Tanya
|
:
|
Apa yang menjadi ciri akan
datangnya Hari Raya Galungan ?
|
Jawab
|
:
|
Perayaan Tumpek Wariga
merupakan ciri akan datangnya Hari Raya Galungan, yaitu 25 hari sebelum
Galungan
|
Tanya
|
:
|
Hari suci apa yang menjadi
rangkaian pertama Galungan ?
|
Jawab
|
:
|
Hari Suci Sugian adalah
merupakan hari persiapan sebelum menyambut Hari Raya Galungan.
|
Tanya
|
:
|
Apa Makna Sugian ?
|
Jawab
|
:
|
Hari Sugian mengandung makna penyucian.
Makna ini dapat disimak melalui kosa kata Sugian.
Kata Sugian berasal dari Sugi dan Ya. Kata Sugi dapat diartikan Gelang,
Bersih, Suci. Sedangkan suku kata Ya
artinya Ada, Diadakan. Sehingga Sugian artinya Dibuat supaya suci atau Disucikan
|
Tanya
|
:
|
Apa saja tahapan Sugian
|
Jawab
|
:
|
1.
Hari Sugian
Tenten
2.
Hari Sugian Jawa
3.
Hari Sugian Bali
|
Tanya
|
:
|
Kapan dilaksanakan Hari Suci Sugian
Tenten ?
|
Jawab
|
:
|
Rabu (Budha) Pon wuku
Sungsang
|
Tanya
|
:
|
Apa itu Hari Suci Sugian
Tenten
|
Jawab
|
:
|
Tenten dimaksudkan
adalah ‘enten’ atau ngentenin atau mengingatkan kepada
umat Hindu bahwa Hari Suci Galungan akan segera tiba, kewajiban apa yang
harus dipersiapkan dan dilaksanakan oleh segenap umat Hindu.
|
Tanya
|
:
|
Kegiatan apa yang dilakukan
pada Hari Suci Sugian Tenten
|
Jawab
|
:
|
Melaksanakan pembersihan
secara komprehensif seperti membersihkan bangunan-bangunan suci, peralatan
upacara, wastra-wastra pelinggih dan lain-lain.
|
Tanya
|
:
|
Kapan
dilaksanakan Sugihan Jawa ?
|
Jawab
|
:
|
Kamis
(wraspati) Wage wuku Sungsang
|
Tanya
|
:
|
Apa arti Sugian Jawa
|
Jawab
|
:
|
Kata Sugian berarti
penyucian, sedangkan kata Jawa berasal dari katanya semula yaitu Jambu Dwipa (Pustaka Usana Jawa) yang
mengandung arti Alam Semesta
|
Tanya
|
:
|
Apa
itu Makna Sugihan Jawa ?
|
Jawab
|
:
|
Secara
sederhana Sugihan Jawa adalah turunnya semua Bhatara ke dunia yang diiringi oleh para Dewa, para roh Suci leluhur
untuk menerima persembahan umat. Pada hari ini dilaksanakan upacara pangeresikan, pembersihan, penyucian alam semesta beserta isinya, dengan menghaturkan
canang raka, Arereban,
reresik, wangi-wangian dan dupa harum di merajan.
|
Tanya
|
:
|
Apa upakara untuk diri
sendiri pada Sugihan Jawa ?
|
Jawab
|
:
|
Upakara untuk diri sendiri
adalah Sesayut Tutuan selengkapnya,
upakara diayab dan disertai pula dengan renungan yang mendalam berupa yoga samadhi dengan tujuan melepaskan segala kepapaan.
|
Tanya
|
:
|
Apa dasar pustaka Sugian Jawa
?
|
Jawab
|
:
|
Lontar Sundharigama, sebagai berikut :
“Ring Rahina Weraspati Wage Wukunia Sungsang, Ngaran Sugi Jawa, Kajari
Loke Maharan Jambu Dwipa Ngaran, Bhuwana, Wenang Amelaku Pretista, Yate
Pretistan Bhetara Kabeh, Areredoni Ring Sanggar Muang Parihyangan, Meharan
Prerebuan, Kaduluri Pangresikan Bethara, Saha Puspa Wangi, Kunang Wang
Weruhing Tattwa Jnana, Apasang Yoga, Sang Wiku Angagem Puja, Apan Bethara Tumurun
Maring Madiapada, Amuktya Banten,
Anerus Tekeng Galungan, Pakertining Wang, Sesayut Muang Tutuan, Marupa
Sudhamalung, Sawung Petak, Beliwis Petak, Silih Sinunggil Wenang, Pangarcana
Suka Sukan Arania”
|
Tanya
|
:
|
Kapan
dilaksanakan Sugihan Bali ?
|
Jawab
|
:
|
Jumat
(Sukra) Kliwon wuku Sungsang
|
Tanya
|
:
|
Apa
itu Sugihan Bali ?
|
Jawab
|
:
|
Secara
sederhana Sugihan Bali adalah menyucikan diri sendiri. Kata Bali dalam bahasa
Sanskerta berarti kekuatan yang ada di dalam diri. Disebutkan “Kalinggania amretista raga tawulan”
artinya ..oleh karenanya menyucikan badan jasmani masing-masing. Dianjurkan pula mohon tirtha penglukatan kepada Sang Maha Murni,
untuk penyucian diri agar mala yang ada pada diri menjadi sirna.
|
Tanya
|
:
|
Apa dasar pustaka Sugian Bali
?
