Rare Bali Anak Bali Belog Ngiring Ngajegang Bali dengan berbahasa Bali sane becik, senang ring Tembang Bali tur sekancan
sastra lan Budaya Bali sane sampun kaloktah ring jagate mangda sumingkin jangkep tur paripurna #Bahasabali #AjegBudayaBali #RareBali
Umat Hindu Melasti di Serang. Hari ini, Sabtu 29 Maret 2014, Umat Hindu propinsi Banten yang terdiri dari Banjar Ciledug, Banjar Tangerang, Banjar Tangerang Selatan, Banjar Rempoa, dan Banjar Tigarakasa melaksanakan upacara Melasti di Serang Banten, tepatnya di Pantai Salira. Pantai Salira yang dahulu merupakan primadona pariwisata pantai di propinsi Banten, kini telah berubah menjadi PLTU. Upacara Melastiberkaitannya dengan Hari Raya Nyepi tahun Saka 1936 yang akan jatuh pada tanggal 31 Maret 2014.
Besok, Minggu 30 Maret 2014, Umat Hindu kembali melaksanakan rangkaian hari raya Nyepi saka 1936 yaitu pelaksanaan Tawur Agung di pelataran parkir Pura Eka Wira Anantha Serang. Berikut foto-foto kegiatan Melasti di Serang Banten. Umat Hindu telah dengan khusuk dan lancar melaksanakan upacara Melasti ini.Antusias warga sekitar dengan kedatangan Umat Hindu sangat besar, tak terhitung warga mendadak berjualan, air mineral, makanan mie gelas, penyewaan tikar, es kelapa muda, dan lain sebagainya. Demikian pula harapan dari beberapa warga agar kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali tahun depan.
Melasti Umat Hindu
Manggala Upacara
Melasti Banjar Ciledug
Pantai Salira
Sisa-sisa keindahan Pantai Salira masih terlihat dari bangunan tempat wisata seperti bungalow, hotel, penginapan dan tentunya nyiur melambai. Silakan lihat foto-foto Pantai Salira lainnya.(RANBB)
WENTEN katuturan satua mebasa bali Ida Sang Prabhu nyakrawerti panegara Gilingwesi. Pesengan Idane sampun kaloktah ring jagate inggih punika Prabhu Watugunung. Ida Sang Prabhu Watugunung medue istri kalih. Makekalih prameswarin Idane punika dahating ayu angayang-ayang, tan wenten nyamen pada ring jagatpadane rawuhing ke suarga loka.
Kadirasayang para widiadarine ring suarga kasor olih kelistuayuan idane. Sane kapertama mapesengan Dewi Sinta, sane kaping kalih mapesengan Dewi Landep. Ida Sang Prabhu Watugunung wiakti wibuhing bala tur dahating mawisesa. Wadua kalih parajanane ring wewidangan Gilingwesi dahating sumuyug bakti. Ida Sang Prabhu Watugunung medue putra 27 (duang dasa pitu) diri, semalihe makasami luwih-luwih. Pesengan putrane sami inggih punika : Ukir, Kulantir, Tolu, Gumbreg, Wariga, Warigadian (Warigalit), Julungwangi, Sungsang, Dunggulan, Kuningan, Langkir, Medangsia, Pujut (Julungpujut), Pahang, Krulut (Keruwelut), Merakih, Tambir, Medangkungan, Matal, Uye, Menail, Prangbakat, Bala, Ugu, Wayang, Kelawu, miwah Dukut. Makasami putrane punika embas mabiang asiki inggih punika Dewi Sinta.
Satua Mebasa Bali kalanturang, Kacarita sane mangkin risedek sada kala, wiyakti nenten keni antuk ngawilangan. Napi minab sane kirang, penangkan kawone rawuh. Panegara Gilingwesi kadurmanggalan lan kewisianan. Para waduane sami kasengsaran, belabar agung nyabran rahina magejeran nenten papegatan. Sasihe sampun nyalah masa, panese ngentak-entak, yadiastun sampun masaning sabeh. Kasuen-suen jagat Gilingwesi nyangsan sayah. Asing kangtinandur nenten wenten mupu, asing katumbus sarwa mael.
SapenegaraGilingwesikabiaparan, duk punika, katah pisan cihna lan ceciren kawone. Bintang kukusan nyenter nyantos das rahina ring ambarane kelod kauh. Bintang Mars nembenin nyenter utawi medal sekadi nunas taksun jagat. Satua Mebasa Bali siosan, Klik Iriki.
Satua mebasa bali jagi kalanturang titiang, Ida Sang Prabhu Watugunung wiakti kepuhan pikayunane ngaksi panjak idane kasengsaran. Nganinin parindikan punika raris Ida Sang Prabhu Watugunung mikayunin saha migumang ring bale paseban sareng para pepatih kalih bahudanda Tanda Mantrisami. Kacihnayang panegara Gilingwesi uug, janten teler keprabonan Ida Sang Prabhu Watugunung pacang runtuh. Riwus pasebane puput, Ida Sang Prabhu Watugunung wiakti nenten prasida ngamolihang winaya sane becik. Duaning asapunika raris Ida Sang Prabhu Watugunung ngenikain pramesuarine, Ida Dewi Sinta. Ida Sang Prabhu Watugunung mapikayun pacang nglilayang pikayun sareng sabine ring bale-balean sampun kacesmawisang. Maledang-ledang muponin karasmin.Dewi Sinta nenten purun tulak, ngaturangayah satya brata alaka rabi. Sapunika taler Dewi Landep, nenten purun tulak. Epot ngaturang ayah ring Ida Sang Prabhu Watugunung.
Ritatkala Ida Sang Prabhu Watugunung makolem ring bale-balean, gelung kaprabone sampun kagenahang. Duk punika Ida Dewi Sinta polih nyaksinin prabun Ida Sang Prabhu. Pramangkin makesiyab Ida Dewi Sinta duaning wenten kanin rahat pisan lan kantun biketnyane. Riantukan kawentenane asapunika, Ida Dewi Sinta murunang raga mapitaken, "Napi sane ngawinang prabhun I Ratu biket sekadi asapunika ?" Ida Sang Prabhu Watugunung parama ledang nyawis lan nguningayang saparindikan Idane. Kabaos, sadaweg Ida Sang Prabhu Watugunung kantun alit, Ida wantah anak alit sane kalintang kual. Sangkaning kakualan Idane punika, sadaweg biang Idane ngledokang titisan antuk siut, santukan biange kepuhan antuk panes turmaning raris Ida Sang Prabhu Watugunung alit mecara, kandugi biange duka. Ida Sang Prabhu Watugunung raris prabune kagetok antuk muncuk siut ajengane. Kandugi ngamedalang rah akueh. Riantukan asapunika, anake alit raris salit asa, raris matilar, nilarin genah biange, Ngutang-ngutang lampah sapara-paran lakune.
Ri wawu asapunika Ida Sang Prabhu Watugunung macarita, dahating tengkejut Dewi Sinta mirengang daging ceritan Ida Sang Prabhu Watugunung. Blegbegan engsek pikayune abosbos. Raris Dewi Sinta eling ring kawentenan duke sane riin, wiakti Dewi Sinta polih sahasa ngetok prabhun okane antuk siut turmaning okane ical nenten prasida katutan rauh mangkin. Indike punika manut pisang sekadi sane kacritayang olih Ida Sang Prabhu Watugunung. Rasa sedih tan amat-amat, agung dosan tan sinipi, yening kapikayun-kayunin nyangsan-nyangsan nuke ulun angen. Mariselsel raga, dados anak istri kanggen rabi antuk ianak. Nganinin parindikane punika, raris Dewi Sinta ngincikang naya upaya, mangda prasida mapalasang tur nenten malih kawawa dados istrin Ida Sang Prabhu Watugunung.
Santukan Ida Sang Prabhu Watugunung miarsayang kawentenane sekadi sepi abosbos, punika mawinan Ida mataken, "Adi-ade Dewi Sinta mas jiwatman beline anake buka I dewa, napi sane mawinan I dewa meneng."
Ida Dewi Sinta nenten kirang nyawis petaken Ida Sang Prabhu Watugunung. Kawiaktin ipun sane wenten ring pikayunan Ida nenten sios Ida wiakti angob ring kaagungan kalih kawisesan Ida Sang Prabhu Watugunung. Sakewanten sekadi atur Ida Dewi SInta, Ida Sang Prabhu Watugunung yadiastun wirya sakti, durung prasida ngesorang suargane tur durung molihang rabi widiadari saking suargan. Manut ring pikayun Ida Dewi Sinta, yening Ida Sang Prabhu Watugunung madik widiadari saking suargan, janten pacang wenten yudha, Ida Sang Prabhu Watugunung pacang kaon, tur pastika sampun Ida Sang Prabhu Watugunung sane ngawawa raganidane pacang newata. Punika anggen Ida jalaran mamasahang sareng Ida Sang Prabhu Watugunung.
Wawu mirengang atur Dewi Sinta sekadi asapunika, raris Ida Sang Prabhu Watugunung pisereng kayune pacang ngalap istri widiadari ring suarga. Ida raris nitahang para pepatih, punggawa, bala prajurit sami mangda digelis metaki-taki pacang memadik utawi yan nenten karsa lan kaicen pacang kagebug Suralayane punika.
Ring Suralaya, Ida Batara Siwa riwau uning indik Ida Sang Prabhu Watugunung pacang ngebug suargane, raris ngawentenang peparuman, tur mastikayang wiweka sane kagelarang anggen ngasorang Prabhu Watugunung rikala nincap nglurug suargan. Para dewata akehan sane nenten rumasa prasida ngarepin patangkep kaling kawisesan Prabhu Watugunung, yening nenten Ida Sang Hyang Wisnu arepang. Satua mebasa bali punikia lanturang titiang, Antuk punika daging paringkes bebaosanne ring Suralaya, Ida Batara Siwa ngutus Sang Hyang Narada nangkilin Ida Batara Wisnu, turmaning Ida Batara Wisnu sumanggup. Ritatkala rahina Redite Kliwon wuku Watugunung Batara Wisnu mapamit saking kadewataan, kairing olih pra wadua prajurit Idane ngarepang yudha, magpag sepengrawuh Prabhu Watugunung. Wiakti Sang manggalaning yudha kalih sampun mapadu ajeng ring palagan. Santukan rumasa Sang Prabhu Watugunung nenten prasida ngasorang Batara Wisnu , punika sane mawinan Sang Prabhu Watugunung nunas mangdane yudha ring palagan kaurungan, lan kagentosin antuk yudha utama sastra paraga, mapalemah antuk nebusin cecimpedan. Yening singgih Batara Wisnu prasida nebag, Sang Prabhu Watugunung ngangken kaon tur misadia kasedayang, asapunika taler, yening Batara Wisnu nenten prasida nebag daging cecimpedan Sang Prabhu Watugunung, para dewata ring Suralaya patut pranata tur nyukserahang widiadari makasami pacang kanggen rabi oleh Sang Prabhu Watugunung.
Ida Batara Wisnu sang sampun dibia caksu, uning ring kahanan atika, wartamana, nagata, punapi malih wantah marupa tebag-tebagan, wiakti kengin nagingin pinunas Prabhu Watugunung. Riantukan asapunika, kadi kadropon Sang Prabhu Watugunung ngamedalang cecimpedan sekadi puniki :" Wenten punyan-punyanan alit turmaning lemet sakewanten mawoh mageng, sakewanten taler wenten punyan-punyanne mageng mawoh alit, napike punika ?"
Cecimpedan punika digelis raris kacawis olih Ida Bhatara Wisnu, sekadi rumasa tan kahanan pikewuh. Sane kebaos punyan-punyanan malit tur lemet inggih punika wit sumangka. Samaliha punyan-punyanan mageng mabuah malit boya wenten sios wit bingin. Santukan sampun tiling panyawis Ida Batara Wisnu, Sang Prabhu Watugunung winaluya togog lolohin nenten prasida ngandika, rumasa ring raga sampun kaon. Ida Batara Wisnu sahasa ngejuk lan nakep Sang Prabhu Watugunung turmaning kabayang-bayang lan kapantig-pantigang raris ring rahina Soma Umanis Sang Prabhu Watugunung seda. Rahina sedan Sang Prabhu Watugunung kawastanin Sandung Watang.
Benjang semengne rahina Anggara Paing, layon Sang Prabhu Watugunung kapaid-paid olih Dewa Lumanglang, duaning asapunika rahina inucap kawastanin rahina paid-paidan. Ring rahina Budha Pon rauh Sang Buda, Prabhu Watugunung kauripan, sakewanten wantah kadauh santukan kasedayang malih olih Ida Batara Wisnu. Rikala rahina Sukra Kliwon, Ida Batara Siwa uning ring sedan Ida Sang Prabhu Watugunung, raris kauripang. Ri ayate Ida Batara Wisnu jagi nyedayang Prabhu Watugunung, raris katambakin olih Ida Batara Siwa. Nenten kalugra malih kasedayang.
"Uduh ceing Sang Hyang Wisnu, ede buin cening niwakang danda pati, apang ada kanggon satua di mercepada !", asapunika pangandika Ida Batara Siwa. "Singgih Ratu Batara panguluning dewata. Prabhu Watugunung wiakti agung dosan ipune. Meme anggenipun kurenan. Boyake punika pratiwimba kaon ?" Batara Wisnu sekadi purun nulak baos Ida Batara Siwa. "Uduh beneh.... beneh cara atur ceninge, Bapa negesang ane jani. Buin pidan je, tusing pesan dadi pianak nganten ngajak rerame. Ila-ila dahat, apaan ento ngeletehin gumi, memurug sesana panumadian !", teges pangandikan Ida Batara Siwa.
Satua Mebasa Bali selanturnyane, Bhatara Wisnu kandugi mastu Sang Prabhu Watugunung ; "Ih iba Watugunung, baan gede dosan ibane, nira wastu iba. Jaksumat, apang ngenem bulan iba ulung. " . Prabhu Watugunung pramania raris matur, " SInggih Ratu Batara titiang ngiring wacana druene. Yening dados titiang mangda ulung ring segara, mangdane jagate panes, punika ngawinan titiang nenten kadinginan. Pradene titiang labuh ring lemah sane tuh utawi pategalan, mangde wenten sabeh ring jagate, punika ngawinan titiang nenten kepanesan ."
Pinunas Prabhu Watugunung kadagingin. Panumayane punika sane ngawinan satunggil ngenem sasih Sang Watugunung runtuh, taler ngawinan watek wukune urip sami para Dewata somia. Batara Siwa kerta nugraha, wukune sami kaurip nyabran rahina redite. Ngawit saking rahina redite wenten pawilangan wuku tigang dasa. Sangkaning pinunas Sang Hyang Narada majeng ring Batara Siwa, raris Batara Wisnu kapanikayang mangda tedun ngupapira jagate saha daging ipun. Napi malih rikalaning jagate pacang ngamungguhang pralaya, mangdane Batara Wisnu tedun ngawatara, ngeraksa jagate sami. Punika sane mawinan jagate saha daging ipun mawali becik sekadi kawiaktinyane sane sampun-sampun. Arsan Batara sane katinutin, Sang Hyang Siwa sane ngawinan punika sami.
Asapunika Satua Mebasa Bali niki, Nganinin daging caritane ring baduur raris tedun Ida Sang Hyang Widhi Wasa sane maprabawa Ida Sang Hyang Aji Saraswati mapaica sunar suci lan pangeweruh ring manusane, majalaran antuk waranugraha punika kinapti pisan I manusa ring marcapada eling ring raga, tur prasida matiti laksana sane becik.
Seorang Kawi-wikuDang Hyang Nirartha dalam karyanya Kakawin Nirartha Prakreta menyusun kalimat yang memikat perhatian kita : ri heneng ikanang ambek tibralit mahening aho / lengit atisaya sunya jnanaanasraya wekasan / swayeng umibeki tan ring rat mwang deha tuduhana / ri pangawakira sang hyang tattwadhyatmika ketemu // " Ketika hati telah tenang (heneng) menjadi halus, suci (hening) dan cemerlang / sunyi dan sunya, akhirnya tercapailah alam kesadaran dan kebebasan rohani / lalu terasa meliputi seluruh jagat, tidak diketahui dari mana asal perasaan itu / alhirnya ditemuilah Dia yang disebut Sang Hyang Tattwa-dhyatmika, Sang Realitas Tertinggi //
Heneng dan Hening, tenang dan suci, kata-kata sarat makna bagi para pendamba alam Sunya, alam sunyi, sepi. Namun sepi disini tidak berkmakna kosong, tetapi "sempurna". Itulah sebabnya simbol purna adalah O, bulan purnama adalah bulan sempurna di langit.
Ketika bulan purnama di langit, ketika hati suci nirmala, kita memuja Sang Hyang Tattwadhyatmika, Jiwa Sarwa Sekalian Alam : " Bayangan bulan ada dalam tempayan yang berisi air / pada setiap air yang suci nirmala berisi bayangan bulan / demikian Engkau pada setiap mahluk / pada setiap yang melaksanakan yoga Engkau menampakkan diri //" Demikian pernyataan sang pertapa Arjuna lewat sembah yang ditujukannya kepada Hyang Siwa. Dan yoga adalah jalan untuk "bersatu" dengan -Nya, sekaligus jalan kesucian dan kecemerlangan.
Pada air yang heneng dan hening terdapat bayangan bulan, tetapi juga cahaya yang bersinar cemerlang. Kakawin Nirartha Prakreta lebih lanjut menjelaskan, yang diumpamakan sebagai air itu tiada lain adalah alam fikiran manusia, perasaan dan fikiran manusia sendiri. " Tri mala malilang ing cittangde suddha sada / lara pati puteking twas ndin sandehan ika kabeh / gesengi manahirapan rudratma sakala wibhuh // Tri-mala (tiga kekotoran) menjadi tersucikan, sehingga pikiran senantiasa suci / sakit dan derita karena fikiran kotor menjadi hilang semuanya / terbakar oleh kekuatan "indra" yang ada dalam dirinya "
Puteking hati, hati yang kotor penyebab terjadinya derita, telah hilang, lalu tercapailah "keheningan", sesuatu yang dicita-citakan oleh mereka yang mengetahui bahwa hakikat yang ada ini adalah "kesucian" (Suddha).
