Kamis, 17 Desember 2015

Paribasa Bahasa Bali : Sesonggan, Sesenggakan, Bebladbadan, Sesawangan, Wewangsalan

Basa Bali iraga naler medue Peribahasa utawi paribasa. Paribasa Basa Bali sekedi Sesonggan, Sesenggakan, Bebladbadan, Sesawangan, Wewangsalan, utawi Seloka, kantun becik ring semeton Bali sane mayusa petang dasa tibanan. Puniki dados uratian para janane sami mangdane Paribasa Basa Bali kantun ajeg ngantos mangkin kauningan olih alit-alit druwene, punapi antuk mangda budaya lan warisan leluhur nenten kegentosin antuk basa-basa gaul sane nenten manut. 

Ring galahe sane becik puniki, titiang Rare Angon Nak Bali Belog, jagi ngewehin akidik parindikan Paribasa Basa Bali, melarapan antuk gambar JPEG, mangdane prasida ke sharing ring semetone sami.



  

SATAK KUANG SELAWE NIKE LEBAK DADOS NYEBAK 

paribasa basa bali
Satak Kuang Selawe - Nyebak

NGALIH BALANG NGABE ALUTAN 
MAAN BEDIK TELAH ACEPOKAN 
MENCARI BELALANG DENGAN BARA API
DAPET SATU LANGSUNG DIBAKAR ABIS SEKALI MAKAN
paribasa basa bali
Ngalih Balang Ngaba Alutan

NGAJAHIN BEBEK NGELANGI
NGAJAHIN ANAK SUBE DUWEG
MENGAJARI BEBEK BERENANG
MENGAJARI ORANG SUDAH PINTER BERENANG
bebek
Ngajahin Bebek Ngelangi

PILIH-PILIH BEKUL BAKAT BUAH BANGIANG
NGEDOTANG ANE MELAHAN BAKAT ANE JELEKAN
MEMILIH-MILIH BUAH BEKUL (MANIS) DAPAT BUAH BANGIANG (ASEM)
KEINGINAN DAPAT YANG BAIK TERNYATA SALAH PILIH PRESIDEN

paribasa bali
Pilih pilih bekul bakat buah bangiang

SENGGAUK AGROBAG - MAUK BUIN BOBAB
NASI BASI YANG KERING SATU LOYANG - SUDAH BERBOHONG DAN NIPU

nasi kering
Senggauk Agrobag

BUKA NGAE KLAMBINE SIKUTANG DI AWAKE
NGELAKSANAYANG GEGAEN ANUTANG DI AWAKE 
MEMBUAT BAJU PRIBADI WAJIB MENGUKUR DIRI SENDIRI
SAAT MELAKSANAKAN SESUATU WAJIB MENGUKUR KEMAMPUAN DIRI
Buka Ngae Klambine

BUKA NGELAWAR CAPUNGE GEDENANG BEA
LIUNANG PENELAHNE YAN BANDINGAN TEKEN GAENE
MEMBUAT LAWAR CAPUNG BANYAKAN BIAYANYA
BESAR PASAK DARIPADA TIANG - SEPERTI ITULAH
Nglawar Capung

BEBLADBADAN BALI
BLAUK NGINDANG ITU CAPUNG DADOS NGAPUNG 
MEDAMAR DILANGIT ITU BULAN DADOS BULANAN
Blauk Ngindang

MADON JAKA NIKE RON DADOS MAKARONAN
MELAWAR GERANG DADOS NYAGERANG
Madon Jaka

BUKA NEGENG GONGE KALUD BAAD NINGEH MUNYI
ANAKE SUBA MEGAE TUYUH MAAN MUNYI
CAPE KERJA DAPAT OMELAN - KASIHAN DEH LU
Buka Negen Gonge

