Selasa, 16 Desember 2014

Pujawali Pura Hindu se-Jabodetabek 2015

Pura Hindu Jabodetabek
Pujawali Pura Eka Wira Anantha
Pujawali Pura Hindu se-Jabodetabek 2015 berdasarkan Dudonan Upakara/Upacara Lan Rerahinan Suka Duka Hindu Dharma Banjar Ciledug dan Sekitarnya tahun 2015. www.banjarciledug.org. Pujawali yang disampaikan pada dudonan ini merupakan sarana persiapan bagi warga SDHD banjar Ciledug, yang mana keberlangsungan pujawali pada masing-masing pura tetap menjadi keputusan dari panitia atau pengempon pura yang bersangkutan.

Lihat Peta Pura Hindu se Jabodetabek

Lihat Foto-foto Pura Hindu se Jabodetabek
                                                                                   
Tanggal 31 Januari 2015 , Sabtu, Saniscara Kliwon Krulut; Tumpek Krulut
·         Pujawali Pura Kertha Jaya Tangerang
·         Pujawali Pura Raditya Dharma Cibinong

Tanggal 5 Maret 2015 , Kamis,  Wraspati Pon Uye; Purnama Sasih Kesanga
·         Pujawali Pura Wira Satya Bhuwana Paspampres Tanah Abang

Tanggal 1 April 2015, Rabu, Budha Kliwon Ugu
·         Pujawali Pura Dharma Sidhi Ciledug




Tanggal 3 April 2015, Jumat, Sukra Paing Ugu; Purnama Sasih Kedasa
·         Pujawali Pura Candra Prabha Jelambar Jakarta Barat

Tanggal 11 April 2015, Sabtu, Saniscara Kliwon Wayang; Tumpek Wayang
·         Pujawali Pura Widya Mandala Lenteng Agung

Tanggal 2 Mei 2015, Sabtu, Saniscara Umanis Watugunung; Hari Raya Saraswati
·         Pujawali Pura Aditya Jaya Rawamangun Jakarta Timur
·         Pujawali Pura Loka Arcana Ciangsana Cilengsi Bogor

Tanggal 3 Mei 2015, Minggu, Redite Paing Sinta; Purnama Sasih Jiyestha
·         Pujawali Pura Agung Taman Sari Halim Jakarta Timur

Tanggal 16 Mei 2015, Sabtu, Saniscara Kliwon Landep; Tumpek Landep
·         Pujawali Pura Agung Tirtha Bhuwana Bekasi
·         Pujawali Pura Ksatriya Loka POMAD, Pasar Minggu Jakarta Selatan

Tanggal 17 Mei 2015, Minggu, Redite Umanis Ukir
·         Pujawali Parahyangan Jagat Guru Bumi Serpong Damai

Tanggal 1 Juni 2015, Senin, Soma Umanis Tulu; Purnama Sasih Sada
·         Pujawali Pura Merta Sari Rempoa

Tanggal 20 Juni 2015, Sabtu, Saniscara Kliwon Wariga; Tumpek Uduh/Pengatag
·         Pujawali Pura Tri Bhuana Agung Depok Jawa Barat
·         Pujawali Pura Wira Dharma Samudra Cilandak Jakarta Selatan

Tanggal 1 Juli 2015, Rabu, Budha Umanis Julungwangi; Purnama Sasih Kasa
·         Pujawali Pura Amerta Jati Cinere, Jakarta Selatan

Tanggal 15 Juli 2015, Rabu, Budha Kliwon Dunggulan; Hari Raya Galungan
·         Pujawali Pura Mustika Dharma Cijantung Jakarta Timur

Tanggal 25 Juli 2015, Sabtu, Saniscara Kliwon Kuningan; Hari Raya Kuningan
·         Pujawali Pura Dalem Purna Jati Tanjung Priok Jakarta Utara

Tanggal 29 Agustus 2015, Sabtu, Saniscara Kliwon Krulut; Tumpek Krulut dan Purnama Sasih Ketiga
·         Pujawali Pura Kertha Jaya Tangerang
·         Pujawali Pura Raditya Dharma Cibinong
·         Pujawali Pura Widya Dharma Cibubur
·         Pujawali Parahyangan Agung Jagat Kartha Gunung Salak Bogor

Tanggal 28 September 2015, Senin, Soma Kliwon Uye; Purnama Sasih Kapat
·         Pujawali Pura Eka Wira Anantha Serang Banten
·         Pujawali Pura Giri Kusuma Bogor Baru
·         Pujawali Pura Penataran Agung Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur

Tanggal 28 Oktober 2015, Rabu, Budha Kliwon Ugu
·         Pujawali Pura Dharma Sidhi Ciledug

Tanggal 7 Nopember 2015, Sabtu, Saniscara Kliwon Wayang; Tumpek Wayang
·         Pujawali Pura Widya Mandala Lenteng Agung


Tanggal 26 Nopember 2015, Kamis, Wraspati Wage Watugunung; Purnama Sasih Kenam
·         Pujawali Pura Segara Cilincing Jakarta Utara

Tanggal 28 Nopember 2015, Sabtu, Saniscara Umanis Watugunung; Hari Raya Saraswati
·         Pujawali Pura Aditya Jaya Rayamangun Jakarta Timur
·         Pujawali Pura Loka Arcana, Ciangsana Cilengsi Bogor

Tanggal 10 Desember 2015, Kamis, Wraspati Pon Landep; Tilem Sasih Kenam
·         Pujawali Pura Prajapati Purna Pralina Kelapa Dua Depok

