Rare Bali Anak Bali Belog Ngiring Ngajegang Bali dengan berbahasa Bali sane becik, senang ring Tembang Bali tur sekancan sastra lan Budaya Bali sane sampun kaloktah ring jagate mangda sumingkin jangkep tur paripurna #Bahasabali #AjegBudayaBali #RareBali

Breaking

Jumat, 08 Maret 2019

Ngembak Geni : Membuka Lembaran Baru Tahun Saka 1941

Ngembak Gni
Hari ini seluruh umat Hindu merayakan Hari Ngembak Geni, Jumat 8 Maret 2019, setelah kemarin selama 24 jam penuh melaksanakan Catur Brata Penyepian, Amati Gni, Amati Karya, Amati Lelanguan dan Amati Lelungan, kini membuka lembaran baru perdana di tahun Saka 1941. Bagaimana Rangkaian kegiatan Hari Raya Nyepi ???

Berikut  Rangkaian Kegiatan Hari Raya Nyepi

Mohon di SUBSCRIBE n LIKE, Terima Kasih

SIMAK VIDEONYA PADA LINK DIBAWAH INI !!

Tabuh Bebarongan Sekaha Gong PEWA Banjar Serang Banten https://youtu.be/TtHx3WC1daw

Tabuh Tari Rejang Sari Sekaa Gong Banjar PEWA Serang Banten https://youtu.be/BqAa-CNHcpY

KEREN ! Baleganjur Muda Mudi Hindu Tangerang Selatan https://youtu.be/4NMH9oMGxUc

Belajar Tabuh Tari Rebong Puspa Mekar https://youtu.be/dpPGTs4myf0

Baleganjur Permuditha Muda-Mudi Tangerang https://youtu.be/POztTk4fK-Y

Belajar Calung Tabuh Tari Rejang Dewa https://youtu.be/wjeEmnksS-E


Persiapan Melasti
Umat Hindu se Provinsi Banten melaksanakan kerja bakti, bergotong royong guyub ring suka duka senantiasa dikedepankan oleh umat, saling bantu bahu membahu bekerja membuat sarana dan prasarana upacara Melasti, yang tahun ini dilaksanakan di Pantai Tanjung Pasir Tangerang Banten, Sabtu 2 Maret 2019. Selain dari umat Hindu Bali, kerja bakti juga dilaksanakan oleh umat Hindu Jawa dari Paguyuban Majapahid.


Guyub Pasemetonan
Pasemetonan umat Hindu di Banten sangat guyub dalam upacara-upacara keagamaan, kegiatan sosial, maupun dalam kegiatan non keagamaan, seperti bakti sosial ataupun kegiatan-kegiatan toleransi keagamaan lainnya. Keguyuban ini perlu kita jaga terus, dan diteruskan kepada generasi muda kita, baik dari umat Hindu, Islam, Buda, Kristen, Konghucu dan lain sebagainya, bahwasannya Toleransi beragama sangat indah untuk kita laksanakan dalam kehidupan ini. Generasi Muda Mudi Banten juga tidak pernah absen dalam kegiatan-kegiatan umat di provinsi Banten ini.

Pelaksanaan Melasti di Pantai Tanjung Pasir 
Melasti di Tanjung Pasir berada di lingkungan POS TNI AL, dimana pantai ini merupakan tempat rekreasi warga Tangerang dan sekitarnya, selain itu juga sebagai dermaga penyebrangan ke kepulauan seribu, salah satunya ke Pulau Untung Jawa yang paling dekat dengan Pantai Tanjung Pasir. Pelaksanaan Melasti pada hari Minggu 3 Maret 2019, diawali dengan Mecaru genah Melasti, Mepeed atau beriringan menuju tempat Melasti yang diiringi Tetabuhan Baleganjur, kemudian Upacara Melasti, Mulang Pekelem dan mewali ke Kahyangan suang-suang.  

Pelaksanaan Tawur 
Tawur Kesanga dilaksanakan di Jaba Pura Eka Wira Anantha Serang Banten atau di Lapangan Kopassus Grup 1 Serang Banten. Kegiatan Tawur Kesanga sejak pertama kali dilaksanakan secara provinsi dilaksanakan disini. Tempat yang luas dengan sarana pendukung yang lengkap, dan terletak di ibukota Provinsi Banten yaitu Serang. Dalam Tawur Kesanga sebagai upacara Butha Yadnya juga disertai dengan Ogoh-ogoh untuk ritual Nyarub Caru, sedangkan untuk kegiatan pawai budaya tahun ini ditiadakan. Ada Pemilu Kone  .... 
Berikut vidio full kegiatan Tawur Kesanga Provinsi Banten.


Doa Keselamatan Alam Semesta
Dalam Tawur Kesanga Provinsi Banten, selalu menghadirkan Local Genius atau budaya setempat yaitu ritual Doa Keselamatan oleh saudara kita dari Sunda Wiwitan dengan sarana tumpeng dan sesajian lainnya serta Paguyuban Majapahid dengan Gunungannya. Prosesi Garebeg Gunungan merupakan prosesi yang ditunggu-tunggu oleh umat, dimana dalam Gunungan ada berbagai hasil bumi, pala bungkah, pala gantung serta sayur-mayur yang bergizi tinggi.

Tentunya kegiatan-kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik berkat kerja sama - Keguyuban Umat Hindu - di provinsi Banten, dalam kepanitiaan, dukungan dari pemerintah daerah dari Tingkat Gubernur, Bupati/Walikota, Camat, Lurah, RT/RW dan lembaga-lembaga keumatan seperti MUI dan lain-lain yang senantiasa memberikan dukungannya.
Kini umat Hindu di Tahun Saka 1941 tentunya berharap agar semakin rahayu, hidup penuh kedamaian, serta kerahayuan. Selamat Tahun Baru Saka 1941 kepada seluruh Umat Hindu, pengunjung Blog yang budiman serta seluruh masyarakat luas yang merayakannya. 

Matur Suksma
Admin blog rare-angon nak bali belog dalam hal ini dipercaya sebagai bidang Publikasi dan Dokumentasi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

Cari Blog Ini

Pengikut

Blog Archive