MAJEMPONG BEBEK ITU JAMBUL DADOS NGAMBUL
MAJUAN BEBEK NIKE LIS DADOS NYLISIH
Majempong Bebek

MAJUKUT DI NATAH ITU KELOR DADOS LELOR
MAJUKUT DI TANAH NIKE SREGSEG DADOS NYREGSEG
Majukut di Natah

MASLAKA KUNING ITU EMAS DADOS NGEMASIN
MABOREH SUSU NIKE MUAT DADOS MAMUATANG
Maboreh susu

TEPUNG KETAN JAJA ULI
KEPUNG ICANG ULIN DURI
KEJARLAH DAKU 
KAU KUTANGKAP
Tepung Ketan

SOK UWEK PEDEMIN CICING LELAWAH KENA TEPIS
NYAK JELEK NYAKE TUSING NGULAH MAAN PIPIS 
INI TIDAK BAIK DICONTOH KARENA ASAL DAPAT UANG
KERJAANNYA MAU BAGUS ATAU TIDAK, GA MASALAH
Sok uwek pedemin cicing

MEKAMBEN DISUNDUK NIKE ENGSEL DADOS MASESELAN
MAKUNYIT DI ALAS ITU TEMU DADOS MAKATEMU 
#CARISENDIRI
Makamben disunduk

YEN DEMEN MELALI API EDA TAKUT KEBUS
BANI MELAKASANA BRANI NRIMA PALANE
BERANI BERMAIN API BRANI KENA PANAS
BERANI BERBUAT BERANI BERTANGGUNGJAWAB
Melali Api

BUKA SILAPIN MENG - KEDAS TUSING ADA MASISA
SEPERTI DIJILATIN KUCING - BERSIH TANPA SISA
#GARA2JUDI
Buka Silapin Meng

TAIN BELEK TAIN BELENGET
SUBA JELEK MARA INGET 
SADAR SETELAH BANYAK DOSA - YACH KIRA-KIRA BEGITU
Tain Belek Tain Belenget

MAGULAN NYAWAN NIKE MADU DADOS MAMADU
MAPADI KUNING NIKE MANYI DADOS MANYIDAYANG
Magulan Nyawan

SANGKUR GODEG RUPA 
LACUR SING NGELAH APA 
KASIHAN HIK HIK HIK HIK ......
Sangkur Godeg Rupa

MATELU PINDO NIKE ENEM DADOS MAENEMAN
MEPIS SATAKAN NIKE ANDEL DADOS ANDELANG
Matelu Pindo

ADUK SERE AJI KETENG
YASA KERTI ANE SETATA MELAH, USAK BAAN LAKSANA CORAH AKIKIT
KARENA NILA SETITIK RUSAK  SUSU SEBELANGAN
MIRIP SEPERTI ITU
Aduk sere aji keteng

BUNGAN TUWUNG BUNGAN KENYERI
TIANG BUUNG NGENYAKIN BELI
PHP - PEMBERI HARAPAN PALSU
Bungan Tuwung Bungan Kenyeri

KELED KELED UBI KAU-KAU ENCAK
KELED-KELED MABUDI TAU-TAU ENYAK
MALU-MALU KUCING - MIRIP GITULAH
Keled Keled ubi

SESONGGAN BALI
NGURUPANG ABUG AJI ULI
NYIKURANG ANE MELAH AJI ANE KUANG MELAH 
MENUKAR YANG BAIK DENGAN YANG JELEK
Abug dan Jaja Uli
Selamat Tahun 2016

Selasa, 01 Desember 2015

Musuh; Jauh Dekat Sama Saja

Apakah Anda memiliki Musuh ?. 


NKRI HARGA MATI
TNI TRUCK
Sebaik-baiknya orang memiliki musuh, musuh yang sangat dekat bahkan tidak ada yang membatasinya. Musuh yang berasal dari dalam diri adalah musuh yang paling dekat. Musuh jauh dekat sama saja, sama-sama musuh yang dapat menjadi penghalang setiap manusia untuk mencapai tujuan, lebih-lebih tujuan mulia hidup di bumi ini. Selalu akan dihalangi oleh musuh-musuh kita, baik musuh dari luar diri kita maupun musuh yang berasal dari diri kita. Bagaimana kita memahami musuh yang berasal dari dalam diri ? Bagaimana cara menanggulangi musuh sendiri ?

