Rare Bali Anak Bali Belog Ngiring Ngajegang Bali dengan berbahasa Bali sane becik, senang ring Tembang Bali tur sekancan sastra lan Budaya Bali sane sampun kaloktah ring jagate mangda sumingkin jangkep tur paripurna #Bahasabali #AjegBudayaBali #RareBali

Breaking

Kamis, 05 Maret 2020

Membuat Bonsai Kelapa Super Kerdil

Mempercantik Daun Bonsai kelapa


Bonsai kelapa yang kita buat mungkin memiliki Pelepah yang besar dan daun yang lebar serta belum terurai atau pecah, sehingga membuat bonsai kelapa terlihat kurang sempurna. Agar bonsai terlihat sempurna menjadi kecil, daun kerdil dan memiliki daun yang terurai tanpa mengalami proses pembusukan pada daun langkahnya sebagai berikut :


Saat pelepah terluar tumbuh dengan tinggi ± 15 cm potong sisi kiri kanan pelepah agar pelepah terdalam terlihat, lakukan dengan hati-hati agar pelepah terdalam tidak tergores. Bengkokkan pelepah terluar dengan cara mengikat dengan tali plastik atau benang kenur, ikatlah diantara sela daun dan batang yg tua. Sehingga terlihat daun tersebut berjuntai.



Semua jenis kelapa dapat dijadikan bonsai kelapa, seperti bonsai kelapa gading, bonsai kelapa hijau, bonsai kelapa kuning, bonsai kelapa sayur, bonsai kelapa merah, bonsai kelapa kelabu, bonsai kelapa puyuh, bonsai kelapa raja, bonsai kelapa manis, dan lain sebagainya.

Lakukan hal yang sama pada pelepah kedua setelah pelepah terluar maksimal 3 pelepah, hati-hati dalam proses pembengkokan, karena pelepah kedua masih berwarna hijau dan rentan mudah patah.

Jika daun masih terlihat membesar, maka potonglah pelepah terluar untuk membentuk batang baru, potonglah tiap pelepah terluar tiap 2 minggu sekali, jika pelepah yang dipotong sudah mengalami proses pemotongan sebanyak 8 pelepah, maka tunas baru akan memiliki batang yang kecil dan daun yang kerdil pula serta tiap helai daun akan terpecah dengan sendirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

My Channel Youtube

Cari Blog Ini

Pengikut

Blog Archive