Mpu Yogiswara dalam karyanya Kakawin Ramayana malah menyatakan bahwa memang ada "ilmu rokhani" yang disebut "Aji ning hening". Setelah secara simbolik beliau menceritakan tentang berbagai "aliran kerokhanian" lewat tokoh-tokoh burung, beliau menulis : Kimutang mahatma tapa-tapa cutul / suci cetta-cetta ucapan ring aji / aji ning hening hana heneng ginego / apawarga margga mapageh gineneng / Terlebih lagi bagi mereka yang berjiwa besar dan sudah berusia lanjut sengaja menyiapkan diri untuk bertapa / berhati suci dan menghayati ajaran agama / melaksanakan ilmu kesucian (aji ning hening) dan berjiwa tenang (heneng) / dengan tetap hati melaksanakan ajaran menuju alam kesucian itu / "
Demikianlah heneng dan hening, kata yang sangat berkesan di hati kita, kata yang memiliki makna yang mengalir dari ajaran kerokhanian. Heneng dan Hening bagi para kawi bukan sekedar "permainan" kata (alamkara), tetapi benar-benar mengandung nilai-nilai yang padu : ketika hati telah heneng dan hening, maka terpancarlah kecemerlangan. Dia yang memiliki hati yang heneng dan hening, adalah juga memiliki pandangan yang jelas dan jernih ke masa lalu dan masa datang. Sumber bacaan buku Wija Kasawur 2 Ki Nirdon.
Selamat hari Raya Nyepi Saka 1936, mari heneng dan hening selalu umat Hindu di seluruh Indonesia. (RANBB)
PULANG ke Bali untuk membeli buku-buku tentang Bali, budaya Bali, agama Hindu dan kehidupan masyarakat Bali yang sedang terjadi dewasa ini. Apalagi yang kita bisa kerjakan saat-saat mengerjakan pekerjaan utama sebagai penyedia jasa 3d, Klik disini Portofolio 3d, terutama saat proses rendering, kecuali membaca. Bukan sok menjadi seorang sastrawan atau menjadi budayawan dengan membaca, tetapi semata-mata untuk menambah pengetahuan, meningkatkan keyakinan, serta meningkatkan spiritualitas kita sebagai umat Hindu.
Terkadang orang berpikir membaca harus menyediakan tempat atau membutuhkan waktu khusus. Membaca harus yang berat-berat dan membaca bukan hal yang sangat mendesak. Bagi Rare Angon Nak Bali Belog, membaca merupakan kegiatan yang mengasikkan, dapat dikerjakan atau dilaksanakan kapan saja, dimana saja. Menunggu di terminal keberangkatan, di saat duduk minum kopi, bahkan di perjalannan dalam bis kota. Membaca pun bukan harus yang berat-berat (sastra kekawin dll), namun cukup yang ringan-ringan saja, yang mudah dipahami. Lihat vidio saat pendaratan pesawat Citilink yang tiang ambil dari dalam pesawat.
Kemarin pulang ke Bali menjadi kesempatan emas untuk menambah buku-buku tentang Bali, budaya Bali, agama Hindu ataupun ajaran-ajaran Dharma, untuk menambah koleksi buku-buku yang telah Rare Angon Nak Bali Belog miliki. Selain itu juga membeli VCD wayang Cenk Blonk terbaru dengan judul Anoman ke Suargan. Mendengarkan Wayang Cenk Blonk klik disini. Adapun buku yang kemarin telah menjadi koleksi baru diantaranya :
Membaca itu menyenangkan, membaca bukan untuk dihafalkan atau diingat seperti mau ujian, tetapi diresapi hal-hal utama dari buku tersebut. Membaca tidak musti berlembar-lembar atau habis dalam sehari satu buku, tetapi bagi Rare Angon Nak Bali Belog cukup satu dua lembar saya, atau satu bab saja, karena akan menggugah keinginan kita untuk melanjutkannya di kemudian hari. Selamat membaca. (RANBB)
Semoga kita memperoleh kecmerlangan intelek melalui belajar
Semoga kita selalu dijauhkan dari saling salah pengertian
Semoga damai, damai,damai
Mantra Kesehatan
Guna melakukan tugas kewajiban secara wajar, manusia perlu memiliki badan dan pikiran yang sehat. Karenanya ia perlu mencari anugerah Sri Dhanvantari, dokternya para dokter, sebagai avatara Wisnu. Mantra ini diucapkan secara verbal kemudian secara mental, tiga kali.
Daksine hasta calana vibhutim
Vame bhakta lekha lasatkaram
Ayurarogya dhataram
Sri Dhanvantarim upasmahe
Artinya : Kami merenungkan Sad Guru yang pada tangan kiri-Nya menggenggam seberkas aksara yang terkumpul dari para bhakta yang mencari anugerah Tuhannya untuk menyembuhkan penyakit badan, pikiran, intelek dan egonya; dan pada saat yang sama menciptakan vibhuti (abu suci) hanya dengan melambaikan telapak tangan kanan-Nya yang kosong dan membagikan kepada yang membutuhkan dan yang menderita. Semoga Sri Dhanvantari memberi kami kesehatan dan umur panjang. Sumber bacaan buku Kesehatan dan Meditasi Matahari Terbit (tingkat lanjut) oleh Gede Arsa Dana. (RANBB)
HINDU sebagai sebuah agama telah terbukti mampu bertahan selama ribuan tahun. Hal ini tak terlepas dari ajaran Hindu yang universal dan begitu genius dalam membangun budaya lokal dimana agama Hindu ini berkembang. Setelah Artikel Panca Dalam Agama Hindu dan Catur (4) Dalam Agama Hindu, pada kesempatan ini Rare Angon Nak Bali Belog akan berbagi tentang Tri (3) istilah dalam Agama Hindu. Semoga Bermanfaat.
Tri Aksara ; Huruf suci Agama Hindu, masing-masing berbunyi, Ang : Brahma, Ung : Wisnu, Mang : Ciwa.
Tri Agni : Tiga macam api ditinjau dari fungsinya, yaitu :
Ahawaniyagni : Api untuk memasak di dapur.
Grahaspatyagni : Api yang dipergunakan upacara perkawinan sebagai saksi.
Citagni atau Daksinagni : Api yang dipergunakan untuk membakar mayat.
Tri Antah Karana ; Tiga unsur penyebab yang mempengaruhi diri kita, yaitu, Manas : Alam pikiran, Budhi : Kebijaksanaan, Ahangkara : Keangkuhan atau egois.
Tri Antah Karana ; Ada tiga sumber yang ada dalam dimana Brahma atau Tuhan menciptakan:
Tri pramana : Bayu, Sabda, Idep,
Tri Purush : Parama Ciwa, Sada Ciwa, Ciwa,
Tri Yantah Karana : Manah, Budhi, Ahangkara,
Tri Guna : Sattwam, Rajah, Tamah,
Sanghyang Tri Windu : Sakala, Niskala, Suniata,
Sanghyang Dapur Tiga : Surya, Candra Lintang, Tranggana.
Tri Bhoga ; Tiga macam kebutuhan hidup, yaitu :
Bhoga : Pemenuhan kebutuhan makan dan minum.
Upa Bhoga : Pemenuhan akan kebutuhan sandang (pakaian).
Pari Bhoga : Pemenuhan akan kebutuhan rumah tangga dan perabot-perabotannya.
Tri Capala : Tiga macam kedurhakaan, seperti :
Wak Capala : Durhaka kepada orang tua dengan mempergunakan kata-kata, seperti memaki, mencaci dan sebagainya.
Hasta Capala : Durhaka kepada orang tua dengan mempergunakan tangan, misalnya memukul, menampar dan lain sebagainya.
Pada Capala : Durhaka kepada orang tua dengan mempergunakan kaki, misalnya menyepak, menendang, nanjung aji batis, dan sebagainya.
Tri Danti : Tiga pengekangan diri.
Manah : Pikiran harus dikendalikan agar tidak menyimpang dari Dharma.
Wak : Kata-kata hendaknya selalu sopan santun dan berlandaskan kebenaran.
Kaya : Perbuatan. Segala tindak tanduk menyenangkan orang lain, karena bersumber pada hukum dan atauran Negara maupun Agama Hindu.
Tri Datu Catur : Jalinan benang tiga warna, merah, putih, hitam dipergunakan untuk mengikat daun dadap, ujung pohon dadap, padang lepas masing-masing 3 buah yang terdapat di amel-amel, yaitu bagian dari upakara Byakaonan.
Trayo Dasa Saksi : Ada tiga belas saksi yang mengikuti segala gerak langkah kita, sehingga tidak mudah untuk berbohong terhadap Sang Hyang Widhi, yaitu :
Aditya : Surya (matahari)
Candra : Sasi (bulan)
Anila : Bayu (angin)
Agni : Api
Pretiwi : Tanah
Apas : Toya (air)
Akasa : Langit
Atma : Sang Hyang Dharma
Yama : Sabda (suara)
Ahas : Rahina (siang)
Ratri : Wengi (malam)
Sandhya : Senja (sore)
Dwaya : Semeng (pagi)
Tri Guru : Tiga guru. Dalam hal ini dimaksudkan ada tiga komponen selaku pendidik, yaitu :
Guru Rupaka : Orang tua (ayah dan ibu).
Guru Pengajian : Para pendidik atau guru disekolah.
Guru Wisesa : Pemerintah.
Tri Guna : Tiga dasar sifat manusia, ialah :
Sattwam : Adil dan bijaksana.
Rajah : Aktif dan dinamis.
Tamah : Malas dan lamban.
Tri Hita Karana : Tiga sumber yang mendatangkan keselamatan atau kebaikan, yaitu :
Parahyangan : Tempat Suci.
Palemahan : Wilayah.
Pawongan : Penduduk.
Tri Kaya Parisudha : Tiga gerak atau perbuatan yang suci, ialah :
Manacika : Pikiran suci.
Wacika : Kata-kata benar.
Kayika : Perbuatan yang baik dan terpuji.
Tri Kahyangan : Tiga tempat suci. Di masing-masing desa umat Hindu di Bali terdapat Tri Kahyangan, yaitu :
Pura Puseh : Tempat memuja Batara Wisnu, manifestasi Ida Sanghyang Widhi sebagai pemelihara (sthiti).
Pura Desa atau Bale Agung : Tempat memuja Batara Brahma, manifestasi Ida Sanghyang Widhi, sebagai pencipta (Utpati).
Pura Dalem : Tempat memuja Batara Ciwa sebagai pelebur (pralina)
Tri Kona : Lukisan segitiga, lambang siklus Utpani, Sthtiti, Pralina.
Tri Loka : Tiga lapis alam, yaitu :
Bhurh Loka : Alam manusia.
Bhwah Loka : Alam pitara.
Swah Loka : Alam Dewa-dewa.
Tri Murti : Tiga perwujudan atau kekuatan merupakan manifestasi Ida Sanghyang Widhi, yaitu :
Brahma : Pencipta.
Wisnu : Pemelihara
Ciwa : Pelebur atau Pemrelina.
Tri Mala Paksa : Tiga hal yang tercela, yaitu : Pikiran kotor, Kata-kata buruk dan Perbuatan jahat.
Tri Mandala : Tiga wilayah. Bila dalam kaitannya dengan pekarangan perumahan dibagi tiga wilayah, yaitu :
Utama Mandala : Di wilayah ini dibangun bangunan suci, misalnya Pamerajan, Sanggah.
Madya Mandala : Di wilayah ini sebagai tempat penghuni keluarga.
Nista Mandala : Di wilayah ini dibangun kandang ternak dan lain-lain.
Tri Nayaka : Tiga jenis olahan pelengkap upakara Caru, yaitu :
Sate Asem : bahannya isi perut ayam (bahan) yang digunakan, setelah dipotong-potong lalu ditusuk kemudian digoreng.
Calon : dibuat daging hewan yang digunakan Caru setelah dilumatkan kemudian diisi bumbu, dibuat bulat-bulat seperti kelereng lalu digoreng.
Tri Nadi : Tiga saluran yang terdapat pada tubuh kita, yaitu : Saluran makanan, Saluran Nafas dan Saluran air.
Tri Semaya: Tiga kurun waktu yang biasa dipergunakan untuk menilai keadaan atau situasi sehingga tercapai suatu kesimpulan, yaitu :
Atita : Kurun waktu yang lampau.
Anagata : Kurun waktu yang akan datang.
Warthamana : Kurun waktu yang sekarang.
Tri Parartha : Tiga tata cara dalam mencapai tujuan hidup, terutama Tri Bhoga, agar mendapat restu dari Tuhan, yaitu :
Asih : Sayang sesama hidup seperti menyayangi diri sendiri.
Punia : Memberikan dana dengan tulus ikhlas kepada orang lain yang memerlukan.