Tanggal 12 Desember 2015, Sabtu, Saniscara Kliwon Landep; Tumpek Landep
·         Pujawali Pura Agung Tirtha Bhuana Bekasi
·         Pujawali Pura Ksatriya Loka POMAD Pasar Minggu Jakarta Selatan

Tanggal 13 Desember 2015, Minggu, Redite Umanis Landep
·         Pujawali Parahyangan Jagat Guru Bumi Serpong Damai 


Pujawali yang disampaikan pada dudonan banjar ciledug www.banjarciledug.org ini merupakan sarana persiapan bagi warga SDHD banjar Ciledug, yang mana keberlangsungan pujawali pada masing-masing pura tetap menjadi keputusan dari panitia atau pengempon pura yang bersangkutan. (RANBB)

Rabu, 10 Desember 2014

Kalender Hari Raya Umat Hindu 2015

Kalender Bali
Kalender Bali 2015

Kalender hari raya Umat Hindu 2015 ini berdasarkan kalender Bali 2015 yang disusun oleh I Kt Bangbang Gde Rawi (alm) dan putra-putranya. Umat Hindu dimanapun berada wajib memiliki kalender Bali, sebab hari raya baik itu besar Galungan, Kuningan, Nyepi,  maupun kecil, rerahinan, Tumpek, Purnama, Tilem, Kajeng Kliwon dan lain-lain dapat diketahui dari Kalender Bali ini. Rare Angon Nak Bali Belog mengutip bagian Hari raya umat Hindu di tahun 2015 adalah sebagai berikut :

Januari 2015, tahun Saka 1936
Hari Bhatari Shri, Jumat 2 Januari 2015
Purnama Sasih Kepitu, Senin 5 Januari 2015
Anggara Kasih Medangsia, Selasa 6 Januari 2015
Kajeng Kliwon Uwudan, Minggu 11 Januari 2015
Siwaratri, Senin 19 Januari 2015. Hari Siwaratri umat Hindu melaksanakan Mona Brata, Upawasa dan Jagra serta persembahyangan bersama.
Tilem Sasih Kepitu, Selasa 20 Januari 2015
Budha Kliwon Pahang, Rabu 21 Januari 2015
Kajeng Kliwon Enyitan, Senin 26 Januari 2015
Tumpek Krulut, Sabtu 31 Januari 2015

Februari 2015, tahun Saka 1936
Purnama Sasih Kewulu, Selasa 3 Februari 2015
Budha Cemeng Merakih, Rabu 4 Februari 2015
Hari Bhatari Shri, Jumat 6 Februari 2015
Anggara Kasih Tambir dan Kajeng Kliwon Uwudan, Selasa 10 Februari 2015
Anggara Pahing Medangkungan memuja Hyang Widhi – Dewa Brahma di Merajan Kawitan
Tilem Sasih Kewulu, Rabu 18 Februari 2015
Budha Kliwon Matal dan Kajeng Kliwon Enyitan, Rabu 25 Februari 2015


Maret 2015, tahun Saka 1937
Purnama Sasih Kesanga, Kamis 5 Maret 2015
Tumpek Kandang, Sabtu 7 Maret 2015
Budha Cemeng Menail, Rabu 11 Maret 2015
Kajeng Kliwon Uwudan, Kamis 12 Maret 2015
Hari Bhatari Shri, Jumat 13 Maret 2015
Anggara Kasih Prangbakat, Selasa 17 Maret 2015
Melasti, Pekiyisan ke Segara, Rabu 18 Maret 2015 (desa, kala, patra – red)
Tilem Kesanga, Jumat 20 Maret 2015. Hari Tilem Kesanga umat Hindu melaksanakan upacara Bhuta Yadnya  atau Tawur Agung  Kesanga guna pembersihan Buana Alit dan Buana Agung.
Nyepi, Sabtu 21 Maret 2015. Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937, umat Hindu melakukan Catur Brata Penyepian atau Meditasi.
Ngembak Geni, Minggu 22 Maret 2015.
Kajeng Kliwon Enyitan, Jumat 27 Maret 2015





April 2015, tahun Saka 1937
Pujawali Pura Dharma Sidhi Ciledug, Budha Kliwon Ugu, Rabu 1 April 2015 (Rare Angon Nak Bali Belog – mebanjar iriki)
Purnama Sasih Kedasa, Jumat 3 April 2015
Tumpek Wayang dan Kajeng Kliwon Uwudan,  Sabtu 11 April 2015
Budha Cemeng Kelawu, Rabu 15 April 2015
Hari Bhatari Shri, Jumat 17 April 2015
Tilem Sasih Kedasa, Sabtu 18 April 2015
Anggara Kasih Dukut, Selasa 21 April 2015
Kajeng Keliwon Pemelastali – Watugunung Runtuh, Minggu 26 April 2015
Hari Paid-paidan, Selasa 28 April 2015
Hari Urip, Rabu 29 April 2015
Hari Petetegan, Kamis 30 April 2015

Mei 2015, tahun Saka 1937
Hari Pengeradanaan, Jumat 1 Mei 2015
Saraswati, Sabtu 2 Mei 2015. Hari Raya Saraswati umat Hindu melaksanakan persembahyangan, perayaan turunnya Weda atau Ilmu Pengetahuan.
Banyu Pinaruh dan Purnama Sasih Jiyestha, Minggu 3 Mei 2015
Soma Ribek, Senin 4 Mei 2015
Sabuh Mas, Selasa 5 Mei 2015
Pagerwesi, Hari raya Pagerwesi, Rabu 6 Mei 2015
Kajeng Kliwon Uwudan, Senin 11 Mei 2015
Tumpek Landep, Sabtu 16 Mei 2015
Umanis Ukir memuja Bhatara Hyang Guru, Minggu 17 Mei 2015
Tilem Sasih Jiyestha, Senin 18 Mei 2015
Budha Cemeng Ukir, Rabu 20 Mei 2015
Hari Bhatari Shri, Jumat 22 Mei 2015
Kajeng Kliwon Enyitan, Selasa 26 Mei 2015