|
Jawab
|
:
|
Lontar Sundharigama, sebagai berikut :
“Sukra Kliwon Wuku Sungsang, Mengaran Sugi Bali,
Pakenania Amerastitaning Raga Tawulan Riprewatek Maurip, Nanging Yang Menadi
Wang Prakerthi Wenang Sira Angelaraken Tapa Brata Yoga Samadhi, Muang Anadaha
Tirtha Gocara, Alukata Ring Sang Pandita Siwa Paksa Lan Budha Paksa, Maka
Panelasing Letuh Ring Sarira”
|
Tanya
|
:
|
Kapan
dilaksanakan Penyekeban Galungan ?
|
Jawab
|
:
|
Minggu
(Redite) Pahing wuku Dunggulan.
|
Tanya
|
:
|
Apa
makna Penyekeban Galungan ?
|
Jawab
|
:
|
Pada
hari ini dianjurkan “anyekung Jnana”
artinya mendiamkan pikiran agar jangan dimasuki oleh Butha Galungan. Pada
Redite Paing wuku Dungulan diceritakan Sang
Kala Tiga Wisesa turun mengganggu manusia. Dalam lontar itu juga
disebutkan “nirmalakena” Orang yang
pikirannya selalu suci, tidak akan dimasuki oleh Butha Galungan.
|
Tanya
|
:
|
Apa dasar pustaka Penyekeban
Galungan ?
|
Jawab
|
:
|
Lontar Sundharigama, sebagai berikut :
“Ikang Dungulan Redite Paing, Turun Sang Hyang Kala
Tiga, Manadya Bhuta Galungan, Arep Anadah Anginum Ring Manusa, Pada
Matangnian, Sang Wiku Muang Para Sujana Den Pretiaksa Juga Sira, Kumekas
Ikang Jnana Nirmala, Nimitania Tan Kesurupan Tekap Sang Bhuta Galungan, Ndah
Mangkana Mengaran Penyekeban Kecaping Loke”
|
Tanya
|
:
|
Kapan
dilaksanakan Penyajahan Galungan ?
|
Jawab
|
:
|
Senin
(Soma) Pon Wuku Dungulan
|
Tanya
|
:
|
Apa
makna Penyajahan
Galungan
|
Jawab
|
:
|
Pada
hari ini umat Hindu telah mampu mengatasi segala godaan-godaan
dari kekuatan Sang Kala Tiga, mampu
Anyekung Jnana. Bagi orang yang
paham tentang yoga, tapa, brata dan samadhi mampu melakukan pemujaan dengan baik, mampu mempertahankan keheningan pikiran. Sehingga keberhasilan ini yang dimaksudkan dengan
Penyajahan (dapat mengatasi)
|
Tanya
|
:
|
Apa dasar pustaka Penyajahan
Galungan ?
|
Jawab
|
:
|
Lontar Sundharigama, sebagai berikut :
“Soma Pon Wahyaning Angamong Yoga Samadhi, Yate
Pituhu-Tuhun Nyumade, Sadgana Lawan Bethara, Yate Amaweh Jaya Ning Rat, Tegep
Ring Jnana Nirmala, Inalaha Sehananing Wigna Sarira, Ika Ingaranan Penyajan
Kecaping Loke”
|
Tanya
|
:
|
Kapan
dilaksanakan Penampahan Galungan ?
|
Jawab
|
:
|
Selasa
(Anggara) Wage wuku Dungulan
|
Tanya
|
:
|
Apa
itu Penampahan Galungan ?
|
Jawab
|
:
|
Inti
pokok perayaan penampahan Galungan adalah melaksanakan byakala yaitu upacara yang bertujuan untuk melepaskan kekuatan
negatif (Buthakala) dari diri
manusia dan lingkungannya. Umat Hindu
melaksanakan Penyomyaan atau
menetralisir kekuatan Sang Kala Tiga
supaya kembali kesumbernya (menjadi Butha
Hita).
|
Tanya
|
:
|
Siapakah Sang Kala Tiga ?
|
Jawab
|
:
|
1. Butha Galungan
2. Butha Dungulan
3. Butha
Amangkurat
|
Tanya
|
:
|
Apa dasar pustaka Sang Kala
Tiga ?
|
Jawab
|
:
|
Lontar Kala Maya Tattwa, sebagai berikut :
“Ritetrapaning
Wewaran, Ikang Dungulan Menuju Redite, Paing, Rikala Ika Mijil Ikang
Kala Bhama Ribungkahing Pertiwi Meharan Sang Kala Galungan, Sang Kala Udha
Mijil Ritengahing Windhu, Meharan Sang Kala Dungulan, Sang Kala Maya Mijil
Ritelengking Akasa, Meharan Sang Kala Amangkurat, Ika Sami Amintoni Manusa
Ring Madyapada, Maweruh Inaggapi Sadnyan Manusa...”
|
Tanya
|
:
|
Jelaskan mengenai Sang Kala
Tiga
|
Jawab
|
:
|
Sesungguhnya Sang Kala Tiga ini bersemayam di
Bhuwana Agung dan Bhuwana Alit, yaitu Sang
Kala Galungan, Sang Kala Dungulan dan Sang
Kala Amangkurat, dan
masing-masing Kala ini memberikan kekuatannya terhadap Bhuwana Agung dan
Bhuwana Alit.
