Senin, 02 April 2018

KALIMASADA, Rekonstruksi Makna Hoax


Judul : Rekonstruksi Makna Hoax KALIMASADA Dalam Pewayangan Jawa
Penulis : Miswanto
Kata Pengantar : Prof. Dr. I Nyoman Nurjaya, SH., MH
Penerbit : Tri Murti

Kalimasada adalah bagian dari sejarah dan kesusastraan Hindu. Berawal dari kalmasa dalam kitab Mahabharata, kemudian menjadi kalima hasadha dalam Kakawin Bharatayuddha, dan akhirnya menjelma menjadi kalimasada dalam sastra lakon pawayangan Jawa.

Sayangnya kata kalimasada kemudian dibelokkan maknanya, bahkan makna hoax ini dipelihara sejak ratusan tahun silam

Buku ini mengkaji secara ilmiah dengan menyajikan sumber-sumber teks aslinya dari Itihasa Mahabharata dan Kakawin Bharatayuddha terkait dengan hoax kalimasada tersebut. Dalam buku ini pun, penulis mencoba meluruskan kisah dan makna kalimasada yang telah dikaburkan tersebut. Buku ini tentu bisa membuka tirai pemahaman masyarakat Jawa yang selama ini terttutup kabut kelam akibat hoax yang sudah mendarah daging tersebut.


Buku ini tiang dapatkan langsung dari penulisnya Mas Miswanto saat kegiatan Konsultasi Lembaga Kepemudaan Hindu 27-29 Maret 2017 di Jakarta. Semoga buku-buku Hindu semakin banyak yang menulis dan memberikan pemahaman-pamahaman secara kontekstual kepada umat ... Belajar Agama tentu saja tidak hanya berasal dari Buku Agama , namun juga dari buku-buku seperti ini ... 

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu