Selamat Datang

PHDI Provinsi Banten

Ida Bagus Alit Wiratmaja terpilih menjadi ketua PHDI Provinsi Banten Lokasabha IV  provinsi Banten telah terlaksana kemarin, 2...

Selasa, 05 November 2013

Selalulah Hidup dalam Kebahagiaan Jiwa

02/11/2013
Matahari Terbit di Bintaro

Ketika engkau merasa senang adalah hari yang suci. Kasih adalah sifat Tuhan. Resapi kasihmu dengan prinsip ketuhanan. Penuhi hatimu dengan kasih untuk selama-lamanya. Kemudian setiap hari akan menjadi hari tahun baru bagimu.


Apakah tahun baru ?. Perayaan tahun baru tidak terletak pada makanan payasam (bubur nasi manis) dan hidangan lezat lainnya. Ketika engkau dipenuhi kebahagiaan jiwa adalah hari tahun baru. Selalulah hidup dalam kebahagiaan jiwa. Bila engkau menghadapi kesulitan, singkirkan. Sebenarnya penderitaan dan kesulitan itu tidak benar-benar ada. Jadi mengapa engkau cemas ? Pupuklah sikap tidak terpengaruh. Dengan demikian engkau tidak akan menderita dan tidak cemas. Ingatkan dirimu sendiri, " Aku seorang manusia. Kesulitan dan penderitaan ini bukan milikku." Bila engkau meningkatkan ketidakterikatan pada tubuhmu, engkau tidak akan terpengaruh oleh penderitaan apapun.

Penyakit-penyakit ringan seperti sakit perut, sakit kepala, atau pegal-pegal itu wajar bagi badan. Mengapa engakau mencemaskan hal yang wajar ? Engkau menderita karena tertali melekat pada badan. Meskipun demikian, engkau harus mengurus badanmu sehingga engkau tidak tergantung pada orang lain. Engkau harus menyadari sifatmu yang sejati. Atur diet dan kebiasaanmu. Engkau mempunyai segala macam masalah karena keinginanmu terlalu banyak. Bila engkau makan terlalu banyak, engkau akan menderita gangguan pencernaan. Karena itu kendalikan seleramu. Makanlah secara ugahari dan jaga kesehatanmu. Itulah yang selalu Kunasehatkan kepada anak-anak.

Bangunlah dini hari waktu ayam berkokok
Mandilah setelah membersihkan diri di pagi hari
Kenakan pakaian yang sopan
Makan sebagaimana mestinya dengan ugahari
Pergilah ke sekolah dan belajarlah dengan rajin
Dapatkan nama yang baik


(Puisi bahasa Telugu)

Usahakan agar kesehatanmu baik, pupuk berbagai kebiasaan yang baik. Jaga agar sikap serta tingkah lakumu baik, dan dapatkan nama yang baik. Bila engkau mempunyai semua ini, engkau tidak akan membutuhkan apapun lainnya dalam hidupmu. Selalulah hidup dalam kebahagiaan jiwa. 
Sumber bacaan buku Kesehatan dan Meditasi Matahari Terbit (tingkat lanjut) oleg Gede Arsa Dana. (RANBB)

-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu