Rabu, 18 Desember 2013

Wikanan Anake Alit-Alit

Pinternya Anak-Anak Bersepeda
Wikanan Anake Alit-Alit

Sedek rahinan Pagerwesi, pasemengan pisan sabehe tuun bales sakadi turuhang saking langite. Pakarangan umah ring desa Abian Timun sami kancab toya. Napi malih margi alit irika kaembahin antuk toya, suluk sakadi tukade. Nampek irika wenten tegal linggah taler kancab toya, meh wenten apagelangan toyane kutek tur ngandeng.

Sasampune sabehe nget, toya ring margine gelis rarad nanging kantun becek. I Karta anak alit mayusa limang tiban, medal macekcekan ring margine yadiastun ipun mapanganggo anyar. Bajune barak, celanane pelung. Saking umah seosan medal I Parsi ipun alitan akidik ring I Karta. Ipun mabaju kuning, macelana gadang, sami pada anyar. I Karta ngembus baju kalilitang ring bangkiang ipun.

Klik Audio Satua Mebasa Bali iriki .


Alit-alite punika kalintang girang macekcekan ring rurunge sane becek punika, sambilang ipun magending.
" Endang-endang dewa ratu, nyilih kendang jumah I Mangku, nyen teka uli kauh nadtad celeng, ngadut meong ? " Maka kalih saling nganampekin. Sasampune nampek, pada mapapas, jag I Parsi nampesang toya sane kutek, keni tangkah I Kartane. I Karta tangkejut, tur pesu pedih ipun. I Parsi kajagjagin, katuludang jantos ipun labuh. Panganggon ipun janten sampun monoton keni nyanyad. Raris ipun kisah-kisah bangun, ngeling malaib mulih.

Rauh jumah memen ipune jag brangti, manggihin pianak ipune monotan saha ngeling.
"Ee Parsi, dadi kene ? Teka ngeling bajune monotan !" kakaplakin bokongan ipun. I Parsi masaut pegat-pegat sambilange ngeling sigsigan. "Tiang labuh, tuludanga ... teken I Karta ". Tan paritestes malih, men Parsi medal nyingcingang kamben, sambilangang ipun goar-goar mamisuh. I Karta kapisuhin, sahasa nerojo ngrereh ipun.

Indike punika kapiragi antuk men Karta Ipun kememengan miragi pepisuhan men Parsine. Ipun di gelis medal nimpalin pepisuhan men Parsine.

Uyute punika kapiragi antuk pisaga-pisagan ipun. Lanang istri pada medal wanten sane mapailonan ring men Karta, wenten sane mapailonan ring men Parsi. Dadosne mamiak kalih.

Tan wenten maritetes nyujutang, jeg sami sareng merebat tan karwan untuk. Sane lanang-lanang mehmehan wanten sane majaguran, tan karwan indik.

Klik satua mebasa Bali iriki :
Share Music - Audio File Hosting - Wikanan Anake Alit-Alit
 
Raris medal Dadong Parsi, sambilang ipun gelur-gelur, " Weee..wee..! anak ngudiang mabiyuhan. Dadi uyut magerengan. Tusing nawang rahinan gede Pagerwesi. Dabdabang, ... dabdabang malu ! " Tan wenten sane ngrengayang pidabdad Dadong Parsine.
Kala punika I Karta sahasa ngembahang toyane sane makandengan ring tegale. Saget rauh malih I Parsi sampun meseh penganggo, sebengne girang, makta carang kayu, nulungin I Karta ngembahang toya. Duk punika rauh taler timpal-timpal ipune makta bola karet ageng.

Digelis toyane membah gangsar nglongsor ka margine, genah reraman ipun maiyegan. Kayun I Parsine elung dados kalih. Atugel anyud kagenah piakan memen ipune, sane malih atugel ka piakan emen I Kartane.
Malih Dadong I Parsine mebaos, " Wee.... weee! Semeton ajak makejang, para pisaga sami. Cingak ... cingakin. Nika alit-alite pada girang mebal-balan. I Parsi teken I Karta masih milu. Ngudiang dini I Raga tua-tua maiyegan ? "

Wiakti kapanggih alit-alite punika pada girang mebal-balan ring tegale sane kantun becek. Janten sampun penganggon ipun sami pada kotor. Nanging alit-alite sami girang, masuryak-suryak yan wenten timpal ipune labuh sami monotan.

Men Parsi, ipun kalintang kabilbil santukan makarya uyut, nyarengang para pisagan ipun. Sane siosan pada kedek, ngedekin dewek ipun. Laut sami budal kumah ipun soang-soang.

Kawiaktian ipun, alit-alit wikanan ring anake sampun lingsir. Alite-alite macanda, magerengan, maplalianan malih. Rukun pisan. Tan wenten dendam ipun.

Piteket :
Yan wenten alit-alite maiyegan sampunang sarengina. Rukun mapisaga, rukun manyama braya, punika patut kalimbakang. Kambil saking buku 'Pan Bagia Teken Pan Bonggan' Sabha Sastra Bali Denpasar. (RANBB)

Sabtu, 14 Desember 2013

Menjaga Blog Tetap Eksis

Instalasi Bambu di Monas
Menjaga Blog Tetap Eksis.

Nge-blog merupakan kegiatan hobby untuk aktivitas di dunia maya melalui tulisan, photo, artikel kesehatan, komunitas, kemanusiaan, agama, kebudayaan, daerah terpencil, adsense, tips dan triks, tutorial blog, masak-memasak. Blog apapun yang Anda cari dapat dipastikan ada di dunia maya. Termasuk "Blog Provokator", blog yang terkadang isinya sangat 'panas' dalam berdiskusinya, terutama masalah keyakinan. Ya, provokator bagi yang terprovokasi, namun bagi yang telah mampu melihat agama sebagai bagaian dari hidup dan sama-sama ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, tentunya merupakan sarana belajar yang sangat baik, serta dapat mengetahui keberadaan orang lain disekitar kita.

Sebuah hobby yang Anda geluti dapat dibagi melalui blog. Blog gratisan sangat banyak, seperti wordpress, blogspot, flickr, tumblr, pinterest, deviantart,  facebook, twitter dan lain sebagainya. Lalu nge-blog bukanlah sebatas "semangat" pada awalnya saja, namun butuh kegiatan lain agar Blog Tetap Eksis.

Menjaga Blog Tetap  Eksis. Tentunya dengan meng-update artikel-artikel atau konten blog kita. Walau secara konten tidak konsisten :) , pada awalnya ingin eksis di bidang agama, mungkin dapat sekali-sekali meng-update konten lain, seperti seni, tips dan trik, ataupun kuliner. Melalui aktivitas dikomunitas kita banyak dapat berita atau artikel yang dapat mendukung aktivitas blog, photography memang mengasikkan.

Dengan eksisnya blog kita, tentunya apa yang diharapkan akan dapat terwujud. Kepuasan bathin seorang Blogger tidak dapat diukur apapun. Banyaknya pengunjung blog atau besarnya "pendapatan" dari adsense tentu pula bukan ukuran. Bagi yang suka menulis, meng-update blog dengan tulisan sudah merupakan kepuasan. Bagi yang suka photography, meng-update foto juga merupakan kepuasan. Lebih-lebih apa yang kita bagi bermanfaat bagi orang lain, terlihat dari ucapan terima kasih, atau komentar-komentar yang kita terima sebagai perhatian orang-orang yang merasa menerima manfaat dari blog kita.

Selamat nge-blog bagi sahabat-sahabat yang menyukai hobby berbagi di dunia maya. Mari tetap Menjaga Blog Tetap Eksis.  

Blog Rare Angon yang lain :

Blog photo : di flickr photopocketJPGBintaro, Dagangtuakbali, Nakbalibelog, Pinterest jpgbintaro, Jasa 3d Image for Presentation, Memasak LaukPauk Sehat Indonesia, Deviantart photopocket, Selamat Nge-Blog dan selalu Menjaga Blog Tetap Eksis.


Sabtu, 07 Desember 2013

I Kurmawa Ngambul

Pulau Serangan (google)
Kacrita ada penyu ajaka dadua luh muani. Suba makelo ia nongos di pasih Arnawane. Ane muani awakne selem tur mokoh madan I Kurmawa, ane luh kulitne masawang kuning madan Ni Kurmawi. Sadina-dina ajaka dadua ngulurin kita neda ganggeng muah bulung ane lumlum tur samah.

Keto masih soroh bene ane lenan, pasliwer ngalih tetedan. Rerad rerod ngajak pianak-pianakne muah kaluwargane. Makejang soroh bene lega namtamin kamelahan pasih Arwanane.

Dengarkan Audio Satua Bali I Kurmawa Ngambul. Klik disini

I Kurmawa muah Ni Kurmawi sedih jengah kenehne nepukin parisolah bene rerad-rerod ngajak pianak somah, pasliwer saling kepung. I Kurmawa lantas ngomong teken somahne kene. "Uduh ada Kurmawi, sedih keneh beline, yen nepukin nyama brayane rerad-rerod ngajak pianak somah, cara anak ngewerin yang rasayang beli. Mula lacur beline masomah ngajak adi. Suba makudang tiban mekelone beli ngajak adi ngulurin legan keneh, sakewala kayang jani tuara nyidayang numbuhang pianak, abungkul tuara ada ane lekad. Marasa kenyel adi suba mataluh, nanging kayang jani tuara ada ane lekad ".

"Uduh beli, saja pesan buka satuan beline. Eda sanget masel-selan ! Melahan jani jalan makaad uli dini ".
"Nah, yan keto pepineh adine, jalan jani kinkinang! Apa melahne dini, japi tusing kuangan tetedan yang tusing ngelah pianak anang aukud ". Keto pasaut I Kurmawane. Ajaka dadua lantas majalan ngambul, ngauhang ngalih pasihe ba dauh. Mara teked di loloane tepukina buaya luh muani sedek mememan. Buayane nyapatin, munyine alus, "Ih, penyu ajak dadua, lakar kija magregotan ngajang umah ? Sebenge cara anak sedih pesan. Apa kasebetang? Tegarang orahin awake! Dumadak sida baan awake nulungin !"



I Kurmawa masaut banban, " Kene suba lacur
tiange buka tusing pesan Widhine olas teken tiang. Saja pesan buka munyin jerone, buka ngambule keneh tiange, wireh suba makelo tiang makurenan kayang jani tuara numbuhang pianak. Nyen lakar ngentinin nutugang katurunanne kawekas? Marasa kenyel somah tiange mataluh di parangan tengah pasihe, aukud tuara ada ane lekad. Soroh bene lenan makejang suba ngadakan pianak saling paliunin. Ento ane ngawinang tiang ngambul ".

I Buaya kapiolasan kenehne, ningeh munyin penyune buka keto, lantas masaut. "Uduh Kurmawa, eda bes sanget ngulurin sedih. Jani awake ngorahin tutur. I pidan wake masih maan buka keto, makelo tusing ngelah katurunan. Kema mai mataluh di loloane, aukud tuara ane lekad. Ditu lantas wake nunas ica ring Betara. Saking teleb awake nunas ica, lantas rauh Betara Suria ngicenin panugrahan. Wake apanga suud mataluh di tengah yehe, wake kapangandikayang apanga mataluh di pasisi. Uli ditu wake ngiringang pangandikan Betara Suriane. Ane jani wake suba liu numbuhang pianak. Jani Kurmawa Kurmawi ajak dadua apang pageh ngastiti Ida Betara Suria !"

I Kurmawa muah Ni Kurmawi lantas ngungsi parangane ngenjor di tengah pasihe. Ditu lantas ia nunas ia nunas ica ngastiti Betara. Ajaka dadua kukuh, pageh kenehne ngastawa Betara Suria. Yang makudang dina suba makelone ngastiti, rauh Ida Betara Suria di arepan goane.

"Uduh cening Kurmawa Kurmawi, bengong nira ngeton kepagehang ceninge ngastiti nira. Nira suba nawang buat tetuon ceninge. Uli makelo cening suba marasa sedih, sawireh tuara sida numbuhang pianak. Dini titu mataluh, di parangan tengah pasihe, sakewala abungkul tuara ada ane lekad. Ane jani Nira ngorahin cening, sing sida baan Nira lakar nulungin, yan cening enu mataluh di parangan tengah pasihe. Ah, ento ada bias di sisin pasihe, melah pesan tongos ceninge mataluh. Yan suba masane mataluh, bisang awak ceninge nyujur biase di pesisi. Ditu cening ngalih tongos ane melah ! Gaenang awake bangbang tongos mataluh. Yang suba suud matalah, ingetang bangbange urugin, apang tusing ada anak nawang. Sesubane suud ngurugin bangbange lautang cening buin ngungsi tengah pasihe. Nira lakar setata nyunarin tur ngamertanin taluh ceninge.  Da ja sangsaya ! " Keto pangandikan Ida Betara Suria.

I Kurmawa muah Ni Kurmawi, kenehne lega lantas matur. "Inggih Ratu Betara, ngawit saking mangkin rauh kawekas titiang pacang mataluh ring biase sane wenten ring sisin segarane. Titiang dahat nyuksmemayang pasuecan Betara. Mogi-mogi titiang sida numbuhang sentana, sekadi soroh ulame sane tiosang ". Suud ia matur, Betara Suria gelis musna.

Yan kudang dina suba makelone ia maan panugrahan Betara, Ni Kurmawi marasa dewekne lakar metaluh, lantas ngomong teken somahne, " Beli Kurmawa ene suba masanne tiang lakar mataluh. Jani jalan ka pasisi buka pangandikan Betara Suria. Dumadak prasida buka pangaptine, taluhe pada engsah ".

Ditu laut I Kurmawa ngateh somahne ka pesisi. Teked di pasisi Ni Kurmawi nylisib ngalih tongos ane melah. Suba pragat ngae bangbang ngenggalang ia mataluh tur kaurugin. Laut ajaka dadua mawali ka tengah pasihe.
Nah, yan kudang dina suba makelone ia mataluh, saking pasuecan Ida Betara Suria nyunarin taluhne, dadi lekad pianakne. Makejang ngrepe ngalih reramanne. Lega pesan keneh I Kurmawa muah Ni Kurmawi nepukin pianakne pasliab saling kepung.

Ceritayang suba pada kelih, truna, pianakne tur suba nyandang mapakurenan. I Kurmawa muah Ni Kurmawi nuturin pianak-pianakne makejang, buat pasuecang Ida Betara Suria. Makejang tuara bani tulak ngiringang pangandikan Betara. Ento makrana kayang jani penyune mataluh di pasisi. Ia sukeh ngadakang katurunan.

Patut pesan penyune sayangan, apang tusing kanti punah dijagate. Tusing dadi nampah penyu sakita-kita. Saking buku Jaran Pondongan Kamijilang olih Sabha Sastra Bali, Denpasar. Suksma. (RANBB)

Opini. Kenyataannya kini Pulau Serangan di Bali Selatan yang merupakan pulau Penyu, sudah direklamasi dan Penyu-penyu itupun sudah pergi entah kemana. Hidup manusia hanya untuk kepuasan didunia dan sangat mengabaikan kehidupan mahluk lain. Jangan salahkan orang lain, bila kita sendiri (Nak Bali Hindu) mengijinkan kegiatan-eksplorasi alam Bali secara berlebihan.