Juni 2015, tahun Saka 1937

Purnama Sasih Sadha, Senin 1 Juni 2015. Hari Purnama dan hari Soma Umanis Tulu, memuja Bhatara-Bhatari di Merajan
Budha Kliwon Gumbreg dan Hari Kajeng Kliwon Uwudan, 10 Juni 2015
Tilem Sasih Sadha, Selasa 16 Juni 2015
Tumpek Uduh, Tumpek Pengatag, Sabtu 20 Juni 2015
Budha Cemeng Warigadian, Rabu 24 Juni 2015
Kajeng Kliwon Enyitan, Kamis 25 Juni 2015
Hari Bhatari Shri, Jumat 26 Juni 2015
Anggara Kasih Julungwangi, Selasa 30 Juni 2015

Juli 2015, tahun Saka 1937
Purnama Sasih Kasa, Rabu 1 Juli 2015
Sugihan Jawa, Kamis 9 Juli 2015
Sugihan Bali dan Kajeng Kliwon Uwudan,  Jumat 10 Juli 2015
Penyekeban, Minggu 12 Juli 2015
Penyajan Galungan, Senin 13 Juli 2015
Penampahan Galungan, Selasa 14 Juli 2015
Hari Raya Galungan, Rabu 15 Juli 2015
Umanis Galungan dan Tilem Sasih Kasa, Kamis 16 Juli 2015
Hari Pemaridan Guru, Sabtu 18 Juli 2015
Hari Ulihan, Minggu 19 Juli 2015
Pemacekan Agung, Senin 20 Juli 2015
Penampahan Kuningan, Jumat 24 Juli 2015
Hari Raya Kuningan dan Kajeng Kliwon Enyitan, Sabtu 25 Juli 2015
Budha Cemeng Langkir, Rabu 29 Juli 2015
Purnama Sasih Karo, Kamis 30 Juli 2015
Hari Bhatari Shri, Jumat 31 Juli 2015

Agustus 2015, tahun Saka 1937
Anggara Kasih Medangsia, Selasa 4 Agustus 2015
Kajeng Kliwon Uwudan, Minggu 9 Agustus 2015
Tilem Sasih Karo, Jumat 14 Agustus 2015
Kajeng Kliwon Enyitan, Senin 24 Agustus 2015
Tumpek Krulut dan Purnama Sasih Katiga, Sabtu 29 Agustus 2015

September 2015, tahun Saka 1937
Budha Cemeng Merakih, Rabu 2 September 2015
Hari Bhatari Shri, Jumat 4 September 2015
Anggara Kasih Tambir dan Kajeng Kliwon Uwudan, Selasa 8 September 2015
Tilem Sasih Ketiga, Minggu 13 September 2015
Anggara Paing Medangkungan, Selasa 15 September 2015. Umat Hindu memuja Hyang Widhi – Dewa Brahma di Merajan Kawitan
Budha Kliwon Matal dan Kajeng Kliwon Enyitan, Rabu 23 September 2015
Purnama Sasih Kapat, Senin 28 September 2015

Oktober 2015, tahun Saka 1937
Tumpek Kandang, Sabtu 3 Oktober 2015
Budha Cemeng Manail, Rabu 7 Oktober 2015
Kajeng Kliwon Uwudan, Kamis 8 Oktober 2015
Hari Bhatari Shri, Jumat 9 Oktober 2015
Tilem Sasih Kapat, Senin 12 Oktober 2015
Anggara Kasih Prangbakat, Selasa 13 Oktober 2015
Kajeng Kliwon Enyitan, Jumat 23 Oktober 2015
Purnama Sasih Kelima, Selasa 27 Oktober 2015
Budha Kliwon Ugu, Rabu 28 Oktober 2015. Pujawali Pura Dharma Sidhi Ciledug, Budha Kliwon Ugu, (Rare Angon Nak Bali Belog – mebanjar iriki)

Nopember 2015, tahun Saka 1937
Tumpek Wayang dan Kajeng Kliwon Uwudan, Sabtu 7 Nopember 2015
Budha Cemeng Kelawu dan Tilem Sasih Kelima, Rabu 11 Nopember 2015
Hari Bhatari Shri, Jumat 13 Nopember 2015
Anggara Kasih Dukut, Selasa 17 Nopember 2015
Kajeng Kliwon Pemelastali – Watugunung Runtuh, Minggu 22 Nopember 2015
Hari Paid-paidan, Selasa 24 Nopember 2015
Hari Urip, Rabu 25 Nopember 2015
Hari Petetegan dan Purnama Sasih Kenam, Kamis 26 Nopember 2015
Hari Pengeradanan, Jumat 27 Nopember 2015
Hari Saraswati, Sabtu 28 Nopember 2015. Hari Saraswati umat Hindu melakukan persembahyangan, perayaan turunnya Weda atau Ilmu Pengetahuan.
Banyu Pinaruh, Minggu 29 Nopember 2015
Hari Soma Ribek, Senin 30 Nopember 2015.

