Pura Agung Tirta Bhuwana Bekasi. Pujawali ring Pura Ksatriya Loka. Pomad. Pasar Minggu Jakarta Selatan. Pelaksanaan pujawali tergantung pada panitia pujawali bersangkutan.
  • 19 Juli 2020, Redite (Minggu) Umanis Ukir, Pujawali ring Pura Parahyangan Jagatguru BSD Tangsel. Pelaksanaan pujawali tergantung pada panitia pujawali bersangkutan.
  • 20 Juli 2020, Soma (Senin) Pahing Ukir,  Rerainan Tilem Sasih Kasa


Agustus 2020


  • 3 Agustus 2020, Soma (Senin) Umanis Tulu, Rerainan Purnama Sasih Karo
  • 18 Agustus 2020, Soma (Senin) Kliwon Wariga, Rerainan Tilem Sasih Karo.
  • 22 Agustus 2020, Saniscara (Sabtu) Kliwon Wariga, Rerainan Tumpek Uduh /Pengatag. Pujawali ring Pura Tri Bhuwana Agung Depok Jawa Barat. Pujawali Pura Wira Dharma Samudra Cilandak Jakarta Selatan. Pelaksanaan pujawali tergantung pada panitia pujawali bersangkutan.


September 2020


  • 2 September 2020, Budha (Rabu) Umanis Julungwangi, Rerainan Purnama Sasih Ketiga. Pujawali ring Pura Widya Dharma Cibubur. Pujawali ring Pura Parahyangan Agung Jagat Kartta Gunung Salak Bogor. Pelaksanaan pujawali tergantung pada panitia pujawali bersangkutan.
  • 10 September 2020, Wrespati (Kamis) Wage Sungsang, Sugihan Jawa
  • 11 September 2020, Sukra (Jumat) Kliwon Sungsang, Sugihan Bali 
  • 15 September 2020, Anggara (Selasa) Wage Dunggulan, Penampahan Galungan
  • 16 September 2020, Budha (Rabu) Kliwon Dunggulan, Hari Raya Galungan. Pujawali Pura Mustika Dharma Cijantung Jakarta Timur. Pelaksanaan pujawali tergantung pada panitia pujawali bersangkutan.
  • 17 September 2020, Wrespati (Kamis) Umanis Dunggulan, Rerainan Tileh Sasih Ketiga.
  • 26 September 2020, Saniscara (Sabtu) Kliwon Kuningan, Hari Raya Kuningan. Pujawali Pura Dalem Purnajati Tanjungpuri, Tanjung Priok Jakarta Utara. Pelaksanaan pujawali tergantung pada panitia pujawali bersangkutan.


Oktober 2020


  • 1 Oktober 2020, Weraspati (Kamis) Kliwon Langkir, Rerainan Purnama Sasih Kapat. Pujawali Pura Eka Wira Anantha Serang Banten. Pujawali Pura Giri Kusuma Bogor. Pujawali Pura Penataran Agung Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur. Pelaksanaan pujawali tergantung pada panitia pujawali bersangkutan.
  • 16 Oktober 2020, Sukra (Jumat) Kliwon Pujut, Rerainan Tilem Sasih Kapat.
  • 31 Oktober 2020, Saniscara (Sabtu) Kliwon Krulut, Rerainan Purnama Sasih Kelima dan Tumpek Krulut. Pujawali Pura Kertajaya Tangerang. Pujawali Pura Raditya Dharma Cibinong. Pelaksanaan pujawali tergantung pada panitia pujawali bersangkutan.


Nopember 2020


  • 15 Nopember 2020, Redite (Minggu) Kliwon Medangkungan, Rerainan Tilem Sasih Kelima.
  • 30 Nopember 2020, Soma (Senin) Kliwon Uye, Rerainan Hari Purnama Sasih Keenam


Desember 2020




  • 5 Desember 2020, Saniscara (Sabtu) Kliwon Uye, Rerainan Tumpek Kandang.
  • 14 Desember 2020, Soma (Senin) Wage Prangbakat, Rerainan Tilem Sasih Keenam. Pujawali Pura Prajapati Purna Pralina Kelapa Dua. Pelaksanaan pujawali tergantung pada panitia pujawali bersangkutan.
  • 29 Desember 2020, Anggara (Selasa) Wage Ugu, Rerainan Purnama Sasih Kepitu.
  • 30 Desember 2020, Budha (Rabu) Kliwon Ugu, Pujawali Pura Dharma Sidhi Ciledug. ( khusus umat Hindu Provinsi Banten, Rare Angon mebanjar di Banten )
  • 31 Desember 2020, Weraspati (Kamis) Umanis Ugu, Malam Tahun Baru Swasti Warsa 2021.


Penulis : Rare Angon Nak Bali Belog dari Kalender Bali 2020  yang disusun oleh Bapak I ketut Bangbang Gede Rawi dan Dudonan SDHD Banjar Ciledug.

Minggu, 29 Desember 2019

Teknik Baru Mengkerdilkan Daun Tanpa Sayat Dan Pelepah Bebas Sayatan

Teknik Baru Mengkerdilkan Daun Tanpa Sayat Dan Pelepah Bebas Sayatan | How to Make Coconut Bonsai, lets LIKE n SUBSCRIBE NOW , Thank you. Sebuah teknik baru admin coba share pada akhir tahun 2019 ini sebagai 'hadiah' tahun baru 2020, Cara mengkerdilkan daun yang bebas dari sayatan. Cara kerdil tanpa melakukan penyayatan atau pemotongan selaput penutup pada pelepah tunas baru kita, sehingga aman dari goresan pisau .. Semua kelapa pada dasarnya dapat dibuat bonsai kelapa, seperti bonsai kelapa gading, bonsai kelapa ijo, bonsai kelapa kuning, bonsai kelapa sayur, bonsai kelapa udang dan lain sebagainya... yuk kreatif



SIMAK SELENGKAPNYA DI CHANNEL SOBAT : KLIK DISINI
My Blog : http://rare-angon.blogspot.com #bonsaikelapa #teknikbarubebassayat

Jumat, 01 November 2019

Pupuk Pilihan Untuk Bonsai Kelapa Agar Akar Kuat Daun Hijau Subur

Bonsai Kelapa Indonesia (BKI)

Pupuk Pilihan Untuk Bonsai Kelapa Agar Akar Kuat Daun Hijau Subur - Fertilizer for Coconut Bonsai - Let's Click on SUBSCRIBE to Get our new information

Sejak awal admin sudah menggunakan pupuk kotoran kambing ini, karena banyak unsur haranya, Kotoran hewan mengandung unsur hara makro seperti nitrogen (N), posfor (P), kalium (K), kalsium (Ca), magnesium (Mg) dan belerang (S).

Pupuk NPK adalah pupuk buatan yang berbentuk cair atau padat yang mengandung unsur hara utama nitrogen, fosfor, dan kalium .





Bawang Merah Allicin, vitamin B1 (Thiamin) untuk pertumbuhan tunas, riboflavin untuk pertumbuhan tanaman, dan mengandung zpt auksin dan rhizokalin yang dapat merangsang pertumbuhan akar.

selamat berkarya, salam satu hobby penggemar bonsai kelapa, majulah Bonsai Kelapa Indonesia (BKI)

Jumat, 25 Oktober 2019

Blogger Versus Vlogger The Winning is Drafter 3D

Blogger Versus Vlogger Kemenangannya adalah Drafter 3D, mungkin itulah terjemahan dari judul yang Rare tulis 'Blogger Versus Vlogger The Winning is Drafter 3D ' . Lalu apakah arti dari judul tersebut ? Apakah ada pertandingan yang sangat spesial antara si Blogger melawan si Vlogger ? Seperti kita ketahui kedua hal ini sangat familiar dikalangan para pencari dollar didunia maya ini, persaingan mereka sangat sengit tetapi kemenangan ada di tangan Drafter 3D. Klik Menjadi Drafter 3D.

Itulah sekelumit kata pembuka yang Rare sampaikan dalam postingan kali ini, dimana Rare mengangkat permasalahan yang ada dalam diri Rare sendiri. Rare senang nge-Blog berbagi mengenai hal-hal agama, budaya, adat-istiadat, hobby, dan lain sebagainya melalui BLog, ada Rare Angon, ada Semangat Hindu, ada Radio Nak Bali, ada Nak Bali Belog, yang kesemua nya ini adalah tulisan-tulisan yang bersifat opini dan dari sumber-sumber buku-buku literatur yang rare miliki . Klik Buku Hindu. Selain berbagi tentang agama dan kebudayaan, Rare juga senang berbagi mengenai pekerjaan melalui blog, ada Eben 3D Impression, ada JPG Bintaro dimana memuat hal-hal pekerjaan sebagai freelance 3D Maker dan Hobby bersepeda atau Goweser.