Rabu, 04 Desember 2013

Kalender Penting Umat Hindu Bali 2014

Perayaan pengrupukan Nyepi luar Bali
Ogoh-ogoh di Serang
Rerainan dan Hari Raya penting umat Hindu di tahun 2014 menurut Kalender Bali 2014. Dalam tahun 2014 yang akan datang Agama Hindu akan merayakan hari-hari besar keagamaan yang berdasarkan kalender Bali (mengikuti Triwara, Pancawara, Saptawara, Wuku, dll). Rerainan yang setiap bulan adalah Purnama dan Tilem, Kajeng Kliwon, Hari Bhatara Sri, Anggara Kasih tidak Rare Angon sampaikan disini. Silakan klik kalenderbali.org untuk lebih lengkapnya. 

Namun secara garis besar hari raya Umat Hindu dalam penanggalan Masehi dapat disampaikan sebagai berikut:

Januari 2014

Sabtu, 11 Januari 2014. Tumpek Kandang.
Rabu, 29 Januari 2014. Hari Siwa Ratri. Baca Maha Shivratri

Februari 2014

Sabtu, 15 Pebruari 2014. Tumpek Wayang.
Rabu, 19 Pebruari 2014. Buda Wage Kulawu.

Maret 2014

Minggu, 2 Maret 2014. Kajeng Keliwon Pamelastali/Watugunung Runtuh.
Sabtu, 8 Maret 2014. Hari Raya Saraswati.
Minggu, 9 Maret 2014. Banyu Pinaruh.
Senin, 10 Maret 2014. Soma Ribek.
Selasa, 11 Maret 2014. Sabuh Mas.
Rabu, 12 Maret 2014. Pagerwesi.
Sabtu, 22 Maret 2014. Tumpek Landep.
Senin, 31 Maret 2014. Hari Raya Nyepi. 

 
April 2014

Selasa, 1 April 2014. Anggar Kasih Kulantir.
Sabtu, 26 April 2014. Tumpek Uduh/Pengatag/Pengarah/Bubuh. 

Mei 2014

Selasa, 6 Mei 2014. Anggar Kasih Julungwangi.
Kamis, 15 Mei 2014. Sugihan Jawa.
Jumat, 16 Mei 2014. Sugihan Bali.
Minggu, 18 Mei 2014. Hari Penyekeban.
Senin, 19 Mei 2014. Penyajaan Galungan.
Selasa, 20 Mei 2014. Penampahan Galungan.
Rabu, 21 Mei 2014. Hari Raya Galungan.
Senin, 26 Mei 2014. Pemacekan Agung.
Jumat, 30 Mei 2014. Penampahan Kuningan.
Sabtu, 31 Mei 2014. Hari Raya Kuningan.




Juni 2014

Rabu, 25 Juni 2014. Buda Keliwon Pegatuwakan.

Juli 2014

Sabtu, 5 Juli 2014. Tumpek Krulut.

Agustus 2014

Sabtu, 9 Agustus 2014.Tumpek Kandang.

September 2014

Sabtu, 13 September 2014. Tumpek Wayang.

Oktober 2014

Sabtu, 4 Oktober 2014. Hari Raya Saraswati.
Minggu, 5 Oktober 2014. Banyu Pinaruh.
Senin, 6 Oktober 2014. Soma Ribek.
Selasa, 7 Oktober 2014. Sabuh Mas.
Rabu, 8 Oktober 2014. Pagerwesi.
Sabtu, 18 Oktober 2014. Tumpek Landep.

Nopember 2014

Sabtu, 22 Nopember 2014.Tumpek Uduh/Pengatag/Pengarah/Bubuh.

Desember 2014

Selasa, 2 Desember 2014. Anggar Kasih Julungwangi.
Kamis, 11 Desember 2014. Sugihan Jawa.
Jumat, 12 Desember 2014. Sugihan Bali.
Minggu, 14 Desember 2014. Hari Penyekeban.
Selasa, 16 Desember 2014. Penampahan Galungan.
Rabu, 17 Desember 2014. Hari Raya Galungan.
Senin, 22 Desember 2014. Pemacekan Agung.
Jumat, 26 Desember 2014. Penampahan Kuningan.
Sabtu, 27 Desember 2014. Hari Raya Kuningan.


Kegiatan umat Hindu dan penjelasan hari-hari raya umat Hindu diatas adalah sebagai berikut :
  • Tumpek Kandang. Hari ini merupakan weton wewalungan, mengadakan upacara selamatan terhadap binatang peliharaan/ternak dan pemujaan terhadap Sang Rare Angon sebagai dewanya ternak, supaya terhindar dari segala penyakit dan tetap dalam keadaan sehat, selamat serta menyenangkan.
  • Tumpek Wayang. Pada hari ini diadakan upacara yang berkenaan dengan kesenian khususnya wayang, persembahan kehadapan Bhatara Iswara memohon agar kesenian itu lestari, menyenangkan, dan bertuah.
  • Buda Wage Kulawu. Hari ini pemujaan terhadap Bhatara Rambut Sedhana yang melimpahkan kemakmuran dan kesejahteraan.
  • Hari Raya Saraswati. Hari ini merupakan pawedalan Sang Hyang Aji Sawaswati, yaitu perayaan turunnya ilmu pengetahuan. Dilakukan upacara selamatan terhadap semua pustaka/rontal/kitab, sebagai penghormatan dan puji syukur kehadapan beliau yang telah menurunkan ilmu pengetahuan.
  • Banyu Pinaruh. Memohon anugerah Sang Hyang Saraswati. Mandi dengan air kumkuman (air bersih bercampur dengan bunga harum) lalu mohon tirta (air suci) agar suci/ bersih lahir batin.
  • Soma Ribek. Sang Hyang Tri Murti sedang beryoga dan lumbung sebagai tempatNya. Pada hari ini diadakan widhi widhana untuk selamatan atau penghormatan terhadap beras di pulu dan padi di lumbung yang sekaligus mengadakan pemujaan terhadap Dewi Sri sebagai tanda bersyukur serta semoga tetap memberi kesuburan. Sebaiknya pada hari ini tidak menumbuk padi atau menjual beras.
  • Sabuh Mas. Pemujaan terhadap Hyang Mahadewa sebagai tanda bersyukur semoga selalu melimpahkan restunya pada harta dan barang-barang berharga termasuk perhiasan dengan mengadakan upacara yadnya/widhi widhana.
  • Pagerwesi. Merupakan hari payogan Hyang Pramesti Guru disertai dengan Dewasa Nawa Sanga demi keselamatan alam beserta isinya. Pada hari ini disamping menghaturkan widhi widhana di Sanggah Kemulan dan menenangkan pikiran dengan melakukan yoga semadhi.
  • Tumpek Landep. Mengadakan upacara selamatan terhadap semua jenis alat yang tajam atau senjata, serta memohon kehadapan Bhatara Siwa dan Sang Hyang Pasupati agar semua alat/senjata tetap bertuah.
  • Hari Raya Nyepi. Hari ini melakukan catur brata penyepian dan meditasi
  • Anggar Kasih Kulantir. Pada hari ini dilakukan pemujaan kehadapan Bhatara Mahadewa dan Ngembak Geni.
  • Tumpek Uduh/Pengatag/Pengarah/Bubuh. Hari ini merupakan peringatan "Kemakmuran'
  • Anggar Kasih Julungwangi. Hari ini juga disebut Anggar Kasih Penguduhan yang bertujuan untuk memulai mengadakan pembersihan pada tiap-tiap Parhyangan dalam rangka menyambut hari raya Galungan.
  • Sugihan Jawa. Pada hari ini juga disebut Parerebon, turunlah semua Bhatara ke dunia. Mengaturkan pengeresikan dab canang raka di merajan/paibon.
  • Sugihan Bali. Manusia hendaknya memohon kesucian, pembersihan lahir batin kehadapan semua Bhatara. Menghaturkan pengeresikan serta runtutannya di merajan/paibon dan Kajeng Keliwon Uwudan.
  • Hari Penyekeban. Pada hari ini sebaiknya waspada dan hati-hati serta menguatkan iman agar tidak tergoda, kena pengaruh Sang Bhuta Galungan. Penyekeban berarti berusaha untuk menguasai/mengendalikan diri.
  • Penyajaan Galungan. Perlu berhati-hati dan mawas diri karena adanya pengaruh dari Sang Bhuta Dunggulan.
  • Penampahan Galungan. Pada hari ini dikuasai oleh Sang Bhuta Amengkurat. Oleh karenanya setelah matahari terbenam dialakukan upacara biakala (mabiakala) agar tetap terhindar dari pengaruh Kala Tiganing Galungan yang dilakukan di halaman rumah. Saat ini juga dipasang penjor lengkap dengan segala hiasannya.
  • Hari Raya Galungan. Hari ini merupakan peringatan atas terciptanya alam semesta beserta isinya dan kemenangan dharma melawan adharma. Umat Hindu melakukan persembahan kehadapan Sang Hyang Widi dan Dewa/Bhatara dengan segala manifestasinya sebagai tanda puji syukur atas rahmatnya serta untuk keselamatan selanjutnya. Sedangkan penjor yang dipasang di muka tiap-tiap perumahan merupakan persembahan kehadapan Bhatara Mahadewa yang berkedudukan di Gunung Agung.
  • Pemacekan Agung. Hari ini dilakukan pemujaan terhadap Sang Hyang Widi/Sang Hyang Prameswara dengan menghaturkan upacara memohon keselamatan. Sore hari (sandikala) dilakukan upacara segehan di halaman rumah dan di muka pintu pekarangan rumah yang ditujukan kepada Sang Kala Tiga Galungan beserta pengiringnya agar kembali dan memberi keselamatan.
  • Hari Raya Kuningan. Pada hari ini menghaturkan sesaji dan persembahan atas turunnya kembali Shang Yang Widi disertai oleh Dewata atau Pitara, mohon keselamatan dunia dengan segala isinya. Upacara dilangsungkan hanya sampai pukul 12.00 ("tajeg surya"), sebab setelah itu para Dewata semuanya kembali ke Suralaya.
  • Buda Keliwon Pegatuwakan. Hari ini menghaturkan sesaji kehadapan Shang Hyang Widi, sebagai tanda puji syukur atas kemurahan beliau melimpahkan rahmatNya sehingga hari raya Galungan dan Kuningan berjalan dengan selamat.
  • Tumpek Krulut. Menghaturkan sesaji kepada Ida Sang Hyang Widi / Bhatara Iswara di Sanggah Kemulan, mohon keselamatan.