Desember 2015, tahun Saka 1937
Hari Sabuh Mas, Selasa 1 Desember 2015
Hari Pagerwesi, Rabu 2 Desember 2015
Kajeng Kliwon Uwudan, Senin 7 Desember 2015
Tilem Sasih Kenam, Kamis 10 Desember 2015. Umat Hindu melaksanakan upakara Nangluk Merana.
Tumpek Landep, Sabtu 12 Desember 2015
Redite Umanis Ukir, Minggu 13 Desember 2015. Umat Hindu melakukan persembahyangan  memuja Bhatara Hyang Guru
Budha Cemeng Ukir, Rabu 16 Desember 2015
Hari Bhatari Shri, Jumat 18 Desember 2015
Anggara Kasih Kulantir dan Kajeng Kliwon Enyitan, Selasa 22 Desember 2015
Purnama Sasih Kepitu, Jumat 25 Desember 2015
Hari Soma Umanis Tulu, Senin 28 Desember 2015. Umat Hindu melakukan persembahyangan memuja Bhatara-bhatari di Merajan.

Semoga dengan Kalender Bali yang Rare Angon Nak BaliBelog sampaikan pada blog ini dapat bermanfaat bagi segenap Umat Hindu dimanapun berada. Lebih lengkap dan lebih jelas, sebaiknya menyimak dalam cetakan Kalender Bali yang ada. (RANBB)

Rabu, 26 November 2014

Lontar Tantu Pagelaran

Pan Brayut lan Men Brayut
 Diceritakan di Pulau Jawa pada jaman dahulu belum ada manusia. Kemudian Bhatara Jagatkarana menyuruh Sang Hyang Brahma dan Sang Wisnu untuk menciptakan manusia. 

Tanah dikepal-kepal dijadikan manusia yang tampan, sempurna seperti wajah dewata. Manusia laki adalah hasil karya Sang Hyang Brahma, sedangkan yang perempuan hasil karya Sang Hyang Wisnu. Itulah sebabnya di Pulau Jawa ada Gunung Pawinihan, tempat Sang Hyang Brahma dan Sang Hyang Wisnu menciptakan manusia. Baca tentang Penciptaan Dunia.


Dipertemukanlah hasil ciptaan Sang Hyang Brahma dengan Sang Hyang Wisnu. Sangat serasi, saling berkasih-kasihan. Beranakcuculah mereka. Berkembanglah hasil karya manusia itu. Mereka itu tanpa rumah, telanjang tinggal di hutan. Tidak ada yang membentuk tingkah lakunya, tidak ada yang ditirunya. Mereka tidak mengerti akan kata-katanya waktu berucap, tidak mengerti pula maksudnya. 




Oleh karena itu, Bhatara Jagatnatha memerintahkan para dewata membuat tertib hidup di Pulau Jawa. Sang Hyang Brahma turun sebagai seorang pande besi. Empu Sujiwana namanya ketika menjadi seorang pande besi. Itulah sebabnya ada Gunung Brahma, tempat Sang Hyang Brahma menjadi pande besi. Sang Hyang Wiswakarma menjadi seorang undagi, dan itulah sebabnya ada Desa Medang Kemulan, awal manusia membuat rumah dahulu. Baca Tutur Medang Kemulan

Sang Hyang Iswara menjadi seorang Guru Desa, yang mengajar manusia berkata, tahu bahasa, dan lain-lain. Sang Hyang Wisnu turun sebagai gurunya manusia dan memegang negara. 

Bhatara Wisnu turun bersama Bhatari Sri raja dari awang-awang. Bhatara Wisnu bernama Rahyang Kandyawan, sedangkan Bhatari Sri bernama Sang Kanyawan di Negara MÄ›dang Gana. Itulah awal adanya negara dahulu, menurut ceritera. Sang Hyang Mahadewa turun sebagai pande mas, yang membuat perhiasan manusia. Bhagawan Ciptagupta menjadi seorang pelukis dengan nama Empu Ciptangkara. 


Tersebutlah yang mulia Bhatara Mahakarana telah membuat tertib hidup di Pulau Jawa. Diceritakan bahwa Pulau Jawa goyang dan selalu bergerak berayun-ayun. Karena itu Bhatara guru memerintahkan para dewa untuk memenggal Gunung Mahameru yang berada di Jambudwipa untuk dibawa ke Pulau Jawa sebagai pemberat. Dengan demikian Pulau Jawa pun menjadi stabil. 


Naskah Lontar Tantu Pagelaran ini, pada intinya berisi tentang asal-usul manusia di Pulau Jawa, dan juga tentang asal-usul nama-nama tempat/gunung yang mulanya tempat Mpu atau Raja melakukan aktifitas tertentu.

Sumber : http://baliculturegov.com/2009-10-06-09-01-33/konsep-konsep-budaya.html

Kamis, 13 November 2014

Wasista Tattwa Lontar Etika Agama Hindu

rare bali
Bhiksuka Asrama
Lontar ini berisi teks etika agama Hindu. Di bagian akhir teks terdapat penjelasan bahwa teks ini (juga) bernama Sang Hyang Bhuwana Purana. Teks tersusun atas dua bentuk; berbentuk sloka menggunakan bahasa Sansekerta, dan penjelasan/terjemahannya berbentuk uraian menggunakan bahasa Kawi

Bhagawan Wasista memuja Bhatara Parameswara yang berstana di atas tahta padma-Nya di puncak Gunung Kailasa. Tujuannya menghadap Bhatara tiada lain adalah untuk menimba ajaran (etika agama) demi kerahayuan masyarakat. Baca Tentang Bhagawan-Manggala-Pinandita-Pemangku

Atas permohonan Bhagawan Wasista itulah, maka Bhatara Parameswara menjabarkan ajaran. Pertama-tama diajarkan tentang Catur Asrama, yaitu empat tahapan hidup untuk mencapai tujuan hidup. 