|
Tanya
|
:
|
Jelaskan Sang Kala Tiga di
Bhuwana Agung
|
Jawab
|
:
|
Sesuai lontar Kala Maya Tattwa ; Di Bhuwana Agung Sang Kala Galungan memberikan
kekuatannya pada Pertiwi
(Bhurloka), Sang Kala Dungulan
memberikan kekuatannya pada Embang
(Bwahloka) sedangkan Sang Kala Amangkurat memberikan kekuatannya pada
Langit (Swahloka).
|
Tanya
|
:
|
Jelaskan Sang Kala Tiga di
Bhuwana Alit
|
Jawab
|
:
|
Sesuai Lontar Tutur Kediatmikan ; Di Bhuwana Alit Sang Kala Galungan bersemayam di Hati
dengan sebutan Sang Kala Sakti, Sang Kala Dungulan bersemayam di Ampru (empedu) dengan sebutan Sang Kala Sidhi, sedangkan Sang Kala Amangkurat bersemayam di Pepusuh (jantung) dengan sebutan Sang Kala Mandhi.
|
Tanya
|
:
|
Apa
makna Penampahan Galungan
|
Jawab
|
:
|
Pada
hari inilah dianggap sebagai hari
untuk mengalahkan Butha Galungan
dengan upacara pokok yaitu membuat banten
byakala yang disebut pamyakala lara
melaradan. Umat pada umumnya hari ini menyembelih babi sebagai binatang
korban. Namun makna sesungguhnya adalah pada hari ini hendaknya membunuh
sifat-sifat kebinatangan yang ada pada diri kita.
|
Tanya
|
:
|
Apa arti kata Penampahan
|
Jawab
|
:
|
Kata Penampahan berasal dari
kata Nampah, Nampeh, Nampa yang
diartikan Persembahan. Nampa
berasal dari kata Namya yang
artinya sembah. Dengan demikian
maksud dari kata Penampahan adalah pengembalian ke sumbernya atau somya.
|
Tanya
|
:
|
Apakah
itu Penjor ?
|
Jawab
|
:
|
Penjor, bambu yang dihias
dengan janur yang dipancangkan di setiap muka rumah sebagai tanda terima
kasih atas kemakmuran yang dilimpahkan Tuhan.
Penjor adalah bambu berhias
tinggi melengkung yang merupakan gambaran dari gunung yang tinggi sebagai tempat
yang suci. Hiasan yang terdiri dari kelapa, pisang, tebu, padi, jajan, dan
kain adalah merupakan wakil-wakil dari seluruh tumbuh-tumbuhan dan benda
sandang pangan yang dikaruniai Sang
Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang kepada kita
manusia.
|
Tanya
|
:
|
Mengapa memasang Penjor ?
|
Jawab
|
:
|
Penjor dipasang sebagai
simbul pemujaan kehadapan Sang Hyang
Siwa Meneng beserta dengan Ista
Dewatanya, yang distanakan di pura Besakih
|
Tanya
|
:
|
Apa asal kata Penjor ?
|
Jawab
|
:
|
Kata Penjor berasal dari Peenyor yang diberikan arti Pengajum atau Pengastawa.
|
Tanya
|
:
|
Apa Makna Penjor ?
|
Jawab
|
:
|
Makna Penjor adalah sebagai
sarana pengastawa kehadapan Hyang
Siwa beserta manifestasinya yang distanakan di pura Besakih.
|
Tanya
|
:
|
Sebutkan unsur-unsur yang ada
pada Penjor dan maknanya !
|
Jawab
|
:
|
1.
Kain Putih simbul
kekuatan Hyang Iswara
2.
Bambu simbul
kekuatan Hyang Mahesora
3.
Jajan simbul
kekuatan Hyang Brahma
4.
Kelapa simbul
kekuatan Hyang Rudra
5.
Janur simbul
kekuatan Hyang Mahadewa
6.
Daun-daunan
(Plawa) simbul kekuatan Hyang Sangkara
7.
Pala Bungkah,
Pala Gantung simbul kekuatan Hyang Wisnu
8.
Tebu simbul
kekuatan Hyang Sambhu
9.
Sanggah Ardha
Candra simbul kekuatan Hyang Siwa
10. Upakaranya simbul kekuatan Hyang Sadha Siwa dan Parama
Siwa
|
Tanya
|
:
|
Apa dasar lontar makna-makna
Penjor di atas ?
|
Jawab
|
:
|
Lontar Tutur Dewi Tapeni , sebagai berikut :
“Ndah Kita Sang Sujana Sujani, Sira Umara Yadnya, Wruha
Kiteng Rumuhun, Rikedaden Dewa, Bhuta Umungguhi Ritekapi Yadnya, Dewa
Makabehan Manadya Saraning Jagat Apan Saking Dewa Mantuk Ring Widhi, Widhi
Widana Ngaran Apan Sang Hyang Tri Purusa Meraga Sedaging Jagat Rat, Bhuwana
Kabeh, Hyang Siwa Meraga Candra, Hyang Sadha Siwa Meraga “Windhunie”, Sang
Hyang Parama Siwa Meraga Nadha, Sang Hyang Iswara Meraga Mertha Upaboga,
Hyang Wisnu Meraga Sarwapala, Hyang Brahma Meraga Sarwa Sesanganan, Hyang
Rudra Meraga Kelapa, Hyang Mahadewa Meraga Ruaning Gading, Hyang Sangkara
Meraga Phalaem, Hyang Sri Dewi Meraga Pari, Hyang Sambu Meraga Isepan, Hyang
Mahesora Meraga Biting ......”
|
Tanya
|
:
|
Bagaimana etika saat kita
membuat Penjor ?
|
Jawab
|
:
|
Dari petikan lontar Tutur Dewi Tapeni di atas, sangat
jelas memberikan petunjuk dan pengertian bahwa Penjor tersebut mengandung
makna yang tinggi terhadap pelaksanaan upacara, khususnya pelaksanaan upacara
Hari Raya Galungan. Oleh karena demikian, etika pembuatan Penjor perlu
diperhatikan, dilaksanakan secara benar, agar tepat sasarannya sesuai dengan
petunjuk sastra agama. Seperti sanggah Penjor mempergunakan sanggah Ardha Candra,
karena Ardha Candra merupakan simbul kekuatan Hyang Siwa.
|
Tanya
|
:
|
Kapan dan bagaimana
pemasangan arah Penjor yang benar ?
|
Jawab
|
:
|
Pemasangan arah Penjor adalah
mulut sanggah menghadap ke jalan, karena jalan merupakan simbul “Purwa Desa”
dan dibuat setelah melaksanakan Penampahan Galungan (memberi tetebasan) .
|
Tanya
|
:
|
Apa dasar kita membuat Penjor
setelah pelaksanaan Penampahan ?
|
Jawab
|
:
|
Lontar Sundharigama, sebagai
berikut :
“Riteles Ikang Asuguh Tetebasan Ring Sang Kala Tiga
Linuara Dening Sega Sinasah Maring Dengen, Lumarise Sira Tinancebang Penjor,
Maharep Purwa Desa”
|
Tanya
|
:
|
Apa
itu Hari Raya Galungan
|
Jawab
|
:
|
Hari
Raya Galungan adalah hari kemenangan Dharma atas Adharma .
|
Tanya
|
:
|
Apa
nama hari raya di India yang sama seperti Galungan
|
Jawab
|
:
|
Vijaya
Dasami
|
Tanya
|
:
|
Apa
itu Hari Raya Kuningan
|
Jawab
|
:
|
Hari
Raya Kuningan adalah hari penghormatan atas para pejuang Dharma
|
Tanya
|
:
|
Apa manifestasi Sang Hyang
Widhi yang dipuja saat Galungan ?
|
Jawab
|
:
|
Pada hari suci Galungan Sang
Hyang Widhi turun ke dunia melalui manifestasi-Nya sebagai Sang Hyang Siwa
Mahadewa (Hyang Siwa Meneng) bersama para Dewata-dewata, Dewa Pitara untuk
memberikan restu kepada umatnya dan kepada sentananya masing-masing.
|
Tanya
|
:
|
Konsep
Hari Raya Galungan dan Kuningan berdasarkan apa ?
|
Jawab
|
:
|
Hari
Raya Galungan adalah hari kemenangan Dharma atas Adharma berdasarkan konsep
Lontar Sundharigama.
|
Tanya
|
:
|
Kapan
Hari Raya Galungan dirayakan ?
|
Jawab
|
:
|
Rabu
(Budha) Kliwon Dungulan, setiap 210 hari
|
Tanya
|
:
|
Apa
Makna Filosofis Galungan ?
|
Jawab
|
:
|
·
Galungan adalah suatu upacara sakral yang
memberikan kekuatan spiritual agar mampu membedakan mana dorongan hidup yang
berasal dari Adharma dan mana dari Budhi Atma yaitu suara kebenaran (Dharma).
·
Selain itu juga memberi kemampuan untuk
membeda-bedakan kecendrungan karaksasaan (asura
sampad) dan kecendrungan kedewaan (dewa
sampad)
·
Galungan adalah menyatukan kekuatan rohani agar
mendapat pikiran dan pendirian yang terang. Bersatunya rohani dan pikiran
yang terang inilah wujud Dharma dalam diri. Sedangkan kekacauan pikiran itu (byaparaning idep) adalah wujud
Adharma.
|
Tanya
|
:
|
Galungan
berasal dari bahasa apa ?
|
Jawab
|
:
|
Kata
Galungan berasal dari bahasa Jawa Kuna yang artinya Menang
atau Bertarung.
Galungan juga sama artinya dengan Dungulan, yang
juga berarti Menang.
|
Tanya
|
:
|
Apa asal kata Galungan ?
|
Jawab
|
:
|
Galungan berasal dari kata Galungang yang dapat diartikan Tertancapnya Sebuah Panah dan panah
disini memiliki maksud adalah Manah atau Hati Sanubari dengan demikian kata
tertancapnya sebuah panah mengandung maksud Tercapainya titik tujuan akhir, untuk menuju kecemerlangan atau
Dharma.
|
Tanya
|
:
|
Bagaimana
sejarah singkat Galungan ?
|
Jawab
|
:
|
Galungan
diperkirakan sudah ada pada awal abad XI, berdasarkan Kidung Panji Malat Rasmi dan Pararaton.
Galungan
dirayakan kembali pada tahun 1126 ketika Raja Sri Jayakasunu mulai berkuasa
menggantikan Raja Sri Dhanadi. Sebelumnya, sejak 1103 ketika Raja Sri Ekajaya memegang tampuk
pemerintahan perayaan Galungan ditiadakan tanpa dasar pertimbangan yang
jelas.