Sumber http://kalenderbali.org dan disesuaikan untuk blog Rare Angon.  (RANBB)

insert photo Ogoh-ogoh di Serang Banten 2012 oleh Pecalang Bali Photo

Jumat, 29 November 2013

Epos Mahabharata : Kematian Jayadrata

Wayang Kulit Jayadrata
JAYADRATA
Kata Duryudana; "Karna, sekarang adalah saat-saat yang sangat menentukan. Jika malam tiba dan Jayadrata masih tetap hidup, Arjuna akan malu besar. Dia akan bunuh didi karena tidak bisa memenuhi sumpahnya. Kematian Arjuna sama saja dengan kehancuran Pandawa. Kerajaan ini mutalk akan menjadi milik kita. Dananjaya mengucapkan sumpah yang mustahil ketika pikirannya masih kalut. Takdir telah menentukan Arjuna hancur di tangannya sendiri. Rupanya hari ini bintangku sedang bersinar terang. 

Kita harus memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Segalanya sekarang ada di tanganmu. Buktikan kesanggupanmu hari ini. Lihatlah, matahari sudah condong ke barat. Tidak lama lagi malam akan turun menyelimuti bumi, aku yakin Partha tidak akan bisa mencapai Jayadrata. Kau, Aswatama, Salya, Kripa dan aku sendiri harus melindungi Jayadrata. Kita harus melakukan semua yang kita bisa untuk memastikan Jayadrata tidak jatuh ke tangan Arjuna selama beberaoa saat sebelum matahari terbenam"

Jawab Karna: "Tuanku Raja, sekujur badanku penuh luka karena Bima. Badanku sudah sangat kepayahan hingga sulit untuk bergerak. Meskipun demikian, aku akan kerahkan semua tenaga yang tersisa untuk menjalankan titahmu. Aku akan lakukan perintahmu"

Sementara Duryudana dan Karna merancang pertahanan Kurawa, Arjuna terus menyerang. Dia kerahkan semua kemampuan menjebol pertahanan pasukan Kurawa.


Krishna meniup Panchajanya untuk memanggil sais keretanya, Daruka. Ketika Daruka tiba, Satyaki langsung naik kereta dan langsung menyerang Karna. Memang, Satyaki ditugaskan untuk membuat perhatian Karna teralih dari Jayadrata.

Kemampuan Daruka mengendalikan kereta dan ketangkasan Satyaki menggunakan panah membuat para dewa turun dari kahyangan untuk menyaksikan jalannya pertarungan. Keempat kuda yang menarik kereta Karna berhasil dilumpuhkan, demikian pula dengan sais keretanya. Panji-panji dan kereta Karna dihancurkan. Terpaksa Karna melompat ke kereta Duryudana. Sanjaya yang mengisahkan pertarungan itu kepada Destarata mengatakan demikian: "Hanya Partha dan Krishna yang bisa mengimbangi ketangkasan memanah Satyaki!"


Arjuna menerjang pasukan Kurawa dan berhasil mendekati Jayadrata. Pikirannya penuh dengan bayangan kematian Abimanyu dan kejahatan-kejahatan yang dilakukan para Kurawa. Arjuna terus menerjang maju. Seperti Sawyasasin, dia lepaskan hujan anak panah ke arah pasukan Kurawa. Pasukan Kurawa kacau balau melihat keganasan Arjuna yang seperti dewa kematian turun ke medan perang.

Hanya pengarang Mahabharata sendiri yang bisa menggambarkan kedahsyatan pertarungan antara Arjuna dengan Aswatama dan para kesatria besar lain yang melindungi raja Sindhu. Mereka berusaha keras menahan Arjuna tapi akhirnya mereka terpukul mundur.

Maka, dimulaikan serangan pada Jayadrata. Pertarungan seru itu berlangsung lama. Mereka yang bertempur sebentar-bentar melihat ke arah barat, karena saat itu hari sudah hampir berakhir. Saindhawa bukanlah lawan sembarangan. Arjuna harus mengerahkan seluruh kemampuan. Matahari mulai tenggelam di balik cakrawala. Langit menjadi merah. Meskipun demikian pertempuran terus berlangsung.

Kata Duryudana dengan gembira: "Sebentar lagi hari akan menjadi gelap. Tampaknya Jayadrata selamat dan Arjuna gagal memenuhi sumpahnya. Arjuna pasti malu besar."

Tiba-tiba langit menjadi gelap. Terdengar seruan dari sana-sini : "Matahari sudah terbenam. Jayadrata masih hidup. Arjuna gagal memenuhi sumpahnya!" Para Pandawa menunduk sedih. Sementara itu, pasukan Kurawa bersorak-sorai.


Jayadrata melihat ke cakrawala barat dan pikirnya" "Aku selamat!" Ia tidak melihat bahwa matahari belum terbenam. Pikirnya batasan wakttu yang ditetapkan Arjuna telah lewat.

Namun demikian, saat itu Krishna berkata kepada Arjuna: "Dananjaya, Raja Sindhu sedang melihat ke cakrawala. Akulah yang menyebabkan kegelapan ini. Matahari masih di atas sana. Lakukan apa yang harus kau lakukan. Sekaranglah saatnya. Mumpung Jayadrata tidak ada yang menjaga."

Sebatang anak panah melesat dari Gandewa dan menyambar kepala Jayadrata seperti burung elang menyambut anak ayam.
Seru Krishna: "Arjuna, lepaskan anak panahmu secara berurutan sehingga kepala Jayadrata tidak jatuh ke tanah dan jatuh di pangkuan Wridakshastra."
Dan Arjuna melontarkan panah-panahnya sehingga kepala itu tidak jatuh ke tanah. Lontaran panah Arjuna sambung menyambung membawa kepala itu.
Waktu itu, Wridakshastra sedang khusuk bersemadi. Raja tua itu selesai bermeditasi ketika kepala itu jatuh terguling didepannya. Dan, akibat kutukan yang dulu dia lontarkan, kepala raja tua itu sendiri yang meledak berkeping-keping. Jayadrata dan ayahnya tewas pada hari yang sama.

Kesawa, Dananjaya, Bima, Satyaki, Yudhamanyu, dan Uttamaujas meniup terompet kerang mereka. Dharmaraja yang mendengar suara terompet mereka tahu bahwa Arjuna berhasil memenuhi sumpahnya. Jayadrata telah tewas. Kemudian, Yudhistira memimpin pasukannya untuk menyerang Durna. Waktu itu hari sudah gelap, tapi pertempuran hari keempat belas terus berlanjut. Kedua belah pihak mengabaikan aturan bahwa perang mesti berakhir pada akhir hari. Seiring dengan menggelegaknya nafsu dan amarah, satu demi satu aturan yang mesti dihormati dilanggar.

Sumber buku Mahabharata dan Ramayana Kitab Epos Terbesar Sepanjang Masa oleh C. Rajagopalachari. (RANBB)


Rabu, 20 November 2013

Pahlawan Pulau Dewata

Perang Bali
"Kalau pelurumu habis, gunakan bayonetmu! Kalau bayonetmu patah, gunakan tanganmu untuk memukul! Kalau tanganmu patah, gunakan gigimu untuk menggigit! Dan kalau gigimu patah, gunakan matamu untuk mematahkan semangat musuh !"

Sebuah buku Perang Bali Sebuah Kisah Nyata yang ditulis oleh I Gusti Ngurah Pindha, beliau adalah seorang prajurit muda yang mengiringi I Gusti Ngurah Rai dalam perang gerilya mempertahankan tanah Bali dari pendudukan Belanda di awal kemerdekaan. I Gusti Ngurah Pindha lahir di Denpasar 1924, beliau menjadi anggota Kesatuan Resimen Sunda Kecil di bawah pimpinan I Gusti Ngurah Rai.

Secara umum masyarakat Bali dewasa ini  mengenal I Gusti Ngurah Rai sebagai pemimpin perjuangan, namun rekan-rekan seperjuangan I Gusti Ngurah Rai perlu pula kita ketahui. Pejuang-pejuang Bali yang tidak kalah penting perannya dalam mempertahankan kemerdekaan, harus kita ketahui baik. 

Disebutkan dalam buku Perang Bali karya I Gusti Ngurah Pindha ini ada I Gusti Putu Wisnu, Pak Wisnu ini diangkat menjadi Komandan Batalyon I TKR (Tentara Keamanan Rakyat) Sunda Kecil. Ada Sugeriwa pemimpin pasukan Beruang Hitam yang bertempur di Blahkiuh, I Nyoman Sueca Atmanadi dan Tiaga yang memimpin perjuangan di Singapadu dan Kutri (Gianyar). Pemimpin-pemimpin perjuangan antara lain (rare-angon tidak menulis pangkat) ; I Nyoman Sayan, I Gusti Ngurah Bagus Sugianyar, Ida Bagus Japa, I Nyoman Suraja, I Made Pugeg, I Gusti Ngurah Agung Kusumayudha, I Ketut Dangga, I Nyoman Sarja, I Gusti Made Oka, I Nyoman Dhiasa, I Ketut Jedog, I Ketut Kandel, I Made Sueta, I Wayan Rendah, I Gede Deger, I Gusti Putu Tiaga, I Wayan Sukerta, I Made Sukri dan I Gusti Ngurah Pindha. 


Tidak kalah penting perjuangan Perang Bali yang dipimpin oleh I Gusti Ngrah Rai ini adalah peran dari unsur pemuda seperti I Made Wijayakusuma, I Made Regog, Ida Bagus Ngurah, I Gusti Ketut Suji, I Made Kerti, I Wayan Likes, I Made Mega, I Wayan Rana, I Made Wena, I Made Mardia, I Made Dama, I Gede Pik, dan I Made Kara. 

Pertempuran atau peperangan dalam mempertahankan kemerdekaan terjadi di seluruh pelosok pulau Bali, seperti pertempuran Tanah Aron, pertempuran Pesagi, pertempuran Sekumpul, pertempuran di Batukaang, dan tentunya pertempuran di desa Marga, yang dikenal sebagai Puputan Margarana.

Pertempuran di desa Marga dengan pasukan Ciung Wanara yang dipimpin I Gusti Ngurah Rai, tidak terjadi dalam satu hari, namun puncak pertempuran 20 November 1946 setelah gugurnya Kapten Sugianyar, Pak Rai menjadi sangat murka dan berpesan kepada anak buahnya supaya menuntut balas sampai titik darah penghabisan. Pasukan Ciung Wanara bergerak maju sambil berteriak, "Puputan! Puputan! Puputan!"

Buku Perang Bali setebal 450 halaman ini sangat penting dibaca oleh kita, agar kita mengetahui sejarah perjuangan para pahlawan. Tentunya buku-buku lain dari pelaku sejarah sangat dibutuhkan oleh generasi bangsa ini. Artikel singkat dalam blog Rare Angon ini tentunya tidak dapat mewakili secara keseluruhan isi buku Perang Bali karya I Gusti Ngurah Pindha (pelaku sejarah) perjuangan rakyat Bali. Marilah membaca buku Perang Bali, agar informasi semakin jelas. (RANBB)

Minggu, 17 November 2013

Dharma Wacana : Hubungan Keluarga Berdasarkan Pravara

Agama dan Politik
Kata Pravara dalam bahasa Sanskerta artinya yang paling diutamakan. Kata 'Vara' artinya yang terutama atau yang paling terkemuka. Dalam pergaulan sehari-hari sering kita mendengar istilah Warga Waisnawa, Warga Siwa atau Siwa Paksa, Budha Paksa, atau para Sakta, Sampradaya dan seterusnya. Itu artinya menggambarkan kewarganegaraan berdasarkan nama Tuhan yang paling utama dipuja. 

Dalam kitab Rgveda sudah sangat jelas dinyatakan bahwa Tuhan itu Esa namun sebutan yang diberikan oleh para Rsi yang berbeda-beda. Sebutan atau nama itu diberikan oleh para Vipra atau orang suci. Tuhan itu memiliki ribuan nama atau disebut Sahasra nama. Untuk memuja Tuhan umat dapat memilih nama Tuhan yang paling sesuai dengan selera rohaninya. 