Nah kata orang-orang yang rajin nge-Blog dinamakan sebagai Blogger. Lalu bagaimana dengan Vlogger ??



Sebenarnya sejak pertama kali nge-Blog, Rare sudah punya akun Yutub, tetatpi pada saat itu semangat masih pada bidang tulis-menulis, belum ke arah vidio dan narasi vidio. Sejalan dengan waktu ternyata asik juga nge-Vlog atau Video Blog itu, dan semakin ketagihan semenjak tahu bagaimana cara membuat video sederhana, lalu ternyata bisa juga mendatangkan dollar hehehe... Tapi kenapa Rare terlambat menjadi Vlogger ?? 

Sebenarnya tidak ada kata terlambat dalam setiap usaha itu, jalani dan lakukan yang terbaik pasti diberikan jalan dan rezeki.. Setelah disahkan menjadi Youtuber oleh yutub, kegiatan nulis nge-Blog pun menjadi sedikit terbagi waktunya, yach namanya juga kegiatan non job. Kedua kegiatan ini Vlogger dan Blogger menjadi bersaing dengan sendirinya dalam diri Rare, tetapi yang utama dari keduanya adalah sebagai Drafter 3D, inilah pekerjaan utama dari Rare yang harus 'dimenangkan', karena Drafter 3D telah memberikan banyak hal dalam kehidupan Rare ini. Dapur utama berasal dari pekerjaan sebagai pembuat jasa 3D impression yang telah dilakoni hampir 14 tahun...  


Jadi intinya adalah lakukan pekerjaan dengan senang hati, kegiatan apa yang dilakukan dengan penuh kegembiraan tidak akan menjadi beban berat baik pikiran maupun fisik. Menjadi Blogger teruslah menulis tentang apa saja yang bisa membuat orang lain bersemangat, termotivasi oleh tulisan-tulisan kita, sebagai Vlogger atau Youtuber teruslah berkarya yang kreatif dan inovatif agar dapat dilihat dan dipraktekan serta sangat bermanfaat, serta sebagai Drafter tentu Rare memberikan pelayanan jasa 3D yang terbaik, berkualitas dan harga yang sangat murah.

Salam hormat dari kami, Blogger, Vlogger sekaligus Drafter 3D.


Kamis, 10 Oktober 2019

Sah Menjadi Youtuber, Dari Blogger Menjadi Youtuber

Sah menjadi seorang Youtuber tidak semudah meng-aplod vidio-vidio di Youtube, lalu akun anda akan disetujui. Tidak jarang para pemula yang mencoba untuk menjadi youtuber, baik itu awalnya sekedar ikut-ikutan ataupun yang berniat kuat menjadi Youtuber sukses, menjadi galau gara-gara akunnya tak kunjung disetujui. Apa yang menjadi dasar sah atu tidaknya menjadi Youtuber ???



Awalnya admin juga tidak tertarik menjadi Youtuber, karena membuat vidio itu tidak mudah, perlu space komputer yang besar, perlu kamera yang HD, perlu software kompilasi vidio yang canggih dan butuh waktur render finishing yang lama dan ini itu tetek bengek kebutuhan vidio, seperti backsound, intro, superposisi, interface, ide kreatif, ach banyak lagi yang disiapkan.

Walaupun begitu banyak keperluan vidio, tidak menjadi halangan bagi orang-orang untuk menjadi youtuber. Jadi adminpun tertarik untuk ikut-ikutan menjadi youtuber, karena sudah punya akun adsense di google, sepertinya akan lebih mudah menjadi youtuber. Ternyata ceritanya lain, setelah bertahun-tahun akun youtube tak tersentuh, admin mulai tengok dan aplod vidio. Lihat Akun Youtube

Bermula dari gemar nge-blog yang kata orang sebagai Blogger, sudah pula menikmati adsense dari nge-Blog, sekarang merambah menjadi Youtuber dengan basis yang sama yaitu sama-sama berbagi tentang agama, sosial budaya dan olahraga. Akun blog yang ada hingga 6 buah ini tetap terjaga walaupun updatenya lumayan jarang hehehe... karena kini lebih asik membuat vidio dan aplod karena saat ini sudah sah menjadi seorang Youtuber.

Berikut admin kasikan tips untuk menjadi youtuber dengan modal yang apa adanya pada diri anda, tak perlu seperti orang lain dengan dana yang besar atau membeli subscriber agar cepat banyak atau memasang iklan sana-sini agar akun anda cepat terpasang iklan sumber pendapatan seorang youtuber. Jadi Sah atau tidaknya anda menjadi seorang youtuber bukan dari iklan yaa, banyak hal yang menjadi ukuran, dan setiap orang beda-beda mengartikannya. Ada yang merasa sah menjadi youtuber kalau berhasil membuat vidio yang banyak penontonnya, ada yang karena bagus vidionya dan lain sebagainya.



TIPS Pertama :
Yakin anda bisa membuat vidio dengan perlengkapan sederhana, seperti hape, dan kontennya bermanfaat bagi orang lain, walaupun bukan originil artinya sudah banyak yang buat konten tersebut, namun dengan cara pandang yang berbeda maka vidio anda akan pula dilihat sebagai sesuatu yang baru. Dengan perlengkapan sederhana ini vidio dapat diaplod ke Youtube dan bermanfaat bagi orang lain.

TIPS Kedua :
Terus berkarya dengan ciri khas anda, tidak perlu menjadi orang lain, baik itu suara, penampilan, cita rasa, ataupun hasil karya anda mencerminkan diri anda yang sebenarnya. Ini lebih originil, karena menjadi orang lain itu tidak mudah untuk seterusnya, kan lebih mudah menjadi diri sendiri..

TIPS Ketiga :
Ikuti aturan main dari Youtube kalau anda ingin segera di-Sah-kan menjadi Youtuber, tak perlu mengatur tetapi ikuti lah aturan itu, maka akun anda akan segera di setujui. 

TIPS Keempat :
Miliki sesuatu yang original pada akun youtube anda, sesuatu yang benar-benar asli buatan anda, walau terkadang sangat sulit untuk mengembangkan tetapi ini menjadi ciri khas akun anda, sebagian besar vidio-vidio anda adalah karya anda sendiri.

Sabtu, 07 September 2019

Istilah-Istilah Pujawali Atau Piodalan yang hanya ada di Bali

Istilah-Istilah Pujawali Atau Piodalan 

Istilah-Istilah Pujawali Atau Piodalan yang hanya ada di Bali, perlu kita ketahui agar tidak terjadi kesalahan pemahaman, generasi sekarang yang sudah tersebar luas di seluruh duniapun sudah sepatutnya mengetahui istilah-istilah yang umum yang ada saat kegiatan pujawali atau piodalan di sebuah Pura, Merajan, Dadia, ataupun Sanggah.

Ngaturangayah

Ngaturangayah atau disingkat Ngayah merupakan sebuah kewajiban sosial masyarakat Bali berupa kerja bergotong-royong yang sudah turun-temurun dilaksanakan dalam segala hal kegiatan keagamaan dan sosial kemasyarakatan. Ngayah didasari oleh hati yang ikhlas Lascharya sebagai wujud dari Karma Marga kita kepada Tuhan, rasa bakti kita kepada SangHyang Widhi dengan wujud kerja. Dalam Ngayah khususnya Pujawali, ada proses produksi yaitu mengolah bahan baku menjadi produk jadi, mengolah bambu menjadi katik sate, ataupun mengoleh bambu menjadi klakat demikian pula untuk ngayah para perempuan Hindu, dalam Ngayah Mejejahitan ada proses mengubah bentuk janur atau slepan yang panjang menjadi Kulit Daksina, Tamas, Ceper, Sampyan, Gantungan, dan lain sebagainya. Seluruh komponen banjar suka duka, seperti Pinandita, Serathi, Sekeha Gong, Sekeha Geguntangan, Tempek, Pemuda dan Pemudi akan terlibat dalam Ngayah yang tidak di gaji ini. Dan masih banyak bentuk kegiatan Ngayah lainnya saat-saat Pujawali.