Artikel terkait Musuh Manusia :

Dalam kehidupan ini musuh-musuh nyata sering lebih kita hadapi ketimbang musuh yang berasal dari dalam diri sendiri. Padahal kalau kita cermati dengan seksama musuh-musuh yang ada dilingkungan kita sangatlah lucu dan menggelitik. Kenapa ya kita sampai memiliki musuh dan bermusuhan ? Kenapa musuh dalam diri dapat mengakibatkan munculnya musuh-musuh dari luar diri ? Dengan ini, kita justru memiliki musuh double, selain musuh dalam diri sendiri muncul musuh dari luar diri sendiri.

Admin mengggaris bawahi musuh kita sangatlah lucu dan menggelitik. Ya, sangatlah lucu !! kenapa kita bermusuhan ? Bukankan kita sama-sama manusia, sama-sama hidup di bumi, sama-sama peduli sama bumi, sama-sama Ciptaan TUHAN ?

Bayangkan ..........!!!!

  • Saat kita sembahyang hari raya besar, kita bisa sama-sama orang yang tidak kita kenal, atau bisa jadi mereka adalah musuh tawuran kita saat nonton sepakbola !!.
  • Saat kita berkendara di jalan umum, terjadi kecelakaan, dengan sigap pula kita memberikan pertolongan, menyelamatkan dan memberikan semangat untuk bertahan hidup ... bisa jadi mereka adalah orang-orang yang kita benci di media sosial karena berlawanan posisi politik !!!!
  • Saat kita demonstrasi menuntut kenaikan gaji, dengan penuh semangat saling mendukung memberi orasi yang berapi-api .... bisa jadi mereka adalah orang-orang yang kita benci agama dan budayanya !!!
  • Saat kita memberi semangat team jagoan, menjadi suporter dengan gembira dan penuh semangat...... bisa jadi mereka adalah orang yang kita ajak tawuran saat konser dangdut !!!! 
  • Saat kita menolong orang-orang kebanjiran .... bisa jadi mereka adalah orang yang kita ajak perang ....
  • DAN MASIH BANYAK lagi, musuh-musuh yang sangat lucu dan menggelitik, yang harus segera kita sadari .... Ternyata Bermusuhan itu tidak ada gunanya.
Lain tempat kita sangat akrab, saling memaafkan, saling membantu, saling menolong, memberi kasih dengan tulus, saling menghormati, KENAPA karena lain tempat kita harus bermusuhan ? Lucu kan........

Artikel terkait Musuh Manusia :



Dengan kesadaran, bahwa dunia ini adalah ciptaan Yang Kuasa, dimanapun kita berada haruslah tetap bersahabat .... dukungan tetap tetapi tidak bermusuhan.. #NYAKASANE 6 MUSUH Dalam Diri

Selasa, 17 November 2015

Lowongan Pekerjaan Drafter 3D

Pekerjaan Drafter 3D
jasa 3d
Design Denah Warna
Perkembangan pembangunan perumahan untuk memenuhi kebutuhan hidup primer memang tidak dapat dihindari. Lowongan Pekerjaan Drafter 3D sangat banyak dibutuhkan oleh konsultan arsitektur. Setiap keluarga membutuhkan tempat tinggal, rumah idaman dan rumah yang nyaman. Rumah sebagai tempat tinggal yang nyaman dan idaman ini tidak terlepas dari para Arsitek-arsitek yang mendesgn nya.  arsitek, bangun rumah, biro arsitek, desain arsitektur, desain interior, desain rumah, gambar 3D, gambar kerja, konsultan arsitek, konsultan property, , real estate, arsitektur, biro arsitek, desain arsitek, desain rumah tinggal, fee desain rumah, gambar kerja, harga desain rumah, rumah tinggal. Lihat Tutorial Membuat Materiil Kayu Vray

3dimpressions
3d impressions

Saya sebagai penyedia jasa 3d, 3d artist impressions bisa mandri karena lowongan pekerjaan drafter 3d http://eben3d.blogspot.com memberikan jasa pembuatan perspektif 3d dengan cepat,murah dan berkualitas.