Nama yang manapun digunakan untuk memuja Tuhan itu asalkan pemujaan berdasarkan konsep pemujaan kepada Tuhan hal itu tidak ada bedanya. Tuhan itu Maha Sempurna manusia tidak berhak memberikan hanya satu sebutan dan melarang orang lain menyebutkan Tuhan yang Esa itu dengan sebutan yang lain. Umat yang memuja Tuhan dengan nama Sri Krsna tentunya boleh saja. Tentunya mereka tidak berhak melarang orang lain memuja Tuhan dengan nama Dewa Siwa atau Dewa Wisnu. Demikian juga sebaliknya.

Dari sinilah muncul ada sekelompok orang yang menyembah Tuhan dengan nama Siwa atau yang menyembah Tuhan dengan nama Wisnu, Brahma atau Krsna, Rudra, Parwati dan lain-lain. Proses inilah yang melahirkan keluarga berdasarkan kesamaan yang dipuja. Jadi Pravara adalah penguyuban ikatan kewargaan berdasarkan kesamaan yang dipujanya.

Hindu mengenal adanya kebebasan memuja. Yang penting tujuannya menuju jalan Tuhan Yang Maha Esa. Nama Tuhan yang berbeda-beda itu hanyalah jalan yang berbeda dengan tujuan yang sama yakni berbhakti pada Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa. Ajaran Hindu yang maha luhur ini sangat berbeda dengan kesamenisme. Baca tentang Kesamenisme daan Ajeg Bali.


Kalau konsep Pravara ini benar-benar dipahami dengan baik maka tidak ada yang perlu dipertentangkan mengenai perbedaan pilihan nama Tuhan itu. Dalam umat Hindu sendiri terdapat Pravara yang mayoritas dan minoritas. Janganlah karena merasa mayoritas lalu yang lain dianggap aliran sesat. Sikap yang tidak loyal pada perbedaan itu bukanlah ciri penganut Hindu yang baik. 
Sumber bacaan buku Mengapa Bali disebut Bali oleh Kt. Wiana. (RANBB)

Insert Photo : Agama dan Politik, semoga umat Hindu di Bali tetap bersatu seperti ajaran luhur kita konsep Pravara, dimana walaupun "Pravara" politik kita berbeda-beda tetapi tujuan utamanya adalah satu, mensejahterakan rakyat Bali. Awighnamastu.

Senin, 11 November 2013

Kehidupan Cinta Orang Bali

uang kepeng cina dewi bulan
Pis Bolong Bulan
Pis Arjuna lan Pis Bulan. Romantisme hanya subur di mana batas-batas tradisional bagi hubungan alamiah dan bebas antara lelaki dan perempuan paling kuat. Akibatnya, orang Bali yang praktis dan tidak dikekang di dalam cinta tidak mengidolakan perempuan yang didambakan, tetapi dia langsung menuju ke persoalan. Bilamana dia merasa tertarik dengan kuat oleh seorang gadis, dia tidak berpura-pura mempunyai minat platonis atau persaudaraan dan harus memuncakkan hasratnya dengan tidur dengannya. Sebuah permohonan langsung menyusun pernyataan cintanya "Kamu mau ? (kayun, nyak?)". Satu-satunya kata di dalam bahasa Bali untuk "cinta" kayun, suka, demen, nyak bermakna "hasrat", "untuk menyukai" dan "untuk menghendaki", sementara istilah-istilah yang lebih keras seperti lulut dan tresna mempunyai konotasi tidak sah, seperti dalam perzinahan (mamitra).


Bilamana sang lelaki diterima, percintaan mungkin dikembangkan ke dalam keterikatan yang pada kebanyakan kasus mengarah pada pernikahan. Tidak jarang pasangan tersebut hidup bersama - gendak - sebelum pernikahan, walaupun tidak benar-benar dosa, sebab gendak diijinkan sebagai pernikahan percobaan, belum disahkan di depan khalayak ramai dan di depan dewa-dewa. 
Sikap ini harus tidak ditafsirkan sebagai satu persetubuhan dengan siapa saja, orang Bali suka kawin muda, dan seorang lelaki setelah cinta biasanya pernikahan kelihatan.



Orang-orang yang malu yang mengejar sukses di dalam cinta bisa atau mungkin menggunakan pelayanan dari mak comblang profesional (ceti) atau menggunakan dukun untuk membuat seorang gadis yang enggan mau. Untuk tampil cantik di mata seorang yang dikehendaki, jimat-jimat dipakai, paling sering cakram perunggu dari Jawa Kuno dengan sebuah lubang di tengahnya seperti uang logam Cina, yang dibawa di dalam ikat pinggang.


Yang digunakan oleh lelaki Uang Kepeng Arjuna (pipis Arjuna) mempunyai sebuah gambar di dalam cukilan dari Arjuna pahlawan setengah dewa yang romantis, sementara jimat yang digunakan oleh perempuan  adalah apa yang disebut "mata uang logam bulan" (pipis bulan).

Dalam kasus-kasus yang lebih sulit seorang yang tergila-gila mempunyai jalan lain pada magis cinta yang kuat (guna pengasih-asih), mantera yang mirip macam-macam magis rahasia yang  terdiri atas sebuah daray tarik / pesona (serana) dan rumus yang diucapkan (mantra). Pesona yang khas adalah kelapa kembar atau pisang kembar, bahkan lebih ampuh adalah air liur ular, air mata anak-anak, minyak dari kelapa yang sudah diseret berkeliling oleh seorang bocah, atau yang berasal dari batang kelapa yang dibawahnya seorang wanita hamil duduk. "Jaring sutera" ( i jarring sutra ), "ular merangkak" ( i naga bilad ) dan "tangis terus menerus" ( i tungtung tangis ) adalah diantara nama-nama rumus untuk memperoleh gadis yang sulit.

Sumber bacaan buku Pulau Bali Temuan yang Menakjubkan oleh Miquel Covarrubias. Perlu Rare Angon sampaikan bahwasannya inilah budaya yang pernah ada di pulau Bali, apakah saat ini masih ada? Tentunya jaman telah berubah, mungkin Pis Arjuna sudah digantikan oleh mobil mewah, atau Pis Bulan telah digantikan oleh kecantikan yang alami. (RANBB)
insert picture http://piswayang.blogspot.com/p/pis-bolong-dewi-bulan.html

Jumat, 08 November 2013

4 Catur Dalam Agama Hindu

4 Hal dalam agama Hindu
Catur Bali
Bangsa Indonesia mengenal istilah 4 (empat) Pilar yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 45), Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika. 
 
Dalam Agama Hindu 4 (empat) adalah Catur / Cadu, dapat dikatakan Empat Pilar dalam Agama Hindu  atau Catur dalam Agama Hindu atau empat hal utama dalam Agama Hindu adalah sebagai berikut :

