Rare Bali Anak Bali Belog Ngiring Ngajegang Bali dengan berbahasa Bali sane becik, senang ring Tembang Bali tur sekancan sastra lan Budaya Bali sane sampun kaloktah ring jagate mangda sumingkin jangkep tur paripurna #Bahasabali #AjegBudayaBali #RareBali

Breaking

SELAMAT DATANG DI BLOG RARE ANGON NAK BALI BELOG
MONGGO SILAKAN DIBACA2



MONGGO SILAKAN DIBACA2 ARTIKEL-TENTANG AGAMA HINDU

Kamis, 09 Januari 2014

Upanisad : Krsna Yajurveda

Svestasvatara Upanisad : Krsna Yajurveda; 6 bagian; 113 Mantra. 

Barong Batubulan
Barong Dance

Svestasvatara Upanisad ini mulai dengan diskusi oleh beberapa maharsi mengenai jagatkarana atau penyebab terakhir dari dunia, dan sampai pada kesimpulan, sudah dalam bagian pertama, bahwa Devatmasaki atau Paramatman (Tuhan) dengan kekuasaan yang ada pada dirinya, adalah penyebab itu. Kebenaran ini ditemukan oleh mereka melalui Dhyanayoga atau meditasi. Ini diikuti oleh penjelasan tentang Jivatman dan Paramatman melalui kalimat-kalimat yang elegan.
Apa itu Upanisad ? Silakan klik disini.

Bagian kedua berkaitan dengan yoga meditasi, berbagai bantuan untuk meditasi seperti kendali dan konsentrasi pikiran, posisi tubuh yang benar, pranayama atau pengaturan energi prana melalui pengendalian nafas dan beberapa hasil dari praktik yoga.

Bagian ketiga berisi beberapa mantra yang ditemukan di dalam bagian-bagian lain Veda seperti Rudradhyaya dan Purusasukta. Penjelasan itu, lagi, berpusat di sekitar Jivatman dan Paramatman.

Melanjutkan subyek itu, bagian keempat menyatakan bahwa mereka yang merealisasikan kebenaran, Brahman, akan memperoleh keabadian.

Bagian kelima berkaitan dengan kemunculan Hiranyagarbha (Telur Emas atau Pribadi Kosmik, di sini disebut 'Kapila') dari Pramesvara, Penguasa Tertinggi. Penjelasan dari berbagai aspek penciptaan juga ada di sini. Bahwa atman (Brahman) dapat diketahui melalui bagian-bagian rahasia Veda dan bahwa mereka yang mengetahui hal itu akan memperoleh keabadian. 

Bagian keenam dan terakhir menyatakan Paramesvara atau Penguasa Tertinggi sebagai penguasa dari karma-karma jiwa-jiwa individual, dan juga memuji keagungannya. Ajaran-ajaran Upanisad semacam ini hanya diungkapkan kepada mereka yang memiliki bhakti tidak saja kepada Paramesvara, tetapi juga kepada guru spiritual - adalah pernyataan penting lain dari Upanisad ini. 

Sumber buku Upanisad Himalaya Jiwa Intisari Upanisad oleh Juan Mascaro & Swami Harshananda, penerbit MediaHindu. (RANBB)

Artikel terkait Upanisad :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

Cari Blog Ini

Pengikut

Blog Archive