Rare Bali Anak Bali Belog Ngiring Ngajegang Bali dengan berbahasa Bali sane becik, senang ring Tembang Bali tur sekancan sastra lan Budaya Bali sane sampun kaloktah ring jagate mangda sumingkin jangkep tur paripurna #Bahasabali #AjegBudayaBali #RareBali

Breaking

Translate

Kamis, 18 Juli 2024

KITAB SUCI VEDA ADALAH SUMBER KEBENARAN

 KITAB SUCI VEDA ADALAH SUMBER KEBENARAN

kitab suci weda

 

  1. Veda berasal dari akar kata Vid yang artinya mengetahui atau pengetahuan. Jadi, Veda adalah ilmu pengetahuan suci yang berasal dari wahyu Sang Hyang Widhi melalui para Maha Rsi.
  2.  Kitab suci Veda adalah sumber kebenaran, sehingga dijadikan sumber keyakinan dan kepercayaan bagi umat Hindu.
  3.  Berdasarkan kitab Manu Smrthi dan Manawa Dharmasastra dapat diklasifikasikan menjadi dua pengelompok ini terdiri dari besar, yaitu Sruti dan Smrthi.
  4.  Veda Sruti dibagi menjadi 3 (tiga) bagian, yaitu bagian mantra, kitab Brahmana, dan Upanisad. Sedangkan Smrthi, dapat dikelompokkan menjadi kelompok Vedangga (batang tubuh Veda) dan kelompok Upaveda (Veda tambahan).
  5.  Para Maha Rsi yang menerima wahyu Veda disebut dengan Sapta Rsi, ada pun ketujuh Maha Rsi yang menerima wahyu itu adalah Rsi Grtsamada, Rsi Wiswamitra, Rsi Wamadewa, Rsi Atri, Rsi Bharadwaja, Rsi Wasista, dan Rsi Kanwa.
  6.  Veda dikodifikasi oleh Bhagawan Wyasa dengan dibantu oleh para siswa-siswanya, yaitu: Bhagawan Pulaha, Bhagawan Jaimini, Bhagawan Waisampayana, dan Bhagawan Sumantu.
  7.  Veda juga disebut Kitab suci Hindu karena berbentuk buku disujikan dan berisi pedoman kehidupan bagi umat Hindu.
  8.  Veda juga disebut dengan pujastuti atau mantra, ketika dilafalkan oleh para sulinggih.
  9.  Veda Sruti adalah veda yang didengar secara langsung oleh para maharsi penerima wahyu.
  10.  Veda Smrthi adalah Veda yang lebih operasional terutama untuk menjelaskan secara lebih mudah apa yang terdapat di dalam Veda Sruti.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

Cari Blog Ini

Pengikut

Blog Archive