Keempat Catur Asrama (Brahmacari, Grehasta, Wanaprasta, Bhiksuka) tersebut tidak dibenarkan untuk mencampuradukkan kewajiban masing-masing. 

Ada upacara yadnya yang sepatutnya dilaksanakan di zaman Kali: uma yadnya, dewa yadnya, pitra yadnya, bhuta yadnya, pandita yadnya, dan manusa yadnya. Ada juga yang disebut catur jadma (brahmana, ksatriya, waisya, dan sudra). Ada pula manusia yang dikelompokkan di luar kelompok itu disebut kelompok pancakarma, astadasa candela, mleca, dan sadyatuca. 

Lontar ini juga menguraikan tentang makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan oleh seorang raja. Dalam melakukan hubungan asmara pun, seorang raja hendaknya hati-hati, memilih waktu yang tepat dan menjaga kestabilan emosi. Baca Ampas Kehidupan

Tidak materialistis, mengangkat pejabat yang bertugas mengatur keuangan kerajaan. Raja dan para pembesar kerajaan hendaknya menghormati dan belajar dari pendeta yang disebut pandita widhipati, yaitu pandita yang tahu ajaran hakikat. Pekerjaannya mengembara, tidak memakai perhiasan, tidak melaksanakan politik praktis. (RANBB)

Sumber : http://baliculturegov.com/2009-10-06-09-01-33/konsep-konsep-budaya.html


Selasa, 21 Oktober 2014

PAMANCANGAH DALEM KRAMAS (BENDESA MAS)

Putih Kuning
TEDUNG JAGAT
Sri Aji Dalem Kramas yang berkuasa di wilayah Kramas adalah keturunan Sri Dalem Wira Kesari, ksatria dari Kediri. Beliau berputra I Dewa Kramas yang kemudian pindah dan menetap di desa Taro. Beristrikan putri Pangeran Bandesa Taro, yang kemudian melahirkan tiga orang putra dan putri. Yang sulung bernama Pangeran Gading Warni, menjadi pemuka desa di desa Gading Wani, adiknya bernama Pangeran Bandesa Mas menjadi penguasa di desa Mas, dan si bungsu bernama Ni Luh Ayu Rukmi yang diperistri oleh Ki Gusti Pasek Pasar Badung dan berputrakan Ki Pangeran Bandesa Manikan dan I Gusti Pasek Manik Mas. 


Diceritakan desa Gading Wani tertimpa wabah penyakit, kemudian ditolong oleh seorang pendeta dari Jawa yang bernama Dang Hyang Dwijendra dengan kunyahan sirih dan percikan tirtha. Akhirnya seluruh masyarakat Gading Wani yang tertimpa wabah menjadi waras, sehat seperti sedia kala. Selanjutnya Ki Bandesa Gading Wani mohon ditasbihkan menjadi seorang pendeta. Berita ini kemudian tersebar sampai ke desa Mas. Lalu Sang Pendeta diundang ke Desa Mas oleh Pangeran Bandesa Mas. 

Setelah Sang Pendeta berada di desa Mas, lalu Beliau membangun sebuah permandian yang bernama Taman Pule. Setelah lama Beliau berada di desa Mas, kemudian Pangeran Bandesa Mas mohon agar disucikan menjadi seorang pendeta. Permohonan Pangeran Bandesa Mas dikabulkan dan selanjutnya disucikan dan diberikan wejangan-wejangan dan anugrah. Membalas kebaikan Sang Pendeta, Pangeran bandesa Mas lalu mempersembahkan putrinya yang bernama Ni Gusti Luh Ayu Kencana, dan selanjutnya diperistri oleh Sang Pendeta dengan upacara widi widana. 

Selanjutnya mereka melahirkan putra yang tampan dan pintar, setelah disucikan bernama Mpu Kidul atau Batara Sakti Buk Cabe, yang juga disebut Brahmana Mas. Juga ada anugrah Dang Hyang Dwijendra kepada Pangeran Bandesa Mas, diperkenankan maprawerti, mengumandangkan weda, diantaranya Weda Sulambang Geni, Weda Pasupati Racana, serta Canting Mas. Pada saat melaksanakan Pitra Yadnya dibenarkan memakai beberapa hiasan. Diceritakan setelah keturunan Pangeran Bandesa Mas menjadi banyak, mengabdi pada Batara Sakti Buk Cabe di desa Mas. 

Suatu hari, ladang Batara Sakti Buk Cabe dirusak oleh seekor kuda milik Anglurah Mambal. Kuda tersebut lalu dilempari batu hingga mati. Itulah yang menyebabkan terjadinya pertempuran antara Batara Sakti Buk Cabe dengan Anglurah Mambal. Pada saat terjadinya pertempuran, Batara Sakti buk Cabe ditinggal oleh sanak saudara Bandesa Mas dan Bandesa Pamajengan, sehingga Beliau bertempur sendirian. Bandesa Mas dan Bandesa Pamajengan lalu dikutuk oleh Beliau supaya tidak ada Bandesa Mas dan Bandesa Pamajengan di desa Mas. 

