Rare Bali Anak Bali Belog Ngiring Ngajegang Bali dengan berbahasa Bali sane becik, senang ring Tembang Bali tur sekancan sastra lan Budaya Bali sane sampun kaloktah ring jagate mangda sumingkin jangkep tur paripurna #Bahasabali #AjegBudayaBali #RareBali

Breaking

Senin, 17 April 2023

EKO NARAYANAD NA DWITYO STI KASCCIT

Percikan Dharma

Widhi Tatwa (Filsafat tentang Sang Hyang Widhi Wasa)



Om Swastyastu

Umat se-dharma, bahwa dalam agama Hindu ada filsafat tentang Sang Hyang Widhi Wasa. Siapakah sejatinya Sang Hyang Widhi Wasa itu.


Sang Hyang Widhi Wasa yaitu Beliau yang Maha Kuasa yang mencipkakan, memelihara dan memralina semua yang ada di dunia ini. Sang Hyang Widhi Wasa itu Maha Esa seperti yang terdapat pada kitab suci Weda. 

EKA EVA ADWITYAM BRAHMAN

yang artinya : hanya satu (Ekam Eva) tidak ada dua (Adwityam) Hyang Widhi (Brahman) itu.

EKO NARAYANAD NA DWITYO STI KASCCIT.

yang artinya hanya satu Tuhan tidak ada duanya.

Di dalam lontar Sutasoma disebutkan juga, apabila BHINNEKA TUNGGAL EKA  TAN HANA DHARMA MANGRWA. 

Yang artinya berbeda-beda namun tetap satu  tidak ada dharma yang kedua. Juga disebutkan EKAM SAT WIPRAH BAHUDA WADANTI.

yang artinya hanya satu (Ekam) Sang Hyang  Widhi Wasa (Sat=hakekat) hanya orang bijaksana (Wiprah) menyebut (Wadanti) dengan banyak nama (Bahuda).


Mengapa banyak disebut dengan banyak nama, karena sifat-sifat Sang Hyang Widhi Wasa yaitu Maha Kuasa, Maha Mulya, Maha Asih dan lain sebagainya. Karena tugas dan kewajiban Sang Hyang Widhi Wasa yang utama Dewa untuk kita yaitu :

Brahma, sebutan Sang Hyang Widhi Wasa sebagai pencipta alam semesta beserta isinya, dalam bahasa sanskerta disebut Utpeti.

Wisnu, sebutan Sang Hyang Widhi Wasa sebagai pemelihara alam semesta beserta isinya, dalam bahasa sanskerta disebut Sthiti

Siwa, sebutan Sang Hyang Widhi Wasa sebagai pemralina alam semesta beserta isinya, dalam bahasa Sanskerta disebut Pralina atau sangkan paran.

Om Santih Santih Santih Om


Aris Widodo

Penyuluh Agama Hindu

Kota Serang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

Cari Blog Ini

Pengikut

Blog Archive