Bhakti : Cinta kasih dan sujud bakti kepada Ida Sanghyang Widhi dengan melakukan sembahyang.
Tri Pramana : Tiga cara memperoleh pengetahuan, antara lain :
Agama Pramana : Percaya berdasarkan keterangan orang-orang suci.
Anumana Pramana : Percaya dengan menarik kesimpulan dari adanya tanda-tanda.
Pratyaksa Pramana : Percaya berdasarkan kenyataan.
Tri Pramana : Tiga ukuran atau pedoman untuk memberikan penilaian keserasian, yaitu : Desa, Kala dan Patra.
Tri Pramana : Tiga tenaga atau kekuatan :
Bayu : Tenaga, kekuatan yang dimiliki tumbuh-tumbuhan.
Sabda : Suara, Bayu dan Sabda dimiliki oleh binatang.
Idep : Pikiran, Bayu, Sabda dan Idep dimiliki oleh manusia.
Tri Pramana : Tiga ukuran atau perhitungan atau persyaratan, untuk menangani suatu masalah, yaitu :
Bukti : Berupa barang yang dapat dilihat.
Saksi : Orang melihat secara langsung.
Likhita : Berupa transaksi.
Tri Purusa : Ida Sanghyang Widhi dalam 3 keadaan dan dalam masing-masing keadaan Beliau mempunyai nama, yaitu :
Parama Ciwa : Ida Sanghyang Widhi dalam keadaan tenang tanpa aktivitas, tidak kena pengaruh maya.
Sada Ciwa : Ida Sanghyang Widhi mulai berfungsi, sehingga kena imbas maya, tetapi masih suci murni.
Ciwa : Ida Sanghyang Widhi lebih aktif lagi, sehingga lebih banyak kena dipengaruhi maya dan kena pengaruh lupa.
Tri Purusha Artha : Tiga unsur yang amat penting yang harus dimiliki setiap orang sebagai landasan mencapai tujuan hidup, yaitu :
Dharma : Ilmu kesucian.
Artha : Harta benda atau kekayaan.
Kama : Kesenangan.
Tri Rna : Tiga jenis hutang, menurut kepercayaan, manusia lahir mempunyai hutang terhadap :
Dewa Rna : Hutang jiwa terhadap Ida Sanghyang Widhi.
Pitra Rna : Hutang jasa kepada leluhur.
Rsi Rna : Hutang Ilmu Pengetahuan kepada para Rsi atau pendidik.
Tri Sakti : Tiga kekuatan Tuhan, yaitu :
Utpati : Kekuatan Tuhan menciptakan segala isi alam baik yang nyata maupun tak nyata.
Sthiti : Kekuatan Tuhan memelihara semua ciptaan-Nya.
Pralina : Kekuatan Tuhan melebur atau memusnahkan semua ciptaan-Nya.
Tri Sandhya : Sembahyang Tiga Kali dalam sehari, yaitu : Pagi waktu matahari baru terbit, Tengah hari waktu matahari tepat diatas kepala dan Senja hari waktu matahari menjelang terbenam.
Tri Sula : Nama senjata yang mempunyai tiga sudut, dan di masing-masing ujungnya ada bagian yang runcing, dimiliki Batara Sambhu yang menjaga alam Timur Laut.
Tri Sadaka : Tiga Pandita, yang berasal dari tiga golongan atau warna, yaitu :
Pandita Ciwa
Pandita Budha
Pandita Sengguhu atau Bujangga Wesnawa.
Tri Pitaka : Nama kitab Suci agama Budha, ditulis dalam jaman Asoka, kira-kira 2500 tahun yang lalu. Tri Ratna : Tiga lembaga utama, dalam ilmu Negara Hindu, yaitu :
Sapta Prabhu : Badan Legislatif.
Sapta Mantri : Badan Eksekutif.
Sapta Upati : Badan Yudikatif.
Tri Tunggal : Tiga buah huruf Suci merupakan perlambang, terdiri dari : A-U-M, kemudian dipadukan menjadi : AUM diucapkan OM yang mengandung arti Tuhan Yang Maha Esa.
A : Mengiaskan materi asli atau Prekrti.
AU : Mengiaskan jiwa individual
AUM (OM) : Mengiaskan Diri Tertinggi yaitu Brahman.
Trijata : Putri sang Wibisana yang mengawal Dewi Sita waktu berada di Alengka. Trijata juga merupakan semacam tumbuh-tumbuhan.
Tri Wikrama : Wisnu sebagai penguasa tiga dunia. Tri Dhrti : Tiga macam ketetapan, dalam melatih Yoga melalui :
Sattwika Dhrti : Orang dapat menguasai budhi, nafas vital, fungsi alat-alat pengamatan dan aksi. Dhrti itu tak pernah menyimpang dari obyeknya.
Rajasa Dhrti : Adalah yang membantu seseorang untuk mencapai Dharma, Artha dan Kama, yaitu pemuasan keinginan dan kekayaan.
Tamasa Dhrti : Adalah yang mengantar pada impian, ketakutan, kesedihan, perasaan kegagalan dan kemabukan.
Tri Jata ; Lahir tiga kali, yaitu :
Ekajati : Lahirnya seseorang dari rahim sang ibu (walaka) yang dianggap sama dengan Sudra.
Dwijati : Seorang Walaka yang sudah diupacarai yang disebut Upayana, lalu ia dikenal sebagai Brahmacari. Setelah memenuhi syarat lagi diberi upacara Samawartana.
Trijati : Orang yang sudah didiksa, setelah melaksanakan Nirwrti Marga atau Prawrti Marga, agar Diksa menjadi sempurna. Gelas yang diperoleh ialah Krtta Diksita.
Tri Upaya Sandhi : Seorang raja harus memiliki 3 upaya untuk menghubungkan dirinya dengan rakyat, yaitu :
Rupa : Seorang raja harus mengamati wajah rakyatnya, karena roman muka dapat menggambarkan keadaan batin, apakah ia sedang bahagia atau sedang kesusahan.
Wangsa : Raja harus mengetahui susunan masyarakatnya (stratifikasi sosial) karena hal tersebut akan memudahkan dirinya menentukan sistem pendekatan kepada rakyatnya.
Guna : Raja harus mengetahui tingkat pengetahuan dan ketrampilan (akal) anggota masyarakatnya.