Sri Dalem Wijaya Tanu yang berkuasa di Sukawati mendengar berita bahwa Ki Pangeran Mas mempunyai hiasan kepala berisi permata Nawaratna yang didapat pada seekor ikan nyalian. Beliau berkeinginan untuk melihat permata tersebut. Karena kutukan dari Batara Sakti Buk Cabe, maka diserbulah desa Mas oleh Sri Wijaya Tanu, yang menyebabkan keturunan Bandesa Mas dan Bandesa Pamajengan mengungsi ke desa-desa seluruh Bali. Yang masih tinggal di desa Mas berganti nama menjadi Bandesa Besang, Bandesa Kliki, dan bandesa Poh Gading



Sumber : http://baliculturegov.com/2009-10-06-09-01-33/konsep-konsep-budaya.html
 

Selasa, 14 Oktober 2014

Mengapa Kita Perlu Sorga ?

misteri kematian
Mengungkap Misteri Kematian
 Sorga. "Di surga sama sekali tidak ada ketakutan. Engkau, O Kematian, tidak di sana. Di tempat itu pikiran menjadi tua tidak membuat gemetar. Di sana, bebas dari lapar dan haus, jauh dari jangkauan kesedihan, semua bahagia dan gembira"

Teks diatas dengan jelas menyatakan Sorga itu bersifat rohani. Yang hidup di Sorga adalah Jiwa, tanpa badan. Jiwa itu kekal, tidak menjadi tua, mati. Tidak lapar atau haus. Tidak sedih. Karena Jiwa adalah kenyataan, kesadaran dan kebahagiaan murni. Jiwa mencukupi dirinya sendiri (subsistent spirit), ia tidak memerlukan apapun dari luar dirinya, dan tidak apapun dari luar dirinya yang mempengaruhinya. Jadi Sorga Hindu bukanlah tempat untuk memperoleh semua kenikmatan badan tanpa batas. Baca Aku Hanya Minta Kwangen


Mengapa kita perlu Sorga ?

Mengapa kita memerlukan Surga? Untuk memenuhi rasa keadilan. Di dunia ini kita melihat orang-orang baik menderita; orang-orang tidak baik sejahtera. Pengadilan dunia ini tidak dapat sepenuhnya memberi keadilan. Orang-orang berkuasa, karena kekuasaan politik, uang atau kepintarannya, sering dapat lolos dari hukuman, bahkan tidak pernah diadili. Jadi kita mengharapkan ada pengadilan sesudah kematian, suatu pengadilan yang tidak dapat dihindari oleh siapapun.




Hukum Karma, tidak seperti pengadilan akhir, berjalan sepanjang waktu, meliputi kehidupan kita sekarang, maupun kehidupan nanti, setelah kematian atau dalam kelahiran kembali.
Dalam setiap penghakiman, prinsip keadilan adalah intinya. Seseorang dihukum atau diberi hadiah, sesuai dengan perbuatannya. Penghukuman atau pemberian hadiah sepanjang masa (abadi), hanya atas hidup yang singkat di dunia ini, tidak sejalan dengan prinsip keadilan.

Apakah Sorga Tempat atau Keadaan ?

Sering ada pertanyaan, apakah Sorga tempat atau keadaan/sifat? Apakah Sorga satu keadaan pengalaman bathin atau satu dunia sesungguhnya ke mana Jiwa yang dibebaskan kembali? Kebanyakan Upanisad secara praktis sedikit sekali atau tidak mengandung rincian. Chandogya menjelaskannya sebagai satu dunia, ketiga dari dunia ini, di dalamnya ada dua danau besar disebut Ara dan Nya.

Di sana juga ada penampungan air yang lebih kecil yang beris makanan-jus disebut Airammadya. Somasavana, sebatang pohon peepul dan satu kota disebut Aparajita, disana juga ada satu ruang besar keemasan. Memberikan penjelasan yang lebih berwarna dengan menambahkan satu sungai Viraja, dua penjaga pintu (Indra dan Prajapati), satu singgasana disebut Vicaksana dan satu kereta yang diberi nama Amitaujas. Lima ratus peri/bidadari menyambut Jiwa yang terbebaskan dan memujanya. Keharuman dan rasa Brahma memasukinya pada keadaan yang tepat ketika dia masuk.

Seseorang yang mencapai Brahmaloka tidak akan kembali kepada keberadaan dunia ini. 
Dari penjelasan di atas Sorga adalah tempat, tetapi dalam dunia rohani, bukan dunia fenomena atau dunia materi. Lebih lengkap dalam buku Mengungkap Misteri Kematian karya Ngakan Made Madrasuta penerbit Media Hindu. (RANBB)

Sabtu, 11 Oktober 2014

Sastra Jawa Kuno : Tutur Bhuwana Mareka

TUTUR BHUWANA MAREKA 

dupa
Bunga Dupa dan Tirtha
Tutur Bhuwana Mareka adalah lontar yang memuat ajaran tentang Siwa. Bahasa yang digunakan adalah bahasa campuran antara Bahasa Jawa Kuno dan Bahasa Sansekerta yang disajikan dalam bentuk sloka. Adapun materi pokok yang diajarkan dalam Lontar Bhuwana Mareka ini adalah pengetahuan tentang “ilmu kadyatmikan” yang dapat dijadikan oleh para yogi atau para jnanin untuk mencapai kalepasan/kamoksan. 


Sang Hyang Mareka sesungguhnya adalah awal dan akhir segala yang ada. Ia adalah Sunya, pokok ajaran Bhuwana Mareka. Ia adalah Sang Hyang Utama yang sesungguhnya tidak diketahui oleh siapapun. Rahasia diantara yang rahasia. Ia yang misteri ini selalu dirindukan oleh orang-orang suci, maka selalu direnungkan dalam sanubari. Ialah tujuan dan hakekat ajaran kamoksan. 