Mejejahitan Dan Metanding Banten



Kegiatan mejejahitan dilaksanakan oleh Krama istri, Sarati, dan pengayah lainnya. Dalam kegiatan ini dibuat jejahitan yang bahannya dari janur (busung), slepaan, semat, dan steples. Adapun bentuk jejahitannya antara lain: taledan, celemik, tamas, bedogan daksina, ceper, sampian peras, kulit peras, lis, bebuu, tipat, tulung sampian penjor, canang dan lain-lainnya.
Metanding adalah kegiatan membuat banten dengan jalan mengatur atau menyusun sarana-sarana upakara, seperti jajan, buah-buahan, jejahitan (sampian), bunga, nasi, daging, kacang-kacangan, sesuai dengan jenis dan kegunaannya, sehingga menjadi tetandingan sayut prayascita, durmangala, sayut guru piduka, suci, bebangkit dan lain-lainnya. Kegiatan metanding dilaksanakan oleh tukang banten atau sarathi bersama-sama dengan pengayah lainnya, merupakan kegiatan menata, memilah-milah, mengelompokkan secara teratur dan lengkap sesuai dengan jenis sorohannya maupun jenis tetandingannya seperti nanding banten penyeneng, daanan, dandanan, batekan dan lain-lainnya.

Nyamuh Makarya Jajan Sesamuhan Suci

Nyamuh yaitu kegiatan membuat Jajan Sesamuhan Suci yang merupakan bahan dasar dari Banten Suci, Bebangkit dan upakara lain. Jajan Sesamuhan ini berbahan dasar tepung beras dan pewarna makanan yang diolah sedemikian rupa dengan aneka bentuk dan warna yang cerah seperti merah muda, kuning, putih, oranye. Aneka bentuk Jajan Suci seperti kebeber polos, kebeber mesari, kepuan udang, canigara, padma, kerang, tuding, pucuk telu, kekuluban, bungkung, ratu megelung, bungan temu, klongkang, dan saraswati.
Disamping sesamuhan Jajan Suci juga membuat Jajan Bebangkit. Jajan Bebangkit terdiri atas 20 jenis yaitu: labengkot, lobeng luih, marga pepek, lawangan keladi, ubi sikep, bagia, peras, penyeneng, kemulan, taksu, sugih mengkoh, sugih metajuh, tulus ayu, tulus bagus, bulan, matan ai, tadah, lemah lemeng. Jajan Pulegembal dasarnya 39 terdiri dari: ante, empas, mimi, tapak tangan, tapak kaki, tasik segara, suruh agung, sampat, luwed agung, tingkih, prusa, prusi, bawang telur ayam, udel, seet mimang, lekeh, lelipi, takep 4 terbuka, takep lima tutup, simbar merica, lulut besi dan perak, lulut emas (kuning) sepasang kemangmang, marga tiga, marga empat, gelar, gemulung, saang putih, saang merah, klongkang poleng, bungan temu poleng, bayem raja, ider buana, sri sedana, pepek,medaka, sepasang cili, crème. Pepohonan 18 macam antara lain: ancak, bingin, nagasari, ambengan, padang lepas, kelapa gading, ubi sikep, kladi,rebab, ngadeg, sepit gunting, lawangan, ungang, tagog, kukur, kuntul, cakup tiga, cakup empat. Penangkeb 12 antara lain : gunung, tangkariga, lingga, sarad, taman, penganggo, dukuh maweda, penglikasan, wongkara, sesikepan

Gayah Utuh 

Gayah Utuh adalah Punggalan Bawi (Babi) yang berfungsi sebagai winangun urip mejatah katikan senjata Dewata Nawa Sanga sebagai perlengkapan dari  tetandingan banten ayaban Bebangkit. Dilengkapi dengan sate gayah / tungguh / tegeh. Ada berbentuk daging jejaring, isin jeroan babi, kober (bendera), payung dan lain-lainnya yang menggambarkan isi Bhurloka (Mayapada). Sedangkan Dangsil adalah bentuk sederhana daripada Gayah Utuh dengan inti pokoknya tetap ada Senjata Nawa Sanga. Dangsil menggunakan kelapa utuh menggantikan punggalan bawi untuk menancapkan Senjata Nawa Sanga.

Mekarya Jerimpen 

Banten Jerimpen adalah merupakan simbol permohonan kehadapan Tuhan agar memberikan keputusan berupa anugrah baik secara lahiriah maupun bathiniah. Oleh karena itu Jerimpen selalu dibuat dua buah dan ditempatkan di samping kanan dan kiri dari banten lainnya, memakai sampyan windha (jit kokokan), windha berasal dari kata windhu yg artinya suniya, dan suniya diartikan Sang Hyang Widhi. Dalam penataannya jerimpen mengikuti konsep tatanan; Kanistama, Madyama dan Uttama. Dalam tatanan upakara Kanistamaning Kanistama susunannya lebih sederhana dengan dialasi dulang kecil/sesenden dengan sampyan nagasari. Tapi dalam tatanan upakara Kanistamaning Madyama dan uttama biasanya bentuk banten Jerimpen ini memakai keranjang Jerimpen (badan) dan memakai sampyan windha (jit kokokan)


Kamis, 29 Agustus 2019

Percikan Dharma Hapuskan Sifat Buruk

Percikan Dharma
Hapuskan Sifat Buruk


Umat se-dharma, dalam kehidupan ini pasti ada sifat-sifat buruk yang ada dalam tubuh kita. Sifat buruk dapat menjerumuskan diri manusia pada kehancuran itu,Tuhan Yang Maha Esa/ Sang Hyang Widhi Wasa memberikan petunjuk supaya setiap umat manusia menghapuskan sifat-sifatnya yang buruk seperti menghilangkan rasa benci kepada seseorang, kedengkian, lesu, dan malas, mengedepankan nafsu terutama nafsu seksual, jangan menggunakan kata-kata makian, sifat cemburu, mengutuk/memgumpat seseorang, menendang sapi (binatang lainnya hanya untuk kesenangan bekaka), tidak mengotori udara, air, dan lingkungan, jangan membiarkan kemarahan menguasai diri, jangan minum-minuman keras atau yang memabukkan.

Sifat-sifat tersebut apabila mampu dikendalikan, diatasi dan tidak diberikan bersemi dalam diri kita, niscaya seseorang akan sehat, karena jauh dari stres dan frustasi. Oleh karena itu hendaknya selalu diperhatikan agar selalu mendapatkan kebahagiaan.

Hapuskan kedengkian




Ado yat te hrdi sritam
manaskam patayisnukam.
tatas ta irsyam muncami
nir usmanam drter iva.

Atharva Veda, VI.18.3

Artinya
Wahai manusia, pikiranmu ada di tepi jurang kejatuhan. Aku hapuskan kedengkian dari pikiranmu, sebagaimana orang menghapus panas dari sebuah tas kulit.

Ulasan
Bahwa dalam hidup ini pasti ada rasa dengki yang ada dalam diri kita, untuk itu hendaknya dijauhkan dari pikiran kita yang akan selalu mengganggu setiap langkah kehidupan kita. Oleh karena rasa dengki yang ada bukannya meringankan beban namun akan menambah masalah yang akan datang.

Demikian hendaknya kita dapat mengendalikan rasa dengki kepada siapa saja, agar dalam menjalani kehidupan ini mendapatkan kebahagiaan. Karena hanya menghilangkan atau mengendalikan rasa dengki ini yang mampu melepaskan diri kita dari masalah.

Sumber WA Grup PHDI Prov. Banten

Kamis, 15 Agustus 2019

Catur Asrama Empat Tahapan Hidup Manusia

Catur Asrama
(Empat tahapan hidup manusia)

Umat sedharma, dalam kehidupan ini ada empat tahapan kehidupan yang disebut Catur Asrama.
1. Brahmacasri Asrama, artinya suatu tingkatan atau tahapan untuk menuntut ilmu pengetahuan. Dalam kitab manawa dharma sastra disebutkan bahwa umur untuk mulai belajar adalah semasa ansk-anak yaitu dimulai dari umur 5 tahun dam selambat-lambatnya umur 8 tahun. Pada masa ini wajib menuntut ilmu pengetahuan untuk mempersiapkan diri menuju masa depan yang gemilsng, "taki katining sewaka guna widya". Artinya seorang siswa wajib menuntut mu samasa muda.
2. Grhasta, artinya suatu tingkatsn atau tahapan hidup berumah tangga. Grhasta berasal dari dua kata grha dan stha. Grha  artinya rumah, stha artinya berdiri atau membina. Jadi Grhasta artinya masa membina rumah tangga. Pada masa grhasta tujusn hidup yang diprioritaskan adalah mendapatkan artha dan memenuhi kama. Adapun tujuan grhasta yang utama adalah mencari harta benda untuk dapat memenuhi hidup (kama) dengan berdasarkan dharma. Kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang grhasta adalah



1. Bekerja mencari harta
2. Menjadi pemimpin rumah tangga
3. Menjadi anggota masyarakat yang baik
4. Melanjutkan keturunan.

3. Wanaprastha, artinya suatu tingkatan atau tahapan hidup manusia pada masa persiapan untuk melepaskan diri dari ikatan keduniawian. Wanaprastha artinya mengasingkan diri ke dalam hutan dengan mendirikan pertapaan. Pada masa ini kewajiban sudah tidak ada lagi di dunia seperti anak-anaknya sudah pada berumah tangga.tujuan hidup pada masa grhastha adalah persiapan mental dan fisik untuk dapat menyatu dengan Hyang Widhi.

4. Bhiksuka atau Sannyasin, artinya peminta-minta, maksudnya pada masa ini orang sudah tidak mampu lagi untuk mencari kehidupannya sendiri, sehingga mereka hidup dari belas kasihan dari anak-anaknya. Bhiksika atau Sannyadin adalah tingkatan atau tahapan kehidupan telah lepas sama sekali dari segala ikatan keduniawian (Moksa) dan hanya mengabdikan diri kepada Hyang Widhi.

Demikian umat sedharma bahwa dalam Catur Asrama yang harus dijalaninya sesuai tahapan-tahapan yang sudah diberikan dari Hyang Widhi melalui para Maharsi kita sehingga kita tinggal menjalaninya.

Sumber : WA Grup PHDI Banten

Jumat, 09 Agustus 2019

Nak Bali Hobby Tanaman Hias Bonsai Kelapa

Nak Bali Hobby Bonsai Kelapa sepertinya bukan hal yang mengherankan, sebab kesehariannya selalu berjumpa dengan kelapa. Kelapa untuk banten dan upakara. Kelapa untuk masak membuat Lawar, Sate, Urab dan lain-lain. Namun sekarang kelapa banyak dibuat menjadi bisnis tanaman hias yaitu bonsai kelapa.




Nak Bali memang hebat dalam seni, termasuk juga seni menanam ini. Bonsai perlu sentuhan seni dalam membuatnya. Perlu juga seni suara dalam menumbuhkan bonsai-bonsai ini, dengan megending atau bernyanyilah saat merawat bonsai kelapa itu. 

Selamat berkarya dalam dunia tanaman hias bonsai kelapa, mari manfaatkan kelapa 'lungsuran' menjadi bonsai yang indah dan bernilai jual tinggi...

Minggu, 14 Juli 2019

Yuk Gowes ke Japinka JPG Jalur Pipa Gas Lengkong Pondok Aren

Yuk Gowes ke Japinka JPG Jalur Pipa Gas Lengkong Pondok Aren, tapi ingat ya Tata Tertib Memasuki Kawasan Track JPG JAPINKA, Mohon di Baca !!!
Jalir Pinggir Kali JAPINKA
JAPINKA JPG BINTARO

1. Setiap goweser mengutamakan keselamatan
2. Goweser wajib menggunakan sepeda sesuai track yang ada
3. Goweser wajib menggunakan Helm
4. Goweser wajib mempunyai fisik yang memumpuni demi menjaga stamina fisik selama gowes berlangsung
5. Segala akibat yang timbul dari kesalahan para goweser dalam track/terjadi kecelakaan adalah di luar tanggung jawab pengurus track
6. Setiap goweser mengutamakan keselamatan
7. Goweser wajib menggunakan perlengkapan gowes demi menjaga keamanan diri sendiri
8. Goweser dilarang keras menggunakan Narkoba dan barang terlarang selama bersepeda
9. Goweser wajib menjaga dan merawat track ini (kebersihan dan lain-lain)


10. Goweser diharapkan membantu perekonomian masyarakat sekitar (Jajan di warung2 kecil yang ada disekitaran track)
tol parigi bandara soekarno hatta
Tol Baru BINTARO - Gate Parigi

Sehat Enggak Harus Mahal, Rasakan Manfaat Dahsyat Gowes di JPG JAPINKA
Pengurus JPG JAPINKA

SIMAK VIDIO GOWES JAPINKA

Selasa, 09 Juli 2019

Percikan Dharma Hadapi Berbagai Bentuk Kejahatan

Percikan Dharma
Hadapi Berbagai Bentuk Kejahatan

Umat se-dharna, dalam kehidupan ada saja bentuk kejahatan yang harus dihadapi oleh umat manusia. Janganlah mundur menghadapi kejahatan? Hadapi orang hahat atau curang dengan ke
bijaksanaan, taklukkan orang yang bengkok dengan akal yang sehat, perlakukan orang yang jahat sesusi hukum (biarlah hukum yang melindungi atau menghukum mereka), jangan gentar menghadapi pelaku kejahatan, demikian pula jangan memakai ilmu sihir, sebab membahayakan pemakainya. Perlakukan orang lain sepantasnya dan bahkan sebagai sahabat.

Hadapi orang yang curang dengan bijaksana



Tvam mayabhir apa mayino
adham ah, svadhabhir ye adhi
suptav ajuhvata.

Rg Veda I. 52. 5

Artinya
Sang Hyang Indra, Engkau meremukan orang-orang yang licik yang menaruh sesaji-sesaji di dalam mulut mereka sendiri, dengan alat-alatmu yang baik.

Ulasan
Bahwa dalam kehidupan ini ada saja yang melakukan kecurangan atau kejahatan sehingga membahayakan hidup manusia. Untuk itu hadapi semua kejahatan atau kecurangan dengan sikap bijaksana agar kita tetap wasapada dan terhindar dari segala bahaya yang setiap saat menghampiri hidup kita.

Demikian yang bisa dilakukan agar bisa terhindar dari kejahatan atau kecurangan dalam hidup di dunia ini. Oleh karena itu jangan ragu untuk tetap melaksanakan kebajikan agar selalu tetap terhindar dari segala kejahatan atau kecurangan dalam hidup ini.

Sumber : Bapak Aris Widodo

Sabtu, 29 Juni 2019

Bonsai Kelapa, Jenis Kelapa Unik yang Patut Dibonsai || Coconut Bonsai Tree

arti kelapa hindu
Buah Kelapa Bali
Dewasa ini sedang naik daun kegiatan memelihara Bonsai Kelapa (Bonkla), Coconut Bonsai Tree yang digemari oleh berbagai kalangan masyarakat baik sebagai pekerjaan utama ataupun Orang Bali bekerja sambilan. Tersebar di berbagai daerah dan di daratan Asia yang terkenal akan adanya pohon serba guna ini, pohon yang dapat dimanfaatkan seluruh bagian pohonnya baik itu akar, batang, daun, buah dan lain sebagainya. Dan kepanduan kitapun yaitu Pramuka menggunakan tunas kelapa sebagai logo organisasinya.

Pohon kelapa atau Nyuh (bahasa Bali) sudah dimanfaatkan oleh masyarakat Bali sejak dahulu kala baik untuk keperluan rumah tangga maupun upacara keagamaan (Dewa Yadnya), yaitu berupa ; Janur (daun muda kelapa), Selepan (daun tua kelapa), Danyuh (daun kering kelapa), Seseh (batang kelapa), Bungkak (buah kelapa muda), Nyuh (kelapa tua), Bungsil (buah kelapa masih kecil), Papah (cabang kelapa tempat daun), dan lain sebagainya.



Di Balipun dikenal beberapa jenis Nyuh atau kelapa yang berkaitan dengan upacara keagamaan. Kelapa atau Nyuh memiliki peran yang sangat penting dalam upacara Dewa Yadnya di Bali, sehingga penting untuk dilestarikan keberadaannya, salah satunya dengan Bonsai Kelapa. Sehingga selain jelas sangat unik Bonsai Kelapa dengan nama atau jenis tertentu akan memiliki nilai jual yang tinggi (bagi pebisnis), sedangkan bagi penggemar kelapa unik memiliki kenikmatan tersendiri. Patut dibonsai jenis kelapa khas Bali dibawah ini.

Kenapa Buah Kelapa Penting di Bali ? 
Salah satu bagian dari upacara Yadnya, kita senantiasa menggunakan buah kelapa, yaitu pada banten Daksina. Daksina adalah salah satu bentuk persembahan yang ada di Bali, yang merupakan perlambang (Nyasa) dan persembahan penting agar Yadnya tersebut berhasil dengan baik.



Dalam kitab Yaksa Prasna, Maharaja Yudhistira pernah dtanya mengenai keberadaan Daksina ini sebagai berikut : "Sraaddham mrtam kathaam vaa, Syaat katham yajno mrto bhavati " : Kenapa upacara Sraddha dinyatakan mati ? Dan wahai Dharmaraja, mengapa Yadnya itu dikatakan mati ? Menjawab pertanyaan itu, maka Maharaja Yudhistira menjelaskan " Mrtamasrotriyam sraddhaam, Mrto yajnastvadaksinah" : Upacara Sraddha yang tanpa melibatkan orang terpelajar dan ahli Veda, maka akan disebut mati. Sedangkan Yadnya tanpa Daksina adalah mati.

Dengan demikian begitu pentingnya buah kelapa bagi orang Bali, bagi umat Hindu. Buah Kelapa yang ada didalam Daksina adalah sebuah citra tentang dunia dan dimana Yadnya dilakukan maka disanalah pusat dunia.

Mengapa buah Kelapa Didalam Daksina ? 
Bermula dari Paduka Bhatara Brahma yang sejatinya memiliki lima buah kepala, kemudian bermain tebak-tebakan dengan putra Sang Hyang Siwa yakni Bhatara Ganesha. Tebakan kala itu adalah menjawab berapakah kepala Paduka Bhatara Brahma ? Secara tampilan maka Sang Hyang Ganesha menjawab bahwa kepala Sang Hyang Brahma adalah empat buah. Sejatinya, kepala dari Sang Hyang Brahma ada lima buah, namun tidak nampak satu, karena tersembunyi dalam bathin. Untuk menghindari kekalahan Sang Hyang Ganesha, maka Paduka Bhatara Siwa memotong satu kepala Sang Hyang Brahma dan jatuh di sbuah danau yang kemudian bernama Brahmasarovara. Dari sanalah tumbuh pohon yang kemudian hari dikenal dengan nama pohon kelapa. Oleh sebab itulah, mengapa Daksina inipun juga berarti tapakan linggih Ida Bhatara, ketika sedang menghaturkan pujawali.

Jenis-jenis Nyuh atau Kelapa unik menurut orang Bali yang patut dibudidayakan baik dengan Bonsai Kelapa ataupun perkebunan kelapa, yaitu :

  • Kelapa / Nyuh Ancak
  • Kelapa / Nyuh Anggalan
  • Kelapa / Nyuh Bebed
  • Kelapa / Nyuh Beruk (Nyuh Gede)
  • Kelapa / Nyuh Bingin
  • Kelapa / Nyuh Bejulit
  • Kelapa / Nyuh Bojog
  • Kelapa / Nyuh Bulan
  • Kelapa / Nyuh Cenik
  • Kelapa / Nyuh Empas
  • Kelapa / Nyuh Gedang
  • Kelapa / Nyuh Gading
  • Kelapa / Nyuh Kapas
  • Kelapa / Nyuh Kebat
  • Kelapa / Nyuh Macan (Pelet, Rengreng)
  • Kelapa / Nyuh Mulung
  • Kelapa / Nyuh Naga
  • Kelapa / Nyuh Rangda
  • Kelapa / Nyuh Sangket
  • Kelapa / Nyuh Sudamala
  • Kelapa / Nyuh Surya
  • Kelapa / Nyuh Udang


Minggu, 23 Juni 2019

Sekeha Gong Gargita Swara Ciledug Tangerang

Sekeha Gong Bali
seni tabuh bali
Suasana Latihan Gargita Swara
Setiap banjar adat di Bali sudah pasti memiliki sekeha gong, karena kegiatan adat, seni budaya dan keagamaan tidak terlepas dari hadirnya suara gambelan. Untuk hal itu setiap banjar adat akan berlomba-lomba untuk mengembangkan diri agar selalu dapat tampil terdepan dan penuh kreasi dalam seni musiknya. Baca mengenai Perda Bali Nomor 4 tahun 2019 Tentang Desa Adat 

Sekeha Gong Gargita Swara
Demikian juga kami di luar Bali tepatnya di Ciledug Tangerang Banten, juga memiliki sekeha gong walaupun bukan merupakan suatu desa adat, melainkan berupa paguyuban, perkumpulan krama Bali yang sering dikenal dengan Suka Duka Hindu Dharma Banjar Ciledug. Sebagai krama pengempon Pura Dharma Sidhi Ciledug lihat lokasinya disini, kami senantiasa melaksanakan upacara pujawali yang mana akan pula menghadirkan tetabuhan atau gambelan, tarian dan juga Panca Gita lainnya. Untuk itu kami membentuk sekeha gong bapak-bapak dengan nama Gargita Swara.






Lihat vidio latihan Sekeha Gong Gargita Swara klik disini

Selain sekeha gong Gargita Swara juga ada sekeha gong ibu-ibu dengan nama Dharma Gita, yang juga memiliki peran yang sangat besar dalam pelaksanaan pujawali Pura Dharma Sidhi yang jatuh setiap Budha Kliwon Ugu.

Kamis, 06 Juni 2019

PERATURAN DAERAH PROVINSI BALI NOMOR 4 TAHUN 2019 TENTANG DESA ADAT DI BALI

Perda Provinsi Bali tentang Desa Adat Bali.


Perda Nomor 4 Tahun 2019
PERDA Nomor 4 Tahun 2019
Sebagai Orang Bali Asli, lahir besar di Bali, Titiang merasa sangat senang dengan terbitnya Perda Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2019 ini yang mengatur tentang Desa Adat di Bali. Terus terang sebagai orang Bali sendiri tidak 'tahu' secara pasti tentang desa Adat itu. Namun dengan adanya Perda ini, Titiang semakin memahami mengenai keterikatan kita sebagai umat, krama desa dan generasi penerus Bali. 

Secara garis besar dapat Titiang sampaikan : 

PERATURAN DAERAH PROVINSI BALI NOMOR 4 TAHUN 2019 TENTANG DESA ADAT DI BALI , Ditetapkan di Denpasar pada tanggal 28 Mei 2019 Gubernur Bali, Wayan Koster. Diundangkan di Denpasar pada tanggal 28 Mei 2019 Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra.

Terdiri atas : 18 Bab dan 104 pasal



BAB I : Ketentuan Umum, pasal 1 - 3
BAB II : Kedudukan Dan Status Desa Adat, pasal 4 - 5
BAB III : Unsur Pokok Desa Adat, pasal 6 -12
BAB IV : Awig-Awig, Pararem, Dan Peraturan Lain Desa Adat, pasal 13 - 20
BAB V : Tugas Dan Wewenang Desa Adat, pasal 21 - 27
BAB VI : Tata Pemerintahan Desa Adat, pasal 28 - 42
BAB VII : Lembaga Adat, pasal 43 - 52
BAB VIII : Desa Adat Tua, pasal 53 - 54
BAB IX : Padruwenan Dan Utsaha Desa Adat, pasal 55 - 63
BAB X : Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa Adat Serta Keuangan Desa Adat, pasal 64 - 71
BAB XI : Majelis Desa Adat, pasal 72 - 80
BAB XII : Tata Hubungan Dan Kerjasama Desa Adat, pasal 81 - 86
BAB XIII : Pembangunan Desa Adat Dan Pembangunan Kawasan Pedesaan Desa Adat, pasal 87 - 89
BAB XIV : Pembinaan Dan Pengawasan, pasal 90 - 94
BAB XV : Pemberdayaan Dan Pelestarian Desa Adat, pasal 95
BAB XVI : Ketentuan Lain-lain, pasal 96 - 98
BAB XVII : Ketentuan Peralihan, pasal 99 - 101
BAB XVIII : Ketentuan Penutup, pasal 102-104

Pada bagian akhir ada :
Penjelasan Atas Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Desa Adat di Bali

Lebih lengkap silakan baca di file pdf berikut : Perda Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat Bali.