Keterangan
ini bisa dilihat pada Lontar Sri Jayakasunu. Dalam lontar diceritakan bahwa
Raja Sri Jayakasunu merasa heran mengapa raja dan pejabat-pejabat raja
sebelumnya selalu berumur pendek. Raja Sri Jayakasunu mengadakan tapa brata
dan samadhi di Bali, tepatnya di Pura Dalem Puri. Beliau mendapat ‘bisikan religius’ dari Dewi Durgha,
bahwa leluhurnya selalu berumur pendek karena tidak lagi merayakan Galungan.
|
Tanya
|
:
|
Cerita apa yang melatar
belakangi Hari Raya Galungan di Bali ?
|
Jawab
|
:
|
Cerita Mayadanawa, kisah ini
merupakan gabungan antara cerita sejarah dan Mithologis.
|
Tanya
|
:
|
Bagaimana pelaksanaan Hari
Raya Galungan di Provinsi Banten ?
|
Jawab
|
:
|
Mengikuti Desa, Kala dan
Tattwa yang ada. Menyesuaikan dengan situasi, kondisi yang ada tanpa
mengurangi Tattwa yang dimiliki hari raya Galungan. Persembahyangan Galungan,
ada yang pagi dan ada juga yang dilaksanakan pada petang hari.
|
Tanya
|
:
|
Bagaimana cerita Mayadanawa ?
|
Jawab
|
:
|
Pada
zaman dahulu, bertahta seorang raja Mayadanawa, di
daerah Bedulu. Beliau adalah raja yang sakti
dan dapat mengubah diri menjadi bentuk yang diinginkannya. Beliau hidup pada
masa Mpu Kul
Putih. Karena kesaktian sang raja, daerah Makasar, Sumbawa, Bugis, Lombok dan Blambangan
dapat ditaklukkannya. Karena kesaktiannya, Mayadenawa menjadi sombong dan angkuh.
Rakyat Bali tak diizinkan lagi menyembah Tuhan, dilarang melakukan upacara keagamaan
dan merusak semua Pura. Rakyat menjadi sedih dan sengsara, namun tak kuasa menentang
Raja yang sangat sakti. Tanaman penduduk menjadi rusak dan wabah penyakit menyerang
di mana-mana.Melihat hal tersebut, Mpu Kul Putih melakukan
yoga semadhi di Pura
Besakih untuk mohon petunjuk dan bimbingan Tuhan. Beliau mendapat
pawisik/petunjuk agar meminta pertolongan ke India (Jambudwipa).
Kemudian diceritakan pertolongan datang dari Sorga, yang
dipimpin oleh Bhatara
Indra dengan
pasukan yang kuat dan persenjataan lengkap. Dalam
penyerangan melawan Mayadanawa, pasukan sayap kanan dipimpin oleh Citrasena
dan Citrangada. Pasukan sayap kiri dipimpin oleh Sang jayantaka.
Sedangkan pasukan induk
dipimpin langsung oleh Bhatara Indra. Pasukan cadangan dipimpin oleh Gandarwa
untuk menyelidiki keadaan keraton Mayadanawa, dengan mengirim Bhagawan
Naradha.
Menyadari
kerajaannya telah terancam, Mayadanawa mengirimkan mata-mata untuk
menyelidiki pasukan
Bhatara Indra serta menyiapkan pasukannya. Ketika pasukan Bhatara Indra
menyerang, pasukan
Mayadanawa memberikan perlawanan yang hebat. Pasukan Bhatara Indra unggul dan membuat
pasukan Mayadanawa melarikan diri bersama patihnya yang bernawa Kala
Wong. Karena
matahari telah terbenam, peperangan dihentikan. Pada malam harinya,
Mayadanawa menciptakan
mata air yang beracun di dekat tenda pasukan Bhatara Indra. Agar
tidak meninggalkan jejak, ia berjalan mengendap dengan memiringkan
telapak kakinya, sehingga daerah itu
kemudian dikenal dengan nama Tampak Siring.
Keesokan
harinya banyak pasukan Bhatara Indra yang jatuh sakit karena minum air yang beracun.
Melihat hal itu, Bhatara Indra kemudian menciptakan mata air yang kemudian dinamakan Tirta
Empul, dan semua pasukannya bisa disembuhkan kembali. Bhatara Indra dan pasukannya
melanjutkan mengejar Mayadanawa. Untuk menyembunyikan dirinya, Mayadanawa mengubah
dirinya menjadi Manuk Raya (ayam), dan daerah tersebut dinamakan Desa Manukaya.
Bhatara Indra tak bisa dikibuli dan terus mengejar. Mayadanawa mengubah
dirinya menjadi
Buah Timbul sehingga daerah itu dinamakan Desa Timbul,
kemudian menjadi Busung (janur)
sehingga daerah itu dinamakan Desa Blusung,
menjadi Susuh sehingga daerah itu dinamakan Desa
Panyusuhan, kemudian menjadi Bidadari sehingga daerah itu dinamakan Desa Kadewatan dan
menjadi Batu Paras (batu padas) bersama patihnya Si Kala Wong. Batu padas tersebut
dipanah oleh Bhatara Indra sehingga Mayadanawa dan patihnya menemui ajalnya. Darahnya
terus mengalir membentuk sungai yang disebut Sungai Petanu.
Sungai itu dikutuk oleh Bhatara Indra yang isinya, jika
air sungai itu digunakan untuk mengairi sawah akan menjadi
subur, tetapi ketika dipanen akan mengeluarkan darah dan berbau bangkai.
