Rare Bali Anak Bali Belog Ngiring Ngajegang Bali dengan berbahasa Bali sane becik, senang ring Tembang Bali tur sekancan sastra lan Budaya Bali sane sampun kaloktah ring jagate mangda sumingkin jangkep tur paripurna #Bahasabali #AjegBudayaBali #RareBali

Breaking

Jumat, 16 November 2018

Keagungan Mantram Gayatri

Mantram Gayatri
Umat sedharma, dalam kehidupan ini pasti akan mendapatkan keragu-raguan atau kecemasan yang mendalam karena sesuatu yang terjadi dalam perjalanan hidup ini. Nanum harus diingat bahwa kalau kita percaya bahwa Hyang Widhi akan selalu menyertai dalam hidup kita, untuk itu percayalah apabila kita terdesak atau ada kecemasan lantunkan mantram gayatri dalam hati pasti semua kecemasan atau keragu-raguan akan menyingkir dari lingkaran kita.

Umat sedharma, dengan melantunkan mantram gayatri niscaya keraguan atau kecemasan yang kita rasakan akan menghilang dengan sendirinya. Dengan keyakinan yang kita  yakini niscaya semua itu akan menjadi lebih nyata kalau sudah dipraktekkan sendiri baru bisa merasakannya.

Om bhur bhuwah swah tat sawitur warenyam bhargo dewasya dimahi dhiyoyonah prascchodayat.
 

artinya 



Hyang Widhi Wasa yang menguasai  ketiga dunia ini. Yang Maha Suci dan sumber kehidupan, sumber segala cahaya, semoga Hyang Widhi melimpahkan kepada kami sinar cahayaMu yang Maha Suci.

Demikian semoga semua makhluk bahagia dengan mengagungkan mantram gayatri niscaya kita akan selalu dekat dengan Beliau Yang Maha Agung, karena mantram Gayatri Ibunya mantram.


Catur Warna (Empat pilihan hidup)

Umat sedharma, dalam hidup ini ada pilihan yang harus kita pilih, karena itu apa saja pilihan yang ada itu. Dalam Catur Warna yang berasal dari kata catur  yang artinya empat dan warna yang artinya pilihan, jadi catur warna artinya empat pilihan hidup yang harus dijalaninya. 


Yang pertama Brahmana artinya pilihan yang harus dijalani karena atas kemampuan yang dimilikinya yaitu berpikir, yang mana ia mempunyai kemampuan untuk berpikir bagaimana agar semua bisa jalan sesuai keadaannya. Kalau diilustrasikan dalam tubuh mamusia adalah kepala dan kalau dipemerintahan adalah MPR/DPR yang mempunyai tugas yang mulia dan selalu berpikir bagaimana agar semua.sejahteta.


Baca Catur Dalam Agama Hindu 

Yang kedua Ksatria artinya pilihan yang harus dijalani karena kemampuan untuk membela diri, karena dengan kemampuan ini bisa membuat semua menjadi aman dan nyaman, kalau diilustrasikan dalam tubuh manusia adalah tangan dan dada atau kalau di pemerintahan kepala nerara beserta TNInya yang mempunyai tugas untuk membela diri atau negara dari bahaya yang akan mengancam.


Yang ketiga Waisya artinya pilihan yang harus dijalani untuk membuat kehidupan ini terus berlangsung, kalau diilustrasikan dalam tubuh manusia adalah perut atau dipemerintah penguasa bidang perekonomian yang berusaha bagaimana ekonomi rakyat bisa berjalan dengan baik.


Yang keempat Sudra artinya pilihan yang harus dipilih karena kemampuan yang dimiliki hanya kekuatan fisik saja, kalau dililustrasikan dalam tubuh manusia adalah kaki atau di pemerintahan rakyat kecil atau buruh yang mengandalkan fisiknya sehingga itulah yang bisa disumbangkan dalam hidup ini.


Namun begitu keempat pilihan tadi tidak dapat terpisahkan karena saling membutuhkan satu sama yang lain, sehingga apabila satu terpisah maka akan mengganggu yang lainnya. 


Umat sedharna itulah yang harus kita pilih mana yang cocok untuk diri kita untuk dapat berpartisipasi dalam hidup ini. Jadi dengan catur warna kita bisa memilih di mana kemampuan kita akan kita pilih untuk menentukan bagi kehidupan kita ke depan walaupun kita terlahir dari warna yang paling renfah sekalipun.


Sumber : Aris Widodo

My Channel Youtube

Cari Blog Ini

Pengikut

Blog Archive