Sebagai orang Bali berkewajiban pula untuk ikut serta berperan aktif dalam menyebarluaskan informasi ini, berkewajiban mengetahui akan peraturan daerah walaupun kini tinggal dan bekerja di luar Bali. Oleh karenanya suatu saat nanti sudah dipastikan kita akan kembali ke Bali dan menetap di Bali. 

Melalui Blog ini Titiang pula menyampaikan rasa bangga dan sangat senang akan kehadiran ini dimana Titiang rasa akan membawa Bali kepada kemajuan, kesejahteraan, keamanan masyarakat Bali pada umumnya dan adat budaya serta umat Hindu pada khususnya.

Istilah-istilah barupun Titiang ketahui dari Perda Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat Bali, benar-benar suatu pelajaran yang sangat berharga, dimana banyaknya warisan leluhur yang belum kita pahami, dan dengan Perda ini kita mengetahuinya. 

Berikut Titiang kutipkan istilah-istilah bahasa Bali yang selama ini masih sangat awam untuk dipahami, dari bagian akhir Perda ada Penjelasan Atas Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat Bali.

Krama : Masyarakat Bali
Padumpada : Keadilan
Menyama Braya : Kekeluargaan
Gilik-saguluk : Kebersamaan
Parasparo : Musyawarah
Salunglung Sabayantaka : kegotongroyongan
Sarwaada / Anekatwa : Keberagaman
Bali Mawacara : Kesatuan Bali, kesamaan hukum adat yang berlaku di Bali, baik tertulis maupun tidak tertulis.
Sareng-sareng : Partisipasi
Swadikara : Hak mendapat pelayanan
Sukreta tata Parahyangan : Tata kehidupan yang berhubungan dengan aspek manusia dengan Hyang Widhi Wasa
Sukreta tata Pawongan : Tata kehidupan yang berhubungan dengan aspek pergaulan antarsesama Krama Desa Adat dan Masyarakat
Sukreta tata Palemahan : Tata kehidupan yang berhubungan dengan aspek pemeliharaan, perlindungan, dan pelestarian alam serta lingkungan.
kasobyahang : diumumkan
Pasisi dan Sagara : pantai dan laut
Asas druwenang sareng-sareng : penyelesaian perkara adat yang mengutamakan kebaikan bersama untuk memelihara keharmonisan hubungan antar Krama Desa Adat.
Patias : imbalan atau insentif berupa uang
Olih-olihan : imbalan atau kompensasi berupa barang, uang.
Leluputan : dispensasi 
Lembaga Adat : lembaga yang menyelenggarakan fungsi adat istiadat
Ririgan : adalah menentukan prajuru atau paduluan berdasarkan senioritas.
Sarwa mule : logam mulia

Demikian istilah atau penjelasan dari bagian akhir Perda Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat Bali. 

Titiang menyarankan agar dapat membaca secara utuh, agar tidak terjadi penyimpangan informasi (miss information) dari blog ini. Yuk budayakan membaca, klik pdf Perda Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat Bali.

Matur Suksma
Admin


Sabtu, 01 Juni 2019

Sloka-Sloka Kepemimpinan Seorang Raja ( Presiden )

Sloka-Sloka Kepemimpinan Seorang Raja ( Presiden )
Sosok pemimpin yang utama bila kepemimpinannya berpegang pada Dharma, sedangkan hal yang sangat penting untuk dihindari adalah pemimpin yang bengis, kikir dan selalu berbuat onar atau kalo jaman now jaman milenial yang perlu dihindari pemimpin yang menyebarkan berita hoax. Berikut petikan sloka-sloka mengenai pemimpin yang patut, yang selalu mensejahterakan rakyat, pemberani, cakap, bijaksana, lembut dan tanggap akan masalah serta dicintai rakyatnya.

TRAYET SVAMINA MATYUGRAM
ATYUGRAT KRPANAM TYAJET
KRPANADVISE SAJNAM
AVISESAT KRTAGHNAKAM
Dharma Sastra 48
Seseorang, harus meninggalkan pemimpin yang bengis, setelah yang bengis ia harus meninggalkan yang kikir, setelah yang kikir, yang tidak menghargai jasa luar biasa seseorang, setelah  yang tidak menghargai jasa luar biasa, kemudian pemimpin yang selalu membuat onar.



dharma sastra
Dharma Sastra


BHUPALO BALAKO SAVAHANCAMUH
SANKIRNA MANTRYANVITAH
RAJAREVYARTITO YUDDHAM TU
SAMARE NONABHIMANO HATAH
DHAIRYAM VIRYA PARAKRAMASTU
GALITA JI VENININDAPRAJEH
KLIBAN JANMANI-JANMANI
PRATIBAHVEN MRTYORAVAN DHYAINGATAH
Dharma Sastra 46
Walaupun seorang raja berkuasa, kaya raya, tiada terkira jumlah wahana dan bala tentaranya, serta dibantu banyak menteri-menteri, namun raja itu lari dari medan laga, kewibawaan dan kemashurannya semuanya sirna, keteguhan, keperkasaan serta kegagahannya lenyap, dihina oleh rakyatnya bila ia masih hidup. Kemudian ia menjelma sebagai laki-laki yang dikebiri. Sebaliknya apabila ia tidak lari dari medan laga (Pratibhawa) dan terbunuh di dalam perang, dia akan sempurna (Awandhya)
sloka kepemimpinan hindu
Dharma Sastra





SASTRAJNAH KULASAMPANNAS
TATTWADHARMA PARAYANAH
APAKSAPATO MEDHAVI
DHARMADHYAKSABIDHI YATE
Dharma Sastra 44
Seorang yang mahir dalam kitab suci lahir di dalam keluarga yang baik, tekun dengan ajaran dharma (ajaran agama dengan hukum-hukumnya) tidak bersifat memihak, cerdas, orang yang demikian pantas diberi jabatan hakim ( Dharma Dhyaksa )
sloka kepemimpinan hindu
Dharma Sastra

SINHAKRTI RANAMADHYE
STRIMADHYA MADHURAM KATHAH
MUNIMADHYE TU TATTWAJNAH
SA YUKTO NAGARAM GATAH
Dharma Sastra 43
Seorang yang gagah perkasa bagaikan singa di medan perang. Yang ucapannya lembut di tengah-tengah wanita, ahli tasawuf ditengah-tengah para pertapa. Warga negara demikian pantas diangkat sebagai pejabat tinggi (Yuktah)
sloka kepemimpinan hindu
Dharma Sastra

MAS YA TA PAHAWRDDHIN
BYAYA RIN AYU KEKESAN
BHUKTI SAKAHARAPTA
ADWEHING BALA KASUKHAN
Ramayana Jawa Kuno 3.54
Kumpulkan sebanyak-banyaknya (harta) berupa mas dan sebagainya. Simpan untuk kesejahteraan dan amal. Nikmati secukupnya untuk dirimu. Sebagian besar harta itu dimanfaatkan untuk kebahagiaan rakyat
Sloka kepemimpinan hindu
Ramayana Jawa Kuno

KSAYAN IKANG PAPA NAHAN PRAYOJANA
JANANURAGADI TUWIN KAPANGUHA
Ramayana Jawa Kuno 24.82
Lenyapnya penderitaan rakyat itu hendaknya menjadi tujuan seorang pemimpin yang bercita-cita luhur. Rakyat pasti mencintainya
ramayana jawa kuno
Ramayana Jawa Kuno

YA SAKTI SAN SAJJANA DHARMA RAKSAKA
Ramayana Jawa Kuno 24.81
Adapun kekuatan pada pemimpin bercita-cita mulia ialah memegang teguh Dharma (ajaran rohani dan kebajikan, dengan mengabdi tanpa pamrih)
sloka kepemimpinan hindu
Ramayana Jawa Kuno

TAN ARTHA TAN KAMA PIDONYA TAN YASA
Ramayana Jawa Kuno 24.81
Pemimpin yang bercita-cita mulia tidak terpesona oleh harta kekayaan (artha) maupun nafsu duniawi (kama), pujianpun (yasa) tidak diharapkannya
sloka kepemimpinan hindu
Ramayana Jawa Kuno
Sloka Kepemimpinan Hindu
Ramayana Jawa Kuno

Sumber Bacaan : Agama Hindu utk SMU kelas 3

Kamis, 16 Mei 2019

Belajar Matembang Pupuh Sekar Alit Sesuai Pada Lingsa

"Sudah lama belajar matembang pupuh sekar alit, kenapa saya tidak juga bisa ?" Keluh I Belog saat ia duduk didepan teras rumahnya sambil menyanyikan Pupuh Ginanti. Selalu ia gagal dan gagal karena hanya bait pertama saja yang I Belog dapat nyanyikan. Hanya bagian " Saking tuhu manah guru .....", setelah itu suaranya mulai tidak jelas, alias ngaco. Tak disadari oleh I Belog, tetangganya I Rare memperhatikan dirinya. Tak tega rasanya I Rare melihat 'penderitaan' tetangganya itu.
Sekar Alit
PUPUH GINADA

I Rare menghampiri I Belog dan berkata " We cai Belog  (He Belog), kenapa setiap hari kamu menyanyikan Pupuh Ginanti tidak selesai ? Hanya sampe bait pertama saja " !!!!. I Belog menyampaikan perasaannya kepada I Rare, bahwasanya ia sering merasa kebingungan akan arah lagunya, karena i Belog tidak paham akan "pada Lingsa" yang membangun sebuah pupuh Sekar Alit tersebut. 