Kutukan itu berumur
1000 tahun
Kematian
Mayadanawa tersebut diperingati sebagai Hari Raya
Galungan, sebagai tonggak peringatan kemenangan Dharma (kebenaran)
melawan Adharma (kejahatan).
|
Tanya
|
:
|
Apa makna Hari Raya Galungan
& Kuningan ?
|
Jawab
|
:
|
Makna
Galungan dan Kuningan merupakan peringatan untuk mengupayakan terpusat dan sinerginya penerapan ilmu
pengetahuan untuk memberikan pencerahan jiwa pada masyarakat.
Dalam
bahasa Jawa Kuno dinyatakan Galungan itu sebagai upaya untuk : ”patitis ikang jnyana sandhi”.
Kata
“patitis” artinya mengarahkan atau
memfokuskan. Yang difokuskan adalah Jnyana atau ilmu pengetahuan suci
tentunya oleh para ilmuwan. Kata “sandhi”
dalam bahasa Jawa Kuno artinya memadukan atau mensinergikan.
|
Tanya
|
:
|
Apa
makna
Hari Raya Galungan menurut Lontar Sundharigama ?
|
Jawab
|
:
|
Galungan
dan Kuningan adalah hari raya untuk mengingatkan para ilmuwan pada khususnya
dan masyarakat pada umumnya untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang disebut
Jnyana dengan terfokus dan bersinergi secara harmonis.
|
Tanya
|
:
|
Apa makna Hari Raya Galungan
dikaitkan dengan pemasangan Penjor ?
|
Jawab
|
:
|
Hari Raya Galungan juga
merupakan pernyataan terima kasih lahir bathin kepada Sang Hyang Widhi Wasa
yang telah memberikan kesejahteraan serta kebahagiaan, ucapan terima kasih
ini dinyatakan dengan pemasangan penjor.
|
Tanya
|
:
|
Kapan
dilaksanakan Manis Galungan ?
|
Jawab
|
:
|
Kamis
(Wraspati) Umanis wuku Dungulan
|
Tanya
|
:
|
Apa
makna Manis Galungan
|
Jawab
|
:
|
Pada hari ini umat
melaksanakan upacara kecil yaitu menghaturkan banten soda pada
tiap-tiap bangunan suci, melaksanakan persembahyangan, mohon tirtha dan wija,
selanjutnya ngayab banten Galungan
(nyurud).
Pada
hari ini umat mengenang betapa indahnya kemenangan Dharma. Pada umumnya umat
mengunjungi tempat hiburan, rekreasi dan mengunjungi sanak keluarga.
|
Tanya
|
:
|
Sebutkan
Macam-macam Galungan
|
Jawab
|
:
|
1. Galungan
2. Galungan Nadi
3. Galungan Nara
Mangsa
|
Tanya
|
:
|
Apa yang dimaksud Galungan
Nadi ?
|
Jawab
|
:
|
Hari Raya Galungan yang bertepatan
dengan bulan Purnama
|
Tanya
|
:
|
Kapan
dilaksanakan Hari Pamaridan Guru ?
|
Jawab
|
:
|
Sabtu
(Saniscara) Pon wuku Dungulan
|
Tanya
|
:
|
Apa
makna Hari Pamaridan Guru
|
Jawab
|
:
|
Pada
hari ini dilambangkan dewata kembali ke sorga dan meninggalkan anugrah berupa
kadirghayusan yaitu hidup sehat
panjang umur. Pada hari ini umat dianjurkan menghaturkan canang meraka dan matirta
gocara. Upacara tersebut bermakna, umat menikmati waranugraha Dewata.
|
Tanya
|
:
|
Kapan dilaksanakan Hari Suci
Ulihan
|
Jawab
|
:
|
Minggu (Redite) Wage wuku Kuningan
|
Tanya
|
:
|
Apa makna Hari suci Ulihan ?
|
Jawab
|
:
|
Kata Ulihan berarti Kembali, yang maksudnya Kembalinya
para Dewata menuju Kahyangan.
|
Tanya
|
:
|
Kapan
dilaksanakan Hari Pamacekan Agung ?
|
Jawab
|
:
|
Senin
(Soma) Kliwon Kuningan, setiap 210 hari
|
Tanya
|
:
|
Apa
makna Hari Pamacekan Agung
|
Jawab
|
:
|
Hari
ini dilakukan pemujaan terhadap Sang Hyang Widhi/Sang
Hyang Prameswara dengan menghaturkan upacara memohon keselamatan. Sore hari (sandikala) dilakukan upacara segehan di halaman rumah dan di muka
pintu pekarangan rumah yang ditujukan kepada Sang Kala Tiga Galungan beserta pengiringnya agar kembali dan
memberi keselamatan.
|
Tanya
|
:
|
Apa arti kata Pemacekan Agung
|
Jawab
|
:
|
Kata Pemacekan berasal dari kata Pacek
yang artinya Tapa, sedangkan Agung berarti Kuat atau Teguh. Sehingga Pemacekan Agung adalah karena telah kuat tapanya para umat
Hindu, terhadap godaan dari Sang Kala
Tiga, sehingga Sang Kala Tiga
kembali ke sumber-Nya.
|
Tanya
|
:
|
Bagaimana upacara atau banten
Pemacekan Agung ?