Tri Sakti : Ada tiga sifat dari Tri Sakti, masing-masing sebagai berikut :
Sakti Dharma : ialah yang ditimbulkan guna Sattwam, berupa ketenangan, kesabaran, keadilan dan memiliki perikemanusiaan.
Sakti Kama : ialah pancaran sifat yang ditimbulkan oleh guna Rajas, berupa geraj lincah penuh emosi dan dapat mengantar orang ke puncak kesuksesan.
Sakti Artha : ialah pancaran sifat yang ditimbulkan oleh guna Tamas, berupa gerak lamban, malas ingin enaknya saja.
Tri Sinangguh Tua : Ada tiga anggapan sebagai orang yang dituakan, yaitu : Tua dari segi hubungan keluarga, Tua dari segi umur, dan Tua karena pengetahuan dan kedudukan.
Tri Sadana : Ada tiga macam pemberian pertolongan, yaitu :
Artha Dana : pemberian berupa material.
Brahma Dana : Pemberian berupa pengetahuan, seperti nasihat-nasihat.
Bayu Dana : pemberian bantuan berupa tenaga.
Tri Mala : Tiga hal yang dianggap kurang baik, yaitu :
Kayangan : Tidak percaya dengan orang kerawuhan (kesurupan).
Ketayan : Tidak percaya, selain yang di ketahui. Bahasa Bali : Mula keto, suba nami (memang begitu, sudah merupakan warisan).
Kemayan : Tidak percaya dengan impian.
Tri Mala : Tiga hal yang dianggap kurang baik, karena menimbulkan penderitaan, yaitu :
Artha : Harta benda atau materi juga bisa menimbulkan penderitaan.
Kama : Kesenangan yang berlebihan juga bisa menimbulkan penderitaan.
Sabda : Kata-katapun bila kurang dikendalikan bisa juga menimbulkan penderitaan.
Dewi Tri Purusa : Ada tiga sumber sakti yang merupakan manifestasi Ida Sang Hyang Widhi yang menguasai dan mengatur :
Dewi Saraswati yang menguasai dan mengatur Ilmu Pengetahuan untuk pemenuhan jiwa.
Bhatari Sri yang menguasai dan mengatur sandang dan pangan untuk pemenuhan jasmani atau fisik.
Bhatari Sadhana yang menguasai dan mengatur sandang, papan untuk pemenuhan jasmani.
Tri Kaya Paramatha : Ada tiga kekuatan untuk mengalahkan Sadripu (Sadwarga) yaitu :
Kayika : Perbuatan yang baik atau terpuji.
Manacika : Pikiran suci
Wacika : Kata-kata yang benar.
Tri Sarira : Ada tiga badan yang dianggap orang tua atau ayah yaitu :
Carirakrt : Yang mengadakan.
Pranadata : Yang memberi jiwa
Annadata : Yang memberi makan minum (memelihara)
Tri Hetu : Tiga penyebab. Segala sesuatu yang kita kenal melalui indriya selalu berdasarkan atas sebab-sebab (hetu-hetu) yaitu :
Upadana-Karana : Adalah sebab-sebab material, misalnya ; sebab ada kain ialah disebabkan ada benang, benang disebabkan adanya kapas, dan seterusnya, hingga sampai pada penyebab utama adalah Tuhan.
Asamavayi-Karana : Adanya sebab formil, misalnya, sebabnya ada kain ialah benang-benang, benang disebabkan adanya pintalan kapas dan seterusnya hingga timbullah kesimpulan (anumana) adanya Tuhan.
Tri Manggala Yadnya : Ada tiga komponen penting yang menentukan sukses tidaknya suatu yadnya, yaitu :
Sadaka : Pendeta atau Pemangku yang akan memimpin atau melaksanakan upacara.
Mancagra : Srati yang membuat banten upacara.
Yajamana : Yang memiliki yadnya.
Tri Wara : Hari pasaran terdiri dari tiga hari, yaitu :
Pasah : Dora. Dewanya Sanghyang Cika, Urip / neptu (9).
Beteng : Wahya. Dewanya Sanghyang Wacika, Urip / neptu (4)
Kajeng : Biyantara. Dewanya Sanghyang Manacika, Urip / neptu (7)
Sumber buku Ragam Istilah Hindu, Team Bali Aga. (RANBB)
TRUNYAN, sebuah desa di pinggir Danau Batur, semula adalah desa yang unik. Pernah ada diskusi panjang tentang bagaimana kita menangani Desa Trunyan, bagaimana kita membina masyarakat di sana, termasuk kesejahteraan dan pendidikan warganya. Apa yang harus kita lakukan untuk mengangkat martabat orang Trunyan sehingga mereka sejajar dan punya hak serta kewajiban sama sebagai warga negara.
Ini tidak mudah karena ada maksud pemerintah ingin melestarikan adat istiadat untuk kepentingan pariwisata.
Ada kasus yang bisa dijadikan contoh dari luar Trunyan. Yang pertama, masyarakat Papua. Orang Papua di masa lalu masih tergolong [atau digolongkan] primitif, hanya memakai koteka untuk kesehariannya. Apakah kita tega melihat itu, sementara di daerah lain sudah begitu maju? Dari sudut lain, kalau rakyat Papua meninggalkan kotekanya, lalu apa obyek pariwisata di pulau ini? Masyarakat Papua pun dipersilakan memilih dam mereka memilih untuk "ikut maju bersama saudara lainnya". Koteka ditinggalkan sebagai "busana harian" tetapi tetap dilestarikan sebagai cindera mata.
Kasus kedua adalah Suku Baduy. Mereka terisolir dengan adat yang ketat. Dilihat dengan kacamata kehidupan modern, mereka terbelakang, miskin, walaupun luar biasa polosnya. Apakah mereka tidak ingin maju seperti saudara-saudaranya yang lain? Ternyata tidak, terutama bagi Suku Baduy Dalam. Sampai sekarang pun mereka ketat dengan aturan adatnya, termasuk hasil tenunannya. Uniknya, mereka mempertahankan budaya ini tanpa ada maksud menggaet wisatawan. Wisatawan mau datang ke kampung mereka atau tidak, sama sekali mereka tak peduli. Baca Artikel Perjalanan Rare ke Baduy Dalam.
