Selasa, 01 Desember 2015

Musuh; Jauh Dekat Sama Saja

Apakah Anda memiliki Musuh ?. Sebaik-baiknya orang memiliki musuh, musuh yang sangat dekat bahkan tidak ada yang membatasinya. Musuh yang berasal dari dalam diri adalah musuh yang paling dekat. Musuh jauh dekat sama saja, sama-sama musuh yang dapat menjadi penghalang setiap manusia untuk mencapai tujuan, lebih-lebih tujuan mulia hidup di bumi ini. Selalu akan dihalangi oleh musuh-musuh kita, baik musuh dari luar diri kita maupun musuh yang berasal dari diri kita. Bagaimana kita memahami musuh yang berasal dari dalam diri ? Bagaimana cara menanggulangi musuh sendiri ?




Dalam kehidupan ini musuh-musuh nyata sering lebih kita hadapi ketimbang musuh yang berasal dari dalam diri sendiri. Padahal kalau kita cermati dengan seksama musuh-musuh yang ada dilingkungan kita sangatlah lucu dan menggelitik. Kenapa ya kita sampai memiliki musuh dan bermusuhan ? Kenapa musuh dalam diri dapat mengakibatkan munculnya musuh-musuh dari luar diri ? Dengan ini, kita justru memiliki musuh double, selain musuh dalam diri sendiri muncul musuh dari luar diri sendiri.

Admin mengggaris bawahi musuh kita sangatlah lucu dan menggelitik. Ya, sangatlah lucu !! kenapa kita bermusuhan ? Bukankan kita sama-sama manusia, sama-sama hidup di bumi, sama-sama peduli sama bumi, sama-sama Ciptaan TUHAN ?

Bayangkan ..........!!!!

  • Saat kita sembahyang hari raya besar, kita bisa sama-sama orang yang tidak kita kenal, atau bisa jadi mereka adalah musuh tawuran kita saat nonton sepakbola !!.
  • Saat kita berkendara di jalan umum, terjadi kecelakaan, dengan sigap pula kita memberikan pertolongan, menyelamatkan dan memberikan semangat untuk bertahan hidup ... bisa jadi mereka adalah orang-orang yang kita benci di media sosial karena berlawanan posisi politik !!!!
  • Saat kita demonstrasi menuntut kenaikan gaji, dengan penuh semangat saling mendukung memberi orasi yang berapi-api .... bisa jadi mereka adalah orang-orang yang kita benci agama dan budayanya !!!
  • Saat kita memberi semangat team jagoan, menjadi suporter dengan gembira dan penuh semangat...... bisa jadi mereka adalah orang yang kita ajak tawuran saat konser dangdut !!!! 
  • Saat kita menolong orang-orang kebanjiran .... bisa jadi mereka adalah orang yang kita ajak perang ....
  • DAN MASIH BANYAK lagi, musuh-musuh yang sangat lucu dan menggelitik, yang harus segera kita sadari .... Ternyata Bermusuhan itu tidak ada gunanya.
Lain tempat kita sangat akrab, saling memaafkan, saling membantu, saling menolong, memberi kasih dengan tulus, saling menghormati, KENAPA karena lain tempat kita harus bermusuhan ? Lucu kan........

Dengan kesadaran, bahwa dunia ini adalah ciptaan Yang Kuasa, dimanapun kita berada haruslah tetap bersahabat .... dukungan tetap tetapi tidak bermusuhan.. #NYAKASANE 6 MUSUH Dalam Diri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

Artikel Umat Hindu