|
Jawab
|
:
|
Umat melaksanakan upacara
dengan banten soda pada
masing-masing pelinggih dan melaksanakan persembahyangan dan metirtha. Tirtha juga digunakan untuk
pekarangan rumah dengan “ngider kiwa”
kemudian menghaturkan segehan Agung
di lebuh disertakan dengan api takep, tetabuhan arak berem.
|
Tanya
|
:
|
Kapan
dilaksanakan Penampa Kuningan ?
|
Jawab
|
:
|
Jumat
(Sukra) Wage wuku Kuningan
|
Tanya
|
:
|
Apa
makna Penampa Kuningan
|
Jawab
|
:
|
Pada
hari ini dianjurkan melakukan kegiatan rohani yang dalam lontar Sundarigama
disebutkan “Sapuhakena malaning Jnyana”
Lenyapkanlah kekotoran pikiran.
|
Tanya
|
:
|
Mengapa dinamakan hari
Penampa bukan Penampahan ?
|
Jawab
|
:
|
Dinamakan hari Penampa
Kuningan karena pada hari ini memiliki magis (kekuatan) sebagai pemagpag kala dari Tumpek Kuningan, oleh karena itu, pada
hari ini tidak ada kegiatan persembahyangan hanya kegiatan phisik untuk
mempersiapkan perlaksanaan upacara hari Suci Kuningan.
|
Tanya
|
:
|
Apa dasar lontar hari Penampa
Kuningan
|
Jawab
|
:
|
Lontar Sundharigama sebagai berikut :
“Sukra Wage Wara Kuningan, Ngaraning Penampa Kuningan,
Sawetaning Enjangnia Tumpek Kuningan, Rahina Mapag Kala Ngaran, Tan Wenang
Angelaraken Puja, Nirgawe’ya Tan Hana Puspa, Kewala Gaweakna Sopecaraning Gen
Engjangnia....”
|
Tanya
|
:
|
Apa arti nya ?
|
Jawab
|
:
|
Pada hari Jumat Wage Wuku
Kuningan, disebut hari Penampa Kuningan, karena besoknya disebut Tumpek
Kuningan, dikatakan sebagai hari mapag
kala, tidak boleh memuja, akan sia-sia, tidak boleh melaksanakan
persembahyangan, tetapi bisa mempersiapkan segala keperluan untuk kebutuhan
pelaksanaan upacara Kuningan pada esok harinya.
|
Tanya
|
:
|
Kapan
dilaksanakan Hari Raya Kuningan ?
|
Jawab
|
:
|
Sabtu
(Saniscara) Kliwon wuku Kuningan, setiap 210 hari
|
Tanya
|
:
|
Apa arti Kata Kuningan
|
Jawab
|
:
|
Kuningan berasal dari kata Kuning yang dapat diartikan selain
warna, ialah berarti Amertha. Dari
sudut pandang berbeda, Kata Kuningan berasal dari kata Keuningan yang dapat
diartikan sebagai Kepradnyanan.
|
Tanya
|
:
|
Apa Makna Hari Raya Kuningan
|
Jawab
|
:
|
Makna pelaksanaan Hari Raya
Kuningan adalah segenap umat Hindu memohon Amertha, berupa kepradnyanan kehadapan Sang Hyang Widhi, dengan
manifestasi_Nya sebagai Sang Hyang Mahadewa yang disertai para leluhur
(Dewata-Dewati)
|
Tanya
|
:
|
Apa dasar lontar Hari Raya
Kuningan
|
Jawab
|
:
|
Lontar Sundharigama, sebagai berikut :
“Saniscara Keliwon Wara Kuningan Payoganira Bethara
Mahadewa Tumuruna Pepareng Para Dewata Muang Sang Dewa Pitara, Inanggapa
Bhaktin Manusa, Amaweha Waranugeraha Amertha Kahuripan Rijanapada, Asuci
Laksana, Neher Memukti, Bebanten Sege Selangi, Tebog, Saha Raka Dane Sangkep
Saha Gegantungan Tamiang Kulem, Endongsara, Maka Pralingga, Aja Sira Ngarcana
Lepasing Dauh Ro, Apan Riteles Ikan Dauh, Prewateking Dewata Mantuk Maring
Sunia Taya, Hana Muah Pengaci Ning Janma Manusa, Sesayut Pryascita, Penek
Kuning Iwak Itik Putih Maukem-Ukem...”
|
Tanya
|
:
|
Menurut Lontar Sundharigama di atas pukul berapa
waktu yang tepat melaksanakan Upacara Hari Raya Kuningan ?
|
Jawab
|
:
|
Waktu pelaksanaan Hari Suci
Kuningan jangan sampai lewat dari pukul 12.00 siang, karena lewat dari itu
para Dewata telah kembali ke Kahyangan. “..... Aja Sira Ngarcana Lepasing Dauh Ro, Apan Riteles Ikan Dauh,
Prewateking Dewata Mantuk Maring Sunia Taya.......”
|
Tanya
|
:
|
Apakah kita bisa melaksanakan
Hari Suci Kuningan pada malam hari ?
|
Jawab
|
:
|
Melihat Sastra di atas, telah
memberikan tuntunan kepada umat mengenai Tattwa, etika dan Upacara/Upakara
hari Suci Kuningan, hanya kebanyakan umat Hindu melaksanakannya masih secara
Desa Dresta atau Loka Dresta (sesuai keadaan setempat). Oleh karena itulah
umat Hindu perlu meningkatkan diri dalam hal pemahamannya tentang nilai-nilai
luhur ajaran agama yang terkandung di dalam pelaksanaan upacara Hari Suci
Galungan.
|
Tanya
|
:
|
Apa makna Uparengga Hari Raya
Kuningan
|
Jawab
|
:
|
1.