Seperti kita ketahui, Sekar Alit adalah bagian dari seni suara atau Dharma Gita yang populer di Bali sebagai sarana dalam berbagai upacara. Dharma Gita atau Seni suara yang dikenal meliputi : Sekar Rare, Sekar Alit, Sekar Madya dan Sekar Agung. Kesemuanya ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan budaya Bali, dimanapun orang Bali itu kini bertempat tinggal, kemudian hidup bermasyarakat. Disana pula akan tumbuh sekeha-sekeha yang berkaitan dengan seni suara tersebut.

"I Belog, kalau mau belajar matembang Pupuh itu sudah seharusnya ada gurunya" , tegas I Rare. Kita boleh saja belajar dan belajar tetapi tanpa seorang guru kita tidak akan tahu apakah hal yang kita pelajari benar atau salah, karena tidak ada yang mengkoreksi. Demikian juga untuk seni suara ini, matembang memerlukan guru, walaupun hanya Sekar Alit, sebab dalam Sekar Alit akan kita jumpai pupuh yang berbeda-beda, meliputi : Pupuh Ginada, Pupuh Sinom, Pupuh Ginanti, Pupuh Dangdang dan lain sebagainya. 

"Pada Lingsa itu apa ?", Tanya I Belog penasaran akan penjelasan I Rare. Pupuh dibangun berdasarkan "Pada Lingsa" yaitu "Pada" (dibaca, pade) berarti banyak bilangan suku kata dalam suatu kalimat. "Lingsa" artinya perubahan suara pada kalimat terakhir. Dengan perbedaan jumlah kalimat "Pada" dan "Lingsa" dalam suatu syair menyebabkan juga berbeda nama pupuh itu, jelas I Rare . 
Sekar Alit
PUPUH GINANTI

Tak ubahnya dengan lagu dengan notasi (not) do, re, mi, fa, sol, la, si, dan do demikian juga dengan pupuh yang memiliki notasi Ndang, Ndung, Ndeng, Ndong, Nding. Dengan membaca not dan menghafalnya sehingga kita dapat membaca syairnya pula. Setiap pupuh memiliki notasi yang berbeda, "pada" dan "lingsa" yang berbeda. 

Pada kesempatan ini Rare Angon Nak Bali Belog menyampaikan postingan mengenai notasi Pupuh Ginanti dan Pupuh Ginada, notasi Ndang, Ndung, Ndeng, Ndong, Nding, yang sangat mungkin untuk dapat mengarahkan kita ke jalan yang benar ehehehe.... Yach paling tidak saat bertemu dengan guru, suhu, sesepuh lagu, kita tidak malu-malu amat. Kita hanya tahu bait pertamanya saja ... "Ede ngaden awak bisa ....." setelah itu lupa ...

Selamat belajar dan mecoba, ngiring megending Bali. NB: kira-kira Admin bisa ga yaa ...




(tiang sing bisa mase)
sumber bacaan : Agama Hindu untuk SMU kelas 3 dan Kusumasari 4 untuk SD kelas IV.

Selasa, 30 April 2019

34 Hal Penting Mengenai Hari Raya Saraswati Yang Harus Diketahui

HARI RAYA SARASWATI 


dewi saraswati
Hari Raya Saraswati
Saraswati adalah hari raya untuk memuja Sang Hyang Widhi dalam kekuatannya menciptakan ilmu pengetahuan dan ilmu kesucian. Silakan Download Diktat Hariraya Umat Hindu

1. Kapan dilaksanakan Hari Raya Saraswati ? 
Sabtu (Saniscara) Umanis wuku Watugunung, setiap 210 hari

2. Apa yang dilakukan pada Hari Raya Saraswati ? 
Hari ini merupakan pawedalan Sang Hyang Aji Sawaswati, yaitu perayaan turunnya ilmu pengetahuan. Dilakukan upacara selamatan terhadap semua pustaka/ rontal/ kitab, sebagai penghormatan dan puji syukur kehadapan Beliau yang telah menurunkan ilmu pengetahuan. 

3. Apa saja Upakara Hari Raya Saraswati ? 
Upacara Saraswati yang paling inti adalah Banten (sesajen) Saraswati, daksina, beras wangi dan dilengkapi dengan air kumkuman (air yang diisi kembang dan wangi-wangian). Dapat pula ditambah dengan Sesayut Saraswati, banten tumpeng dan sodaan putih-kuning. 

Sloka-Sloka Mengenai Dewi Saraswati : Klik Disini



4. Apa makna Hari Raya Saraswati ? 
Hari Raya Saraswati adalah hari raya untuk mengingatkan umat Hindu agar senantiasa memuja Tuhan dalam manifestasi-Nya sebagai pencipta Ilmu Pengetahuan. 

5. Apa tujuan Pemujaan Tuhan sebagai Dewi Saraswati ? 
Agar umat Hindu senantiasa sadar secara sungguh-sungguh dan benar untuk selalu mencari Ilmu Pengetahuan untuk menyertai hidupnya sepanjang jaman. 

6. Apa arti dari Hari Saraswati sebagai Hari Hyang-hyangning Pangeweruh ? 
Hari pemujaan pada Tuhan sebagai Dewanya Ilmu Pengetahuan. Hari Raya Saraswati sebagai hari raya untuk mengingatkan umat Hindu agar senantiasa belajar terus mencari ilmu selama hidup. Dewi saraswati diyakini sebagai manifestasi Tuhan Yang Maha Esa dalam fungsi-Nya sebagai Dewi Ilmu Pengetahuan agar Ilmu Pengetahuan itu dirasakan bagaikan sinar menerangi hidup ini. 

7. Apa asal kata dari Saraswati ? 
Kata Saraswati berasal dari urat kata “sr” yang artinya mengalir dan di dalam Veda, Saraswati adalah nama Devi Sungai dan Devi Ucap (pengetahuan atau kebijaksanaan). 

8. Apa makna simbol Devi Saraswati digambar sebagai Devi yang cantik ? 
Devi adalah simbul kekuatan yang indah, menarik lemah-lembut dan mulia yang merupakan sifat dari ilmu pengetahuan. Dewi yang cantik melambangkan ilmu pengetahuan yang menarik umat manusia, murni dan meningkatkan keseluruhan hidup dan budhi pekerti. 

9. Apa makna simbol Devi Saraswati digambar bertangan empat ? 
Bertangan empat melambangkan penguasaan kitab suci Veda (Catur Veda) dan penguasaan alam semesta. 

10. Apa makna Keropak pada simbol Devi Saraswati ? 
Keropak lambang sumber pengetahuan, simbul dari ilmu pengetahuan suci 

11. Apa makna Teratai pada simbol Devi Saraswati ? 
Teratai lambang kesucian, simbul kesucian Sang Hyang Widhi 

12. Apa makna Vina pada simbol Devi Saraswati ? 
Vina (kecapi) lambang keindahan, simbul dari seni budaya yang agung. 

13. Apa makna Genitri pada simbol Devi Saraswati ? 
Ganitri (tasbih) lambang konsentrasi, yang mampu berkonsentrasi akan memperoleh ilmu pengetahuan. Sebagai simbul kekekalan dan tidak terbatasnya ilmu pengetahuan. 

14. Apa makna Burung Merak pada simbol Devi Saraswati ? 
Vahananya berupa Burung Merak melambangkan ego, bagi seorang yang bijak, egonya titekan tidak diberikan menguasai dirinya. 

15. Apa makna Angsa pada simbol Devi Saraswati ? 
Angsa lambang kebijaksanaan (Vivekajnana) mampu membedakan yang baik dan yang buruk. Karena hanya Angsalah yang dapat memisahkan air dengan minyak atau air dengan lumpur sehingga jika ia minum maka airnya sajalah yang ditelannya. 

16. Apa maksud dari Angsa penguasa ketiga dunia ? 
Angsa merupakan perlambang kekuasaan ketiga dunia (Triloka, Bhur, Bhuah, Swah) karena ia bergerak di tiga unsur alam yaitu air, di darat maupun di udara. 

17. Apa saja yang dipegang oleh tangan Dewi Saraswati ? 
1. Wina ; Kecapi (alat musik) 
2. Kropak ; Pustaka (buku) 
3. Ganitri ; Japa Mala (tasbih) 
4. Damaru ; (kendang kecil) 

18. Stana Sang Hyang Aji Saraswati disimbolkan pada Aksara, dan apa maknanya ? 
Kata Aksara dalam bahasa Sanskerta artinya yang kekal abadi. Ini berarti Aksara itu atau hurup yang fungsinya untuk menyebarkan sabda Tuhan yang merupakan kebenaran yang kekal abadi. Karena itu Aksara itu jangan disalah gunakan untuk menuliskan hal-hal yang membuat manusia semakin jauh dengan sabda Tuhan Yang Kekal Abadi itu. 

19. Apa yang dimaksud dengan Brata Saraswati ? 
Menurut Lontar Sundharigama tentang Brata Saraswati, pemujaan Dewi Saraswati harus dilakukan pada pagi hari atau tengah hari. Dari pagi sampai tengah hari tidak diperkenankan membaca dan menulis terutama yang menyangkut ajaran Weda dan sastranya. 

20. Berapa lama waktu pelaksanaan Brata Saraswati ? 
Bagi yang melaksanakan Brata Saraswati dengan penuh, tidak membaca dan menulis itu dilakukan selama 24 jam penuh. Sedangkan bagi yang melaksanakan dengan biasa, setelah tengah hari dapat membaca dan menulis. 

21. Apa yang dimaksud dengan Sambang Samadhi ? 
Pada malam hari, saat Hari Raya Saraswati dianjurkan melakukan malam sastra dan Sambang Samadhi, kegiatan dengan membaca sloka-sloka Bhagawad Gita dan buku-buku agama. 

22. Sebutkan nama-nama lain Devi Saraswati dalam kitab Rgveda ! 
1. Suyama ; yang sangat cantik 
2. Subhra ; yang berbusana putih 
3. Pavaka ; yang menyucikan penyembahnya 
4. Dhiyavasu ; yang kaya di dalam kebaktian 
5. Codayitri-sunrtanam ; yang mendorong untuk berbicara benar 
6. Cetanti sumatinam ; yang memberi inspirasi untuk berpikir luhur 
7. Ambhitama ; ibu yang sangat baik 
8. Sindhumata ; ibu bagi segala air 
9. Virapatni ; istri pahlawan (Brahma/Prajapati) 
10. Marutvati ; istri dari Indra 
11. Paviravi ; yang menyucikan 
12. Marutsakha ; sahabat para Marut 
13. Citrayuh ; yang mengaruniai anugrah kebahagiaan 

23. Di samping Abhisekanama tersebut, Saraswati memiliki fungsi apa ? 
1. Saraswati penganugrah kekayaan 
2. Saraswati penganugrah kegembiraan 
3. Saraswati penganugrah keturunan 
4. Saraswati penganugrah makanan 




24. Sebutkan nama-nama lain Devi Saraswati dalam kitab Itihasa dan Purana ! 
1. Sarada ; yang memberikan sari-sari kehidupan 
2. Vagisvari ; devi kata-kata atau kebijaksanaan 
3. Bharati ; kebudayaan 
4. Brahmi ; sakti dewa Brahma 


25. Apa makna Hari Raya Pagerwesi ? 
Hari Raya Pagerwesi bertujuan untuk mengingatkan kita untuk memuja Tuhan sebagai Sang Hyang Paramesti Guru agar dalam kehidupan kita ini terlahir dan terbentuk para Guru yang berkwalitas untuk menyampaikan Ilmu Pengetahuan pada masyarakat dalam artian yang seluas-luasnya. 

26. Apa kaitannya Hari Raya Saraswati dengan Hari Raya Pagerwesi ? 
Hari Raya Saraswati merupakan hari Ilmu Pengetahuan, sedangkan Hari Raya Pagerwesi adalah hari Guru dari sudut pandang Agama Hindu. Betapapun hebatnya perkembangan Ilmu Pengetahuan kalau tidak ada Guru yang mengejawantahkan Ilmu Pengetahuan itu ke masyarakat maka Ilmu Pengetahuan itu akan tidak banyak berguna. 

27. Apa kaitannya Hari Raya Saraswati dengan Hari Raya Galungan dan Kuningan ? 
Hari Raya Galungan dan Kuningan sebagaimana dinyatakan dalam Lontar Sunarigama sebagai Hari Raya untuk mensinergikan Ilmu Pengetahuan (Jnyana) itu agar menjadi berfungsi secara sinergis sehingga dapat didaya gunakan oleh umat manusia untuk memenangkan Dharma melawan Adharma. 

28. Apa fungsi Ilmu Pengetahuan itu ? 
Ilmu Pengetahuan itu harus dicari terus. Setelah Ilmu Pengetahuan itu di dapat harus ada Guru berkwalitas sebagai SDM yang berkewajiban untuk mengejawantahkan Ilmu Pengetahuan itu pada masyarakat. Ilmu Pengetahuan akan berhasil meningkatkan kwalitas hidup masyarakat apa bila Ilmu Pengetahuan itu dalam penerapannya terpadu. 

29. Apa kaitannya Hari Raya Saraswati, Hari Raya Pagerwesi dan Hari Raya Galungan-Kuningan ? 
Hari Raya Saraswati sebagai Hari Raya mengingatkan umat manusia agar terus menerus mendalami Ilmu Pengetahuan itu. Hari Raya Pagerwesi adalah Hari Raya untuk mengingatkan agar umat manusia membentuk lahirnya para Guru yang berkwalitas. Sedangkan Hari Raya Galungan untuk mengingatkan umat manusia agar menerapkan Ilmu Pengetahuan itu secara sinergis untuk tegaknya Dharma. 

30. Apa pengertian dari Saraswati adalah Sakti Dewa Brahma ? 
Saraswati adalah nama dewi, Sakti Dewa Brahma (dalam konteks mitologi, sakti diartikan istri). Sakti sesungguhnya berarti kekuatan yang terwujud. Dengan demikian Dewa Brahma adalah sinar suci Tuhan dalam wujud daya spiritual Tuhan dalam menciptakan Ilmu Pengetahuan. Sedangkan Saraswati adalah aspek Tuhan dalam mewujudkan ilmu itu menjadi nyata di bumi ini sehingga dapat didaya gunakan oleh manusia. 

31. Kapan dilaksanakan Hari Banyu Pinaruh ? 
Minggu (Redite) Pahing wuku Sinta. Sehari setelah Hari Raya Saraswati. 

32. Apa makna Hari Banyu Pinaruh ? 
Hari yang merupakan kelanjutan dari perayaan Saraswati. Kata Banyu Pinaruh artinya Air Ilmu Pengetahuan. 

33. Bagaimana pelaksanaan Upacara Banyu Pinaruh ? 
Upacara yang dilakukan yakni menghaturkan laban nasi pradnyam air kumkuman dan loloh (jamu) sad rasa (mengandung enam rasa). Pada puncak upacara, semua sarana upacara itu diminum dan dimakan. Upacara ditutup dengan mathirta. Upacara ini penuh makna yakni sebagai lambang meminum air suci Ilmu Pengetahuan. 

34. Bagaimana pelaksanaan Hari Raya Saraswati di Provinsi Banten ? 
Mengikuti Desa, Kala dan Tattwa yang ada. Menyesuaikan dengan situasi, kondisi yang ada tanpa mengurangi Tattwa yang dimiliki hari raya Saraswati. Persembahyangan dilaksanakan pagi hari dan atau pada petang hari, dilanjutkan dengan Mesambang Semadhi atau Malam Sastra. 

Matur Suksma, Silakan download dan Share Tanya-Jawab dalam Bentuk Diktat yang sampun tiang susun, Klik disini.