Catur Asrama, Empat (4) tahapan hidup manusia menurut Agama Hindu, yaitu :
  1. Brahmacari Asrama ; Masa menuntut ilmu pengetahuan
  2. Grihasta Asrama ; Masa hidup berumah tangga
  3. Wanaprastha Asrama ; Masa hidup mengasingkan diri di hutan untuk ketenangan lahir dan bathin, belajar ilmu agama. (disesuaikan dengan keadaan jaman)
  4. Biksuka / Sanyasin ; Masa hidup mengelana mengamalkan ilmu suci.
Catur Abhawa, Empat (4) macam ketiadaan, dapat diterangkan sebagai berikut :
  1. Pragabhawa ; Ketiadaan dari suatu benda sebelum benda itu diproduksi. Misalnya tidak ada periuk sebelum periuk itu diproduksi oleh tukang periuk.
  2. Dhwamsabhawa ; Ketiadaan setelah dihancurkan. Misalnya tidak akan ada periuk sesudah periuk itu dihancurkan, karena dalam pecahan itu tidak ada periuk.
  3. Athyantabhawa ; Selama-lamanya tidak terdapat sesuatu pada suatu benda baik dari dulu maupun pada waktu kini. Misalnya tidak terdapat warna pada udara atau udara tidak berwarna sejak dulu.
  4. Anyonyabhawa ; Perbedaan suatu benda antara benda-benda lain diantaranya kedua sifat tersebut tidak ada persamaan. Misalnya Guci dengan pakaian, Guci bukanlah pakaian itu bukanlah Guci.
Catur Arya Satyani, Empat kejujuran yang utama. Kalau kejujuran yang utama kita gunakan sebagai landasan menghayati sesuatu maka terdapatlah :
  1. Bahwa kesengsaraan itu memang ada
  2. Bahwa kesengsaraan itu ada sebabnya
  3. Bahwa kesengsaraan itu bisa dibuktikan
  4. Bahwa kesensaraan itu ada jalan untuk membuktikannya.
Catur Angga, 4 (empat) badan. Dimaksudkan ada empat macam sarana yang diperlukan dalam mencapau tujuan, yaitu :
  1. Bala ; Rakyat
  2. Koca (baca; Kosa) ; Perbekalan
  3. Wahanam ; Kendaraan / alat angkut
  4. Astra ; Senjata
Catur Bhojana, empat (4) macam makanan. Dalam Yadnya ada disebut empat macam makanan, yaitu :
  1. Ajuman ; Persembahan untuk para Dewa-Dewa.
  2. Sodaan ; Persembahan untuk para arwah
  3. Caru ; Persembahan untuk Bhuta dan Kala. Klik disini.
  4. Tarpana ; Persembahan untuk para Pitara
Catur Bhuta, Ada empat (4) unsur yang bersifat abstrak yang bisa mendatangkan kesulitan atau kebahagiaan, tergantung dari sikap kita. Ke empat hal itu adalah :
  1. Sang Drmbha Moha ; Ini berpengaruh dalam pembantaian (pejagalan)
  2. Sang Kala Ngandang ; Ini berpengaruh di jalan raya (marga agung)
  3. Sang Kala Katung ; Ini berpengaruh dalam pasar
  4. Sang Kala Wiyasa ; Ini berpengaruh dalam judian.
Catur Bekel Dumadi, Empat (4) macam bekal manusia sejak lahir yang tidak bisa dihindari, yaitu :
  1. Suka. Siapapun dalam hidup ini pasti menikmati rasa suka.
  2. Dukha. Demikian pula tak seorang pun terhindar dari rasa dukha.
  3. Lara. Bila orang sudah lanjut usia, dimana indriyanya sudah tak berfungsi dengan baik, sempurna, laralah / sengsaralah dia.
  4. Pati. Akhirnya manusia itu pasti akan mati.

Selasa, 05 November 2013

Selalulah Hidup dalam Kebahagiaan Jiwa

Kebahagiaan Jiwa 
Ketika engkau merasa senang adalah hari yang suci. Kasih adalah sifat Tuhan. Resapi kasihmu dengan prinsip ketuhanan. Penuhi hatimu dengan kasih untuk selama-lamanya. Kemudian setiap hari akan menjadi hari tahun baru bagimu.

Artikel Terkait Lainnya :
Apakah tahun baru ?. Perayaan tahun baru tidak terletak pada makanan payasam (bubur nasi manis) dan hidangan lezat lainnya. Ketika engkau dipenuhi kebahagiaan jiwa adalah hari tahun baru. Selalulah hidup dalam kebahagiaan jiwa. Bila engkau menghadapi kesulitan, singkirkan. Sebenarnya penderitaan dan kesulitan itu tidak benar-benar ada. Jadi mengapa engkau cemas ? Pupuklah sikap tidak terpengaruh. Dengan demikian engkau tidak akan menderita dan tidak cemas. Ingatkan dirimu sendiri, " Aku seorang manusia. Kesulitan dan penderitaan ini bukan milikku." Bila engkau meningkatkan ketidakterikatan pada tubuhmu, engkau tidak akan terpengaruh oleh penderitaan apapun.

Penyakit-penyakit ringan seperti sakit perut, sakit kepala, atau pegal-pegal itu wajar bagi badan. Mengapa engakau mencemaskan hal yang wajar ? Engkau menderita karena tertali melekat pada badan. Meskipun demikian, engkau harus mengurus badanmu sehingga engkau tidak tergantung pada orang lain. Engkau harus menyadari sifatmu yang sejati. Atur diet dan kebiasaanmu. Engkau mempunyai segala macam masalah karena keinginanmu terlalu banyak. Bila engkau makan terlalu banyak, engkau akan menderita gangguan pencernaan. Karena itu kendalikan seleramu. Makanlah secara ugahari dan jaga kesehatanmu. Itulah yang selalu Kunasehatkan kepada anak-anak.

Bangunlah dini hari waktu ayam berkokok
Mandilah setelah membersihkan diri di pagi hari
Kenakan pakaian yang sopan
Makan sebagaimana mestinya dengan ugahari
Pergilah ke sekolah dan belajarlah dengan rajin
Dapatkan nama yang baik


(Puisi bahasa Telugu)
Usahakan agar kesehatanmu baik, pupuk berbagai kebiasaan yang baik. Jaga agar sikap serta tingkah lakumu baik, dan dapatkan nama yang baik. Bila engkau mempunyai semua ini, engkau tidak akan membutuhkan apapun lainnya dalam hidupmu. Selalulah hidup dalam kebahagiaan jiwa. 

Sumber bacaan buku Kesehatan dan Meditasi Matahari Terbit (tingkat lanjut) oleg Gede Arsa Dana. (RANBB)

Sabtu, 02 November 2013

Topeng Monyet Tidak Lagi Hibur Jakarta.

Topeng monyet di jakarta
Topeng Monyet
Monyet Mengucapkan Terima Kasih Kepada Jokowi.

Sebentar lagi masyarakat Jakarta, baik yang tinggal di pemukiman maupun pengguna jalan, tidak akan melihat atraksi topeng monyet. Atraksi sirkus dari monyet yang dipawangi oleh seorang itu menampilkan adegan monyet naik sepeda motor, main reog, membawa bedil, atau membawa ember. Dengan diiringi musik tradisional atau langsung dari tape, monyet itu melenggang lenggong jalan ke sana dan kemari.

Sirkus itu dipertontonkan di gang-gang pemukiman atau perempatan dan pertigaan jalan. Suguhan itu tidak gratis namun orang yang merasa menonton diharapkan memberi uang seikhlasnya. Dari uang yang dikumpulkan selama pertunjukkan itulah pawang topeng monyet dan monyetnya mendapat penghidupan. Sehari mereka bisa mendapat antara Rp40.000 hingga Rp80.000.

Masyarakat Jakarta sebentar lagi tidak bisa menonton pertunjukkan itu sebab Pemerintah Jakarta melarang topeng monyet, bebas topeng monyet tahun 2014, karena sirkus itu dirasa tidak berperikemanusiaan di mana ada kesan menyakiti binatang. Menyakiti binatang memang benar adanya sebab dalam sebuah unggahan youtube divisualkan bagaimana untuk menjadikan monyet bisa berjalan tegak dan mau melaksanakan perintah sang pawang, monyet itu diikat tangannya dan digantung lebih dahulu. Dari unggahan youtube itulah yang membuat keprihatinan banyak pihak sehingga memicu pelarangan topeng  monyet.

Tak hanya faktor penyiksaan terhadap monyet yang membuat pertunjukkan itu diharamkan namun juga alasan monyet sebagai sumber penyebaran penyakit rabies dan hepatitis maka semakin kuatlah aturan agar topeng monyet jangan berkeliaran di mana-mana.

