Sabtu, 19 Mei 2018

PERAN SEBUAH TULISAN DALAM KEMAJUAN UMAT HINDU


            Sebagai UMAT HINDU, apakah peran dari sebuah tulisan bagi kemajuan umat Hindu ? Peran tulisan sangat penting sehingga diperlukan penulis-penulis dari umat Hindu itu sendiri. Kita ambil contoh artikel dalam dunia maya / internet, dari segi jumlah artikel tentang agama Hindu sangat jauh dibandingkan artikel agama yang lain, dari segi kebenaran tidak semuanya dipastikan mengandung unsur kebenaran hal ini disebabkan oleh adanya tujuan yang tidak baik dari si penulis. Sehingga tulisan yang benar dan penulis yang paham agama Hindu sangat diperlukan sebagai penyeimbang sekaligus menjadi konter serta koreksi dari tulisan yang negatif.

            Umat Hindu membutuhkan umat yang pintar, pandai dan bisa menulis, berani menyampaikan pendapat melalui tulisan. Kemajuan pesat terlihat dari kemampuan umat dalam ber-Dharma Wacana, menyampaikan pencerahan secara lisan kepada umat, namun pencerahan ini sudah seharusnya dituangkan pula dalam tulisan agar menjadi abadi, dapat dibaca kelak dikemudian hari dan turun menurun.

Selama masih belum ada tulisan karya umat Hindu yang dapat mempengaruhi umat dan selama penulisnya memiliki tujuan untuk menjatuhkan umat Hindu maka selama itu pulalah kita akan mengalami kemunduran baik segi kwantitas maupun pengetahuan agama dan sejarah. Tulisan pulalah yang membuat sejarah kerajaan menjadi berbeda, penulis dengan tujuan dan maksud menjatuhkan umat Hindu tentu akan menyampaikan hal-hal yang tidak benar. Untuk itu diperlukan upaya-upaya yang nyata guna menjaga kebenaran, salah satunya adalah dengan menulis dan mempublikasikan melalui media yang ada saat ini.

Banyak orang pintar, rajin membaca namun jarang menulis. Mereka punya banyak ilmu dan pengalaman, namun tidak pernah meneruskannya lewat tulisan. Hal ini sangat disayangkan, karena apa yang mereka miliki hanya akan bermanfaat buat dirinya sendiri. Akan berbeda halnya jika orang tersebut menuliskan apa-apa yang dia kuasai. Tentu dampaknya akan lebih luas. Dia bisa membawa pengaruh dan manfaat kepada orang lain dan akan terus berguna buat generasi selanjutnya.

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari sejarah.   Menulis adalah bekerja untuk keabadian.
Pramoedya Ananta Toer

BAGAIMANA KITA MENULIS ?

            Dasar kegiatan menulis adalah berani menulis. Terkadang kita terlalu memikirkan hal-hal yang rumit dalam menulis. Apakah tulisan saya enak dibaca ? Apakah tulisan saya bermanfaat ? Apakah tulisan saya bagus ? Dan banyak lagi hal-hal yang membuat kita khawatir sendiri, sehingga kita tidak berani untuk memulai menulis.  

            Hilangkanlah semua kekhawatiran itu, mulailah menulis dan menulis. Menulis satu kalimat yang memiliki makna, kemudian disambung dengan kalimat berikutnya hingga menjadi satu paragraf. Bacalah paragraf tersebut dan pahami, segera koreksi kata yang tidak tepat dalam kalimat yang telah kita tulis. Demikian seterusnya, mudah bukan… ?

            Marilah mulai menulis sesuatu yang sederhana, yang ada disekitar kita dan dalam keluarga kita sendiri. Menulis kegiatan yang telah kita lakukan bersama keluarga atau teman, menulis saat berlibur bersama keluarga atau menulis biografy. Biografy diri sendiri yang sederhana seperti ketika masih kanak-kanak yang menyenangkan, atau biografy keluarga kita. Dengan berlatih mewawancara orangtua kita kemudian menuliskannya menjadi sebuah biografy dan pastinya akan bermanfaat bagi keluarga kita serta saudara-saudara kita. Terus berlatih dalam menulis adalah cara menjadi seorang penulis, membaca untuk mencari inspirasi menjadi penting saat kita  menulis. Kita akan menemukan tema-tema yang unik-unik saat menulis, pilihlah tema yang sesuai dengan usia kita, hobby kita, dan kemampuan pikiran kita.

            Pergunakan kemudahan teknologi saat ini untuk kita menulis. Dengan berbagai bentuk karya tulis yang ada seperti tulisan ilmiah, penelitian, makalah, opini, termasuk tulisan berupa novel, cerita pendek, puisi yang tentu bisa kita sharing dalam bentuk buku, majalah, tabloid, atau media online seperti website, blog, jejaring sosial dan sebagainya.

            Umat Hindu yang memiliki banyak kegiatan sosial dan keagamaan sangat memungkinkan untuk dituangkan dalam bentuk tulisan, yang dilengkapi dengan foto-foto dokumentasi. Hal ini sangat penting guna kemajuan umat Hindu, informasi-informasi yang tersebar luas tentang kegiatan umat Hindu pada suatu wilayah akan mempengaruhi motivasi pada wilayah lainnya, sehingga informasi / tulisan kita menjadi sebuah hal yang sangat penting dimasa-masa yang akan datang.  


            Segera nyalakan Laptop / PC dan mulailah Menulis

0 komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu