Selamat Datang

PHDI Provinsi Banten

Ida Bagus Alit Wiratmaja terpilih menjadi ketua PHDI Provinsi Banten Lokasabha IV  provinsi Banten telah terlaksana kemarin, 2...

Senin, 09 Agustus 2010

Hinduism

Balinese Hinduism

Agama Hindu melayani keperluan setiap orang. Ialah satu-satunya yang memiliki keluasan dan kedalaman seperti itu. Agama Hindu mengandung Dewa-dewa, Pura-Pura yang suci, pengetahuan isoterik dari inti kesadaran, yoga dan desiplin meditasi. Ia memiliki kasih yang tulus dan toleransi dan apresiasi yang murni terhadap agama-agama lain. Ia tidak dogmatik dan terbuka untuk di uji. Ia percaya dengan sebuah dunia yang adil dimana setiap jiwa dibimbing oleh karma kepada tujuan akhir dari persatuan jiwa dengan Tuhan atau moksha, bebas dari kelahiran kembali. 


Ia puas akan pengetahuan tentang asal suci dari jiwa, jalannya melalui satu kehidupan dan kehidupan lainnya sampai kedewasaan dicapainya. Ia menawarkan bimbingan kepada semua orang yang datang meminta perlindungan kepadanya, dari orang yang tidak percaya sampai kepada maharesi yang sudah maju. 


Ia memiliki gudang terbesar yang berisi kitab-kitab suci dan philsafat yang ada di atas Bumi ini, dan yang paling tua pula. Ia dianugrahi dengan sebuah tradisi tentang para orang suci dan maharesi, orang-orang yang telah tercerahkan, yang tak tertandingi di atas Bumi ini. Ia merupakan kumpulan dari semua itu, dan lebih lagi, yang membuat aku dengan tegas menyatakan bahwa agama Hindu adalah agama terbesar di dunia. 
 
Demikian dikatakan oleh Satguru Sivaya Subramuniyaswami dalam tulisannya di majalah Hinduism Today edisi February/Maret/April 2000 dengan judul "Hinduism, the Greatest Religion in the World."


Agama-agama yang berdasarkan dharma tidak tidak memiliki ambisi untuk menaklukkan dan menguasai, karena tujuan agama bukan untuk menjadi imperialisme politik dan budaya, tapi untuk memberikan kesadaran diri dan pencerahan spiritual kepada setiap orang.


 Agama-agama ini dapat menerima kebenaran darimanapun datangnya. Ia bersifat terbuka dan toleran. Itulah agama universal yang sesungguhnya.
Hindu Agama Terbesar di Dunia editor Ngakan Made Madrasuta
 Sesajen oleh lucasphotography.deviantart.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu