Rare Bali Anak Bali Belog Ngiring Ngajegang Bali dengan berbahasa Bali sane becik, senang ring Tembang Bali tur sekancan sastra lan Budaya Bali sane sampun kaloktah ring jagate mangda sumingkin jangkep tur paripurna #Bahasabali #AjegBudayaBali #RareBali

Breaking

Sabtu, 08 Agustus 2020

Beda Bonsai Kelapa dengan Kelapa Tanaman Hias

Bonsai kelapa Viral dimasa Pandemi Covid-19 

bonsai kelapa gading orange
Bonsai Kelapa Gading Viral
Dimana-mana saat ini kita liat orang posting bonsai kelapa. Dimana-mana kita dengar orang membicarakan mengenai bonsai kelapa. Di media televisi pun kini semakin sering muncul berita-berita mengenai bonsai kelapa. Sepertinya semua orang lagi senang dengan bonsai kelapa, lagi viral bonsai kelapa di media sosial. Banyak pula Youtuber yang memposting artikel tentang bonsai kelapa, walaupun pada awalnya konten nya tidak membahas mengenai bonsai kelapa. Viralnya bonsai kelapa terkadang pula terlihat dari banyaknya orang-orang jual beli bonsai kelapa, lalu apakah yang diperjual-belikan itu benar-benar bonsai kelapa ? Apa beda bonsai kelapa dengan kelapa tanaman hias ? Bagaimana kita bisa membedakan bonsai kelapa dengan bibit pohon kelapa ? Awas jangan salah beli dan harga nya mahal, karena yang anda beli bisa saja bibit pohon kelapa, bukan bonsai kelapa.





Bonsai adalah tanaman besar yang dikecilkan dan ditanam dalam pot, itulah bahasa sederhana admin dalam mengartikan bonsai. Bonsai bisa dibuat dari tanaman besar dengan proses pemotongan dahan, ranting, daun kemudian tumbuh kecil dan kerdil. Atapun bonsai bisa dibuat dengan budidaya biji pohon bersangkutan yang kemudian ditanam, dirawat hingga dewasa namun selalu dalam pot. Jadi bonsai adalah pohon besar yang usianya tidak muda lagi untuk bisa tumbuh besar. Dengan ini pula seperti halnya dengan bonsai kelapa. Bonsai kelapa adalah pohon kelapa dengan karakter khas pohon kelapa seperti batang, daun yang terurai namun ditanam dalam pot. 

Bonsai Kelapa Viral
Bonsai Kelapa Mame
Adapula sumber-sumber lain yang menyatakan, bonsai adalah tanaman hidup yang perubahannya lama, seolah-olah tidak tumbuh disaat dewasa, sedangkan tanaman hias adalah tanaman indah yang berubahnya cepat, hanya beberapa hari , atau sebulan saja sudah berubah bentuknya. Jadi apa kita membeli bonsai apa membeli tanaman hias ? Apalagi tanaman yang kita beli sangat mahal, bonsai bukan sekedar mahal tetapi mempunyai ciri khas tertentu.

Mari kita bijak dalam berjual beli, baik penjual maupun beli sama-sama memahami bonsai, ataupun bonsai kelapa agar karya seni anak bangsa yang benar-benar membuat bonsai tidak menyebabkan terpuruk karena yang anda beli atau jual adalah tanaman hias tetapi anda katakan sebuah bonsai ...

3 Cara Mudah Mengolah Pujer Bali menjadi Bonsai Kelapa yang Indah 
Pujer adalah tunas kelapa , Pujer dalam bahasa Bali juga sering disebut Pijer, sedangkan tunas kelapa adalah bahasa Indonesia. Pujer saat ini sedang diminati masyarakat penghobby bonsai, karena pujer dapat diolah menjadi bonsai kelapa yang indah. Bagaimana cara mengoleh pujer menjadi bonsai kelapa ? mari kita simak selengkapnya 3 cara mudah mengolah pujer menjadi bonsai kelapa yang indah.
Cara 1 :Potong akar-akar Pujer yang patah akibat pendongkelan agar tersisa akar yang benar-benar sehat untuk beradaptasi pada lingkungan yang baru. Pujer yang sudah tumbuh berdaun biasanya akar sudah menembus sabut kelapa, bahkan akarnya sudah menancap keras pada media tanah. Saat Pujer didongkel maka berakibat adanya akarnya patah, bukan putus, patahan ini bisa mengakibatkan pembusukan.
Cara 2 :Pemangkasan pada pelepah Pujer perlu dilakukan guna mengurangi penguapan, dan akar yang beradaptasi tidak bekerja terlalu keras. Pujer rata-rata memiliki 5 sampai sepuluh pelepah dimana semua pelepah akan panjang-panjang karena pujer tumbuh alami dan bebas. Saat pujer diolah menjadi bonsai kelapa, disana ada proses pemangkasan pelepah agar penguapan tidak besar saat pujer dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, alias di dongkel dipindahkan ke pot tanaman.
Cara 3 :Pergunakan media padat untuk proses pertumbuhan Pujer kembali mengingat dongkelan berasal dari media padat dan akar sudah terbiasa dengan media padat. Pujer yang tumbuh di alam bebas, atau tanah, akan memiliki sistem perakaran yang alami pula, kuat dan banyak. Saat pujer dipindahkan ke pot tanaman sebaiknya menggunakan media padat, sama-sama padat sesuai asal dari pujer itu tumbuh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

My Channel Youtube

Cari Blog Ini

Pengikut

Blog Archive