Aturan yang dikeluarkan Gubernur Jokowi itu bukan main-main. Razia kepada topeng monyet sudah digelar. Tentunya Satpol PP Jakarta harus bekerja keras sebab jumlah topeng monyet itu tidak sedikit. Bila anda sering melintasi jalan di Jakarta, anda bisa menemukan topeng monyet di pertigaan atau perempatan jalan besar, seperti perempatan Jl. Matraman dan perempatan Jl. Imam Bonjol.

Dalam setiap penggusuran harus kita akui Jokowi orangnya berperikemanusiaan. Artinya ia tidak menggusur begitu saja namun juga memberikan tempat gantinya. Seperti penggusuran pemukiman penduduk di Waduk Pluit, Ria Rio, dan berbagai tempat lainnya, warga diberi tempat pemukiman di Rusun Marunda atau Cakung. Dalam hal topeng monyet ini, disebut Jokowi akan membeli monyetnya dan monyet itu akan ditempatkan di Taman Marga Satwa Ragunan, Jakarta.


Lalu pawangnya bagaimana? Nah itu mungkin belum dibahas. Kalau kita lihat, pawang topeng monyet adalah pekerjaan yang turun temurun, dari orangtuanya atau kakeknya. Menjadi pawang topeng monyet bisa jadi merupakan sebuah kebiasaan di sebuah daerah. Ada sebuah daerah di mana rata-rata penduduknya menjadi pawang topeng monyet. Para pawang topeng monyet itu tentu saat ditanya mengapa dirinya memilih pekerjaan yang demikian, mereka akan menjawab tidak ada pekerjaan yang lain dan sudah menjadi tradisi di lingkungannya.

Biasanya mereka pawang topeng monyet berasal dari daerah-daerah yang minus atau dari kalangan yang tak mempunyai apa-apa (miskin). Kalau meski mereka memiliki lahan mereka enggan menggarapnya sebab hasilnya tak sepadan dengan tenaga yang dikeluarkan. Hal demikian semakin parah ketika mereka enggan untuk bersekolah. Perpaduan itulah yang menimbulkan mereka pada terbatasnya pikiran. Penulis sering menjumpai rombongan topeng monyet dalam usia yang relatif masih muda. Kalau kita lihat sepertinya mereka lulusan sekolah dasar atau SMP tidak tamat.

Maka di sinilah pemerintah daerah khususnya yang penduduknya banyak bekerja menjadi pawang topeng monyet untuk meningkatkan taraf kualitas penduduknya. Masyarakatnya harus didorong untuk bersekolah. Pemerintah daerahnya juga harus kreatif menciptakan lapangan pekerjaan yang tepat dan berperikemanusiaan buat mereka. Maka di sini perlunya sinergisitas antar kementerian dan institusi untuk mengentaskan berbagai problem kemiskinan dan kebodohan. Bila kebodohan dan kemiskinan bisa dientaskan maka masyarakat akan memilih dan bekerja pada sektor yang lebih manusiawi, baik kepada dirinya atau makhluk lainnya.

Tak hanya pawang yang perlu diperhatikan oleh pemerintah. Sang monyet pun juga harus mendapat perhatian yang sama. Selama ini sudah banyak kawasan habitat monyet yang beralih fungsi menjadi tempat perumahan, perkebunan, tempat industri, atau sarana manusia lainnya. Bila habitat itu sudah beralih fungsi maka membuat monyet kebingungan. Mereka ada yang melakukan migrasi ke hutan lainnya atau menyerbu dan masuk ke rumah-rumah penduduk. Di sinilah terjadi konflik antara manusia dan monyet.

Para monyet itu tidak hanya kehilangan tempat tinggal aslinya namun mereka juga kesulitan mencari makan. Dari susahnya mencari makan inilah membuat para monyet memilih ‘mencari pekerjaan’ kepada manusia agar bisa tetap hidup. Para monyet itu berpikir nggak papa deh ditonton manusia untuk berjoget atau beradegan pergi ke pasar asal dirinya bisa makan. Para monyet itu tidak akan berpikir pulang kampung sebab kampungnya sekarang sudah menjadi tempat pemukiman, perkebunan, atau tempat industri.

Kesimpulannya, apa yang dilakukan oleh Jokowi untuk membebaskan daerahnya dari topeng monyet adalah tindakan yang manusiawi namun akan lebih manusiawi bila pawang topeng monyet diberdayakan dalam segi pendidikan dan pekerjaan. Dan para monyet itu juga akan berterima kasih kepada Jokowi bila Jokowi mengingatkan kepada pemerintah dan swasta agar kawasan habitat monyet tidak dialihfungsikan. Hilangnya habitat monyet membuat para monyet mencari ‘pekerjaan’ kepada manusia untuk bersirkus dalam topeng monyet.

Dari artikel Sahabat Ardi Winangun @ http://kompasiana.com

Selasa, 29 Oktober 2013

6 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Blog Anda

broken link
FREE Broken Link Checker
Untuk pertama kalinya Rare Angon posting sesuatu yang berhubungan dengan dunia blog. Selama ini Rare Angon 'sibuk' dengan artikel keagamaan, budaya, sosial, masyarakat Bali, dan tentang Bali lainnya. He he ... tidak apalah namanya juga nge-blog berbagi sesuai dengan hobby kita masing-masing.


Tentunya bagi Blogger yang sangat senang dengan SEO, posting tentang Search Engine Optimization pasti pula telah mengetahui berbagai teknik untuk meningkatkan SEO tersebut adalah : Ada yang 
  1. Blogwalking, 
  2. Update Artikel, 
  3. Metatag, 
  4. Submit Link,  
  5. Tukar LINK 
  6. Broken LInk Checker


dan lain sebagainya. Selama ini Rare Angon telah pula mengikuti semua 'arahan' dari artikel-artikel SEO tersebut. Menjaga Kesehatan Blog sangat penting dalam dunia blogger, agar SEO dalam blog semakin bagus, harapan kita nge-blog semakin menjadi kenyataan. Salah satu yang dapat menyebabkan SEO kita tidak bagus karena adanya Broken LINK atau LINK MATI dalam artikel atau dalam konten blog kita. Untuk mengetahui adanya LINK MATI dalam blog dapat menggunakan layanan gratis dari Broken LINK Checker.

Dengan Free Broken Link Checker ini kita dapat mengetahui Broken Link atau LINK MATI pada blog kita, selain itu program ini juga menunjukan lokasi letak link tersebut. Misalnya LINK MATI ada pada komentar-komentar. Broken LINK checker ini sangat mudah dipergunakan oleh Blogger, hanya menuliskan URL blog kita, setelah itu akan di scan dan secara otomatis ditunjukkan kerusakan, kesalahan, ataupun Link yang tidak bagus atau LINK MATI dalam blog kita. Sangat mudah. Namun membutuhkan kesabaran untuk menunggu hingga scan selesai. Setelah itu LINK MATI atau broken link dalam blog harus segera kita hapus.

Banyak link yang menjadi LINK MATI dalam blog kita disebabkan karena blog yang bersangkutan telah ditutup, atau blogger tersebut tidak aktif (berhenti), atau sengaja memasang LINK MATI ... wah kalo yang ini kebangetan ...

Inilah hal yang Rare Angon kerjakan untuk menjaga kesehatan Blog selain hal-hal diatas, yaitu mengetahui Broken Link dalam blog kita. Tidak harus setiap hari atau setiap minggu, namun cukup secara periodik dengan waktu diserahkan ke masing-masing admin Blog. 

Dengan program online dari Free Broken Link Checker atau Online URL Validator.  
Silakan Klik disini.