Artikel Terkait :

Sesungguhnya Ia esa dan suci, ada di mana-mana, ada pada segala, inti alam semesta. Ialah yang disebut dengan berbagai nama menurut kedudukan, fungsi dan harapan pemuja-Nya. Dalam rangka kamoksan dan kadyatmikan, Ia yang dimohon hadir berwujud Istadewata dalam meditasi penghayatnya. Untuk mencapai penghayatan sebagai yang diharapkan, ada sadana yang harus ditaati oleh si penghayat, sebagai yang tertuang dalam berbagai Kaputusan sebagai yang diajarkan dalam teks ini. 

TUTUR BRAHMOKTA WIDHISASTRA 

Brahmokta Widhisastra adalah sebuah lontar yang cukup tua. Uraian di dalam lontar ini ditulis dalam bentuk sloka dengan menggunakan bahasa Sansekerta, sedangkan penjelasannya menggunakan bahasa Jawa Kuna. Lontar ini menguraikan ajaran Kalepasan yang bersifat Siwaistik, diantaranya menjelaskan tentang hakekat Sanghyang Pranawa (Om). 

Semesta alam dan badan (manusia) adalah perwujudannya yang sekaligus pula sebagai jiwanya. Ia adalah obyek tertinggi kalepasan. Menjelaskan manfaat pranayama. Pranayama yang benar akan dapat membakar habis semua pennyakit, termasuk pula papa, dosa-dosa, triguna, dasendriya, sadripu, sehingga orang terbebas dari penyakit. Orang yang bebas dari penyakit akan panjang umur. Selain itu, lontar ini juga menjelaskan tentang Catur Dasaksara (empat belas aksara).

Keempat belas aksara itu memiliki kadar kesucian yang sama dan pahala sorga dan kamoksan yang sama pula, karena keempat belas aksara itu adalah merupakan badan Tuhan atau perwujudan Siwa yang disebut Catur Dasa Siwa (empat belas Siwa), yang merupakan obyek kalepasan dalam arti untuk mencapai kalepasan, maka keempat belas tempat Siwa itu bisa dituju sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. 

Om adalah kalepasan tertinggi. Aksara mana yang dapat dipusatkan dalam pikiran kala kematian menjelang, maka ke sanalah ia menuju ke salah satu tempat Siwa. Orang yang telah mencapai tempat Siwa akan menikmati kesenangan dan tidak akan kembali duka karena itu disebut Siwa atau Sadasiwa. Ia juga disebut Iswara karena ia adalah pemilik keempat belas istana itu. Lontar ini juga berisi himbauan kepada guru agar di dalam mengajarkan mutiara ajaran Siwasiddhanta tertinggi ini tidak pada sembarang siswa, dan lain-lain. 

TUTUR MEDANG KEMULAN 

Medang Kemulan merupakan salah satu dari sekian banyak lontar tutur yang memuat tentang ajaran Siwa. Secara garis besarnya, lontar ini menguraikan tentang percakapan Sang Hyang Dharma Siddhi dengan Sang Hyang Siddhi Mantra, tentang asal muasal aksara semua, tentang Catur Dasa Manu dan pemerintahannya, tentang keberadaan kitab-kitab sastra serta pengarangnya, begitu juga tentang Catur Wariga yang dikaitkan dengan kelahiran Sang Watugunung. 

• Tentang asal mula aksara berkaitan dengan pemerintahan Sang Hyang Catur Dasa Manu di Negeri Giridwipa Aikalaya. Dalam melaksanakan pemerintahannya, Beliau didampingi oleh dua orang pendeta utama yaitu Dang Hyang Romaharsana dan Bhagawan Baradwaja. Dari kedua orang suci inilah Sang Catur Dasa Manu mendapatkan berbagai pengetahuan, terutama pengetahuan mengenai silsilah para manu yang jumlahnya 14 dan pusat pemerintahannya. 

• Mengenai kitab-kitab sastra dan pengarangnya; Kitab Brahmanda Purana, menguraikan tentang asal mula para Brahmana yang diciptakan oleh Bhatara Siwa; Kitab Rajaniti yang berisi tentang ilmu pemerintahan; Aksara, Samuscayakreti, Adigama, Tretagama, yang memuat tentang ajaran susila disusun oleh Bhagawan Romaharsana. Tatwajnana menguraikan tentang ajaran filasafat untuk menuju kalepasan diciptakan oleh Bhatara Brahma. Kitab Asta Dasa Parwa yang dimulai dari Adi Parwa sampai dengan Aswameda Parwa, serta segala kitab yang berbentuk sloka dan sruti diciptakan oleh Bhagawan Biasa.

• Mengenai terciptanya Wariga dengan Catur Wariganya sebagai penentuan hari baik dan buruk diciptakan oleh Bhatara Gana. Penciptaan Wariga ini merupakan perintah dari bhatara Siwa kepada Bhatara Gana, setelah Beliau mengutuk Watugunung agar dikalahkan oleh Sang Hyang Hari Bhuwana. 

Artikel Terkait :

 

Sumber : http://baliculturegov.com/2009-10-06-09-01-33/konsep-konsep-budaya.html

Sabtu, 04 Oktober 2014

BABAD BULELENG, BABAD ARYA GAJAH PARA, BABAD KI TAMBYAK

sidhakarya
Topeng Sidhakarya
BABAD BULELENG, BABAD ARYA GAJAH PARA, BABAD KI TAMBYAK

TEKS DAN TERJEMAHAN (2000)


Diceritakan setelah kalahnya Raja Bedahulu di Bali, akhirnya keadaan Bali pada saat itu menjadi tenang, sedangkan Patih Nirada Mada menjadi tidak senang. Disebutkan ada seorang pendeta yang sangat sempurna bernama Dang Hyang Kepakisan. Beliau berputra tiga orang laki-laki dan seorang wanita. Salah satunya dimohon menjadi raja oleh Gajah Mada di Bangsul (Bali) bernama SriDalem Kresna Kepakisan. Baginda beristana di Samprangan, dan setelah beberapa generasi terakhir digantikan oleh Dalem Sagening. Diceritakan pula Arya Kepakisan menjadi mahapatih di daerah Bali. Beliau berputra dua orang yaitu Arya Nyuh Aya dan Arya Asak. 




Diceritakan Si Luh Pasek Panji dari desa Panji, ia mengabdi kepada Sri Aji Dalem Sagening. Setelah ia menginjak dewasa, suatu ketika Sri Aji Dalem Sagening secara tidak sengaja menginjak tanah bekas air kencing Si Luh Pasek yang terasa panas. Demikianlah akhirnya Si Luh Pasek berhasil digauli oleh Sri Aji Dalem Sagening, dan tak berapa lama maka hamillah Si Luh Pasek.

Suatu ketika, Sri Aji Dalem Sagening ingin menghadiahkan sesuatu kepada Ki Gusti Ngurah Jarantik atas pengabdiannya, maka diserahkanlah Si Luh Pasek Panji. Tidak diceritakan maka lahirlah seorang anak laki-laki yang diberi nama Ki Gusti Barak Panji. Setelah dewasa, berdasarkan pertimbangan keamanan, Ki Gusti Barak Panji meninggalkan istana disertai oleh ibunya Si Luh Pasek Panji diiringi oleh Ki Dumpyung, Ki Dosot, beserta sejumlah pengiring abdinya berjumlah tiga puluh orang. Akhirnya tibalah Beliau di desa Panji. Saat itu desa Panji dikuasai oleh Ki Pungakan Gendis. Berkat kesaktian keris Ki Semang akhirnya Ki Pungakan Gendis tewas tanpa diketahui siapa pembunuhnya.

Diceritakan ada perahu milik Ki Empung Awang yang terdampar di pesisir desa Panimbangan. Perahu itu sarat dengan barang bawaan. Barang siapa yang dapat mendorong perahu tersebut akan dihadiahkan semua isi perahu. Dengan bantuan keris Ki Semang akhirnya Ki Gusti Panji berhasil menyelamatkan perahu itu. Begitulah Ki Gusti Ngurah Panji dengan bantuan keris Ki Semang serta didukung oleh pribadinya yang welas asih akhirnya berhasil memimpin masyarakat desa Gendis. Selanjutnya beliau dinobatkan dan bergelar Ki Gusti Ngurah Panji Sakti, karena kesaktiannya yang luar biasa, dan Beliau menetap di Istana Sukasada.
Setelah beberapa lama pemerintahan Sri Panji Sakti, tidak ada yang berani menentang perintah Beliau dan tetap tinggal di Istana Sukasada. Akhirnya Beliau menurunkan beberapa keturunan. Setelah Beliau wafat digantikan oleh putranya yang tertua yang bernama Ki Gusti Ngurah Panji Gede. Demikianlah putra-putra Beliau yang lain, semua berada di Singaraja. 


Diceritakan Bali telah menjadi kekuasaan Majapahit. Walaupun demikian, di belahan Bali Timur terus terjadi gejolak penentangan. Untuk meredam gejolak tersebut, diutuslah Sirarya Gajah Para dan Sirarya Getas. Akhirnya kedua arya tersebut tinggal di Sukangeneb, Toya Anyar, dan menurunkan beberapa keturunan. Selanjutnya Sirarya Getas diutus untuk mengadakan penyerangan ke Selaparang, dan Beliau pun akhirnya menetap di sana (Praya).

Diceritakan Sirarya Gajah Para telah wafat. Setelah wafatnya Sirarya Gajah Para, maka terjadilah pertikaian antara cucu-cucunya yang berakibat cukup fatal. Dua bersaudara meninggal dalam perkelahian. Dua orang janda beserta putranya masing-masing meninggalkan Toya Anyar, ada ke Tanggawisia, dan ada yang ke Gelgel. Setelah peristiwa itu, keturunan Arya Gajah Para tersebar di desa-desa di Bali serta mengembangkan keturunannya masing-masing.



Ki Tambyak adalah putra dari Begawan Maya Cakru. Semenjak lahir ia ditinggal oleh orang tuanya dan akhirnya ia dijadikan anak angkat oleh Kebayan Panarajon. Ia kemudian tumbuh menjadi pemuda yang gagah dan berilmu sehingga disegani masyarakat lingkungannya, bahkan raja Bedahulu pun mengangkatnya sebagai seorang patih.
Pada suatu saat diceritakan Ki Tambyak bertemu dengan Arya Notor Waringin. Dalam pertemuan tersebut mereka berdua sepakat untuk bersemedi. Dengan ketekunan semadinya akhirnya mereka dianugrahi daerah kekuasaan, yang mana daerah tersebut pada akhirnya disebut daerah Badung. Di daerah inilah mereka menjalankan roda pemerintahan. Lama- kelamaan Ki Tambyak ingkar dengan kepercayaan yang telah dibangunnya sehingga ia diusir ke daerah Pecatu. Demikian seterusnya ia beserta keluarganya berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain.

Sumber : http://baliculturegov.com/2009-10-06-09-01-33/konsep-konsep-budaya.html