Desa Trunyan, mau dijadikan model yang mana? Kalau mau jadi "model Papua", masyarakat di sana memang harus diberdayakan, pendidikan dan kursus-kursus dibuat. Jika pendidikan maju dan penduduk asli terbuka wawasannya dengan dunia luar, barangkali pemahaman akan tradisi dan kaitannya dengan keyakinan tertentu akan mereka kaji ulang. Bisa saja mereka mempertahankan keyakinan tidak menguburkan jenasah, tetapi harus dicarikan pijakannya dari sudut agama. Apakah itu keyakinan Hindu atau keyakinan pra-Hindu yang bukan dari ajaran kitab suci Hindu? Resikonya, pasti akan ada perubahan budaya, dan kalau itu berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan, sesuatu yang tak bisa dihindari.
Namun, kalau Trunyan dijadikan "model Baduy", orang luar termasuk pemerintah harus hormat kepada tradisi setempat. Jika model ini dipilih, pemerintah bisa bertindak lebih jauh lagi, menjadikan kawasan Trunyan sebagai Cagar Budaya. Pilihan ini tentu harus dirundingkan dengan pemuka dan para "local jenius" setempat. Karena resikonya besar, kalau sampai berstatus Cagar Budaya (ini kalau diterima) segala perubahan harus meminta izin. Dampaknya, orang luar akan tetap datang berkunjung karena mereka akan menikmati kawasan yang beda, tiada duanya.
Celakanya adalah sudah sejak lama Desa Trunyan ditangani tanpa konsep mau dibawa ke mana. Leluhur penduduk asli di sana pastilah bukan beragama Hindu, mereka memegang keyakinan setempat. Pada abad XIV desa ini sudah didatangi oleh penyebar agama Hindu dari Kerajaan Gelgel. Para penyebar agama ini tidak berhasil mengubah tradisi setempat, namun sukses menyeragamkan sebutan dewa-dewa yang dipuja di sana dengan dewa-dewa di luar Trunyan.
Upaya "meng-Hindu-kan" warga Trunyan terus berlangsung setelah Indonesia merdeka sampai di masa Orde Baru, bahkan sampai saat ini. Simbol-simbol Hindu dikirim ke sana, candi bentar, bangunan suci dari bahan modern seperti semen, juga banten-banten. Bahkan para Sulinggih. Hasilnya, warga Trunyan mengenal leluhur yang mereka puja dengan sebutan Ratu Sakti Pancering Jagat, sebuah istilah yang khas Bali. Padahal warga asli Trunyan di masa lalu menyebut leluhur tertinggi yang mereka puja itu Da Tonta, yang berarti "Tuhan kita". Dan sebutan-sebutan khas Hindu versi Bali pun mau tak mau diikuti masyarakat Trunyan.
Lantas bagaimana dengan kuburan (setra wayah) di mana tengkorak bertebaran? Keyakinan pra-Hindu ini tidak dicoba untuk dicarikan rujukannya dalam Hindu. Jika ada orang bertanya, apakah konsep penguburan di Trunyan itu sesuai Hindu atau tidak, pasti jawabannya mengambang. Kalau yang bertanya itu kritis lantas menohok ke pertanyaan mendasar, agama apa yang dipeluk warga Desa Trunyan, maka jawabannya pun juga mengambang.
Situasi mengambang ini terjadi pula pada warga Trunyan, sehingga mereka sebenarnya tak punya sikap mau diapakan tengkorang-tengkorak yang ada di kuburan itu? Tradisi setempat tidak mengatur hubungan antara tengkorang dengan "pewaris tengkorak", karena begitu mayat ditaruh di kuburan tanpa ditanam, hubungan mereka putus. Penduduk Trunyan sendiri sering mempermainkan tengkorak itu untuk meminta sumbangan dari pelancong. Nah, kalau tiba-tiba ada orang mengambil satu atau dua tengkorak di kuburan Trunyan, siapakah yang harus disalahkan? Bagaimana mungkin penduduk Trunyan menjaga keburannya siang malam agar orang luar tak mencuri tengkorak, karena mereka sendiri tak punya keterikatan dengan tengkorak-tengkorak tanpa dikenali lagi identitasnya itu.
Begitulah, sebuah wacana yang sempat "membingungkan" mau diapakan warga Desa Trunyan.
TAPI, sekarang Desa Trunyan tak lagi terisolir. Terbukanya desa ini pada akses luar dengan adanya jalan tembus ke sana, apalagi listrik sudah lebih dulu ada, membuat perubahan yang terjadi di Trunyan mengalir begitu saja. Warga desa itu tak ada bedanya dengan penduduk Bali yang lain, beragama Hindu, melakukan ritual Hindu sebagai mana di desa lain. Hanya saja mereka tak punyaPura Tri Kahyangan yang terdiri dari Pura Desa (memuja Dewa Brahma), Pura Puseh (tempat memuja Dewa Wisnu) dan Pura Dalem (memuja Dewa Siwa). Mereka hanya punya satu pura untuk memuja Tuhan (yang dulu di sebut Da Tonta dan berganti menjadi Ratu Sakti Pancering Jagat) yang mereka sebut Pura Desa. Lalu kuburan yang unik tetap dipertahankan.
Artinya, mereka sama sekali tak merasa berbeda dengan penduduk Bali yang lain. Ada pun soal keunikannya (hanya punya satu pura di desa dan kuburan yang tak menanam atau membakar jenasah) adalah salah satu dari keunikan yang beragam pada desa-desa di Bali. Banyak terdapat desa yang unik di Bali dan belum tentu keunikan itu menarik wisatawan. Seperti halnya Trunyan, begitu desa ini tidak lagi terisolir, wisatawan pun menyurut drastis.
Kenapa turis menghilang dari Trunyan? Daya tarik Trunyan saat ini hanyalah kuburannya, di mana mayat tidak ditanam, apalagi dibakar sebagai mana di desa lain. Mayat hanya digeletakkan begitu saja. Mereka yang ingin melihat "obyek wisata" ini umumnya naik jukung dari dermaga Kedisan. Itu yang menyebabkan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, enggan datang ke Trunyan. Trunyan memang telah berubah, kecuali kuburannya. Entah sampai kapan.
Sumber bacaan buku Bali Menggugat oleh Putu Setia, Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia (KPG). Pada 21 Agustus 2009, Putu Setia telah dinobatkan sebagai pendeta Hindu dengan gelar Ida Pandita Mpu Jaya Prema Ananda. (RANBB)