Tamiang sebagai
simbul senjata Cakra ; kekuatan Sang Hyang Wisnu
2.
Endong sebagai
simbul senjata Moksala ; kekuatan Sang Hyang Sangkara
3.
Panah (Sara)
sebagai simbul senjata Nagapasa ; kekuatan Sang Hyang Mahadewa.
|
Tanya
|
:
|
Bagaimana cara membuat Tebog
?
|
Jawab
|
:
|
Ambil sebuah wakul Tebog,
didalamnya diisi nasi kuning secukupnya, diatas nasi dibubuhi saur, kacang
botor, daging calon,
caling-calingan dari kelapa yang digoreng, diisi dua helai daun intaran.
Ditancapkan wayang-wayangan dari buah gedang mentah atau dari janur sebanyak
5 buah wayang dengan posisi nyatur desa (kanan, kiri, muka, belakang dan di
tengah)
|
Tanya
|
:
|
Apa makna simbul pada Tebog ?
|
Jawab
|
:
|
1.
Nasi sebagai
simbul Amertha
2.
Kacang botor
sebagai simbul Tapa
3.
Daun Intaran
sebagai lambang kemakmuran
4.
Caling-caling
sebagai simbul kepradnyanan
5.
Daging Calon
sebagai simbul kewibawaan (kharisma)
6.
Wayang-wayangan
sebagai simbul manifestasi Hyang Widhi
|
Tanya
|
:
|
Pada upacara Hari Raya
Kuningan kita menghaturkan Selangi, apa makna simbul pada Selangi ?
|
Jawab
|
:
|
Selangi adalah merupakan
simbul dari kekuatan Sang Hyang Tri Purusa, yang memiliki sifat, Satyam,
Siwam dan Sundharam. Keteguhan Iman, Kesucian, dan Kemakmuran kepada umat
manusia.
|
Tanya
|
:
|
Kapan dilaksanakan Hari Suci
Pegat Wakan
|
Jawab
|
:
|
Rabu (Budha) Keliwon wuku
Pahang, setiap 210 hari
|
Tanya
|
:
|
Mengapa dikatakan Pegat Wakan
?
|
Jawab
|
:
|
Tiga puluh (30) hari setelah
hari Suci Galungan disebut hari Suci Pegat Wakan. Dikatakan Pegat Wakan
karena merupakan batas akhir dari Tapa pelaksanaan upacara Hari Suci Galungan.
|
Tanya
|
:
|
Apa makna Hari Suci Pegat
Wakan
|
Jawab
|
:
|
Makna hari Suci Pegat Wakan
adalah dalam 30 hari (sebulan) lamanya umat Hindu Anyekung Puja Mantra, tidak diperkenankan anibakang pedewasaan untuk melaksanakan upacara lain, selain
melaksanakan reruntutan upacara Galungan.
|
Tanya
|
:
|
Apa arti kata Pegat Wakan
|
Jawab
|
:
|
Kata Pegat artinya Putus, kata Putus ini mengandung maksud Pelepasan
(pengelebaran), sedangkan Wakan berasal dari kata Wakya yang artinya Sabda atau Anyekung Puja Mantra.
Dengan demikian pada hari Pegat Wakan inilah kita melepaskan Tapa dan Anyekung Puja
Mantra, dan diperkenakan untuk nibakang
padewasan untuk pelaksanaan upacara-upacara.
|
Tanya
|
:
|
Apa kegiatan Umat Hindu pada
saat Hari Suci Pegat Wakan
|
Jawab
|
:
|
Pelaksanaan upacara Pegat Wakan dengan upacara kecil
berupa menghaturkan banten soda
pada setiap pelinggih, serta persembahyangan. Menghaturkan segehan pada setiap pelinggih, dan
kemudian melepaskan sampian-sampian pada pelinggih, bale, penjor beserta
hiasan, dikumpulkan dipekarangan rumah, diperciki tirtha dan dibakar.
Kemudian abunya ditanam di pekarangan rumah. Dengan upacara pembakaran
sampian tersebut selesailah pelaksanaan hari suci Pagat Wakan.
|
Tanya
|
:
|
Apakah
yang dimaksud dengan Uncal Balung ?
|
Jawab
|
:
|
Uncal Balung berasal dari Nguncal berarti melepas atau membuang,
Balung berarti tulang. Secara
filosofis mengandung makna sebagai suatu masa atau periode untuk melepas atau
membuang segala energi negatif yang berasal dari Sang Kala Tiga.
|
Tanya
|
:
|
Kapan
Periode Uncal Balung ?
|
Jawab
|
:
|
Masa
uncal balung dimulai satu minggu
sebelum Galungan sampai Budha Kliwon Pahang, selama 43 hari.
|
Tanya
|
:
|
Apa yang dimaksud dengan
Galungan sebagai Pawedalan Jagat
|
Jawab
|
:
|
Galungan adalah Pawedalan
Jagat, pemujaan bahwa telah terciptanya jagat dengan segala isinya oleh Sang
Hyang Widhi. Galungan juga untuk menyatakan terima kasih dan rasa bahagia
atas kemurahan Sang Hyang Widhi yang dibayangkan telah sudi turun diiringi
oleh para Dewa-Dewa dan Pitara-Pitara ke dunia.
|