Artikel terkait Drafter 3D


 

Senin, 28 September 2015

Sanghyang Rare Angon, Pengembala Pikiran

ciledug
Pura Dharma Sidhi
Sanghyang Rare Angon, Pengembala Pikiran. Setelah tiang menyelesaikan menyusun buku sejarah Berdirinya Pura Dharma Sidhi Ciledug Tangerang, yang tiang susun berdasarkan fakta sejarah berupa dokumentasi, literatur, dan yang utama dari hasil wawancara kepada para pelaku sejarah, sekaligus sesepuh serta pendiri. Buku tersebut telah pula dicetak yang hanya bersifat intern banjar Ciledug saja. Buku ini merupakan buku pertama tiang dalam menulis, dan menjadi kebanggaan tersendiri. Tiang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pandita, Pinandita, Pendiri, Umat di wilayah Ciledug dan Sekitarnya yang telah membangun sebuah Pura yang sangat megah dan berperan sangat penting bagi umat Hindu di wilayah ini.

Kembali ke Sanghyang Rare Angon, Pengembala Pikiran. Blog yang tiang buat sejak tahun 2010 ini memiliki nama Rare Angon. Namun terus terang tiang baru menyadarinya sekarang, setelah membaca buku Sakti Sidhi Ngucap, karya Putu Yuliantara. Kita adalah sebagai perwujudan sanghyang rare angon. Ini merupakan salah satu nasehat yang sangat kaya dari lontar-lontar Bali, dimana kita disebut sebagai perwujudan sanghyang rare angon, atau bocah pengembala, yang mana tugas kita adalah mengembalakan pikiran, perasaan, perilaku dan kesadaran kita agar bisa secara bersama-sama dan beriringan mengantarkan kita pada kehidupan yang membahagiakan (jagathitta) dan kesadaran spiritual (moksartam). (buku Sakti Sidhi Ngucap, hal 30)




leak bali
Sakti Sidhi Ngucap
Sebagai seorang rare angon, sebagai seorang yang sedang mengembalakan diri, mengembalakan pikiran, perasaan dan perilaku dan mengarahkannya pada tujuan yang ingin dicapai. Ilmu yang menjaga kita agar ada di ladang-ladang "yang sesuai", bukan malah tersesat dalam kehilangan arah dalam kehidupan sehingga kita bahkan menjadi "santapan" berbagai keliaran yang ada di dalam diri dan kehidupan.

Sebagai seorang rare angon kita tentu memiliki batasan seluas apa padang pengembalaan kita. Namun, pagar pembatas tersebut sering kali terlalu sempit, bukan karena memang kita memiliki pagar yang sempit, namun karena kita sendiri yang memenjarakan diri dalam padang sempit tersebut dengan pola pikir dan cara-cara hidup yang membatasi diri, kita sendiri yang mempersempit "pintu akal" kita sehingga apa-apa menjadi "tidak masuk akal".

Kedua hal ini, sangat menyenangkan tiang, buku-buku koleksi tiang pun bertambah :) jumlahnya (103 dengan berbagai judul tentang Bali), klik disini

Minggu, 30 Agustus 2015

Pujawali Parahyangan Agung Jagatkartta

Di saat Pulau Bali dihebohkan dengan iklan lowongan kerja yang menyinggung umat Hindu, di pulau lain tepatnya di Jawa, Umat Hindu sedang mempersiapkan Pujawali Pura Parahyangan Agung Jagatkartta Gunung Salak, yang jatuh pada Purnamaning Sasih Ketiga, 29 Agustus 2015.

Selain Parahyangan Agung Jagatkartta Taman Sari Gunung Salak yang melaksanakan pujawali pada Purnamaning Sasih Ketiga dihari saniscara kliwon krulut tersebut, ada banyak Pura yang juga memiliki hari pujawali yang sama. Di Jakarta dan Banten ada Pura Kertajaya Tangerang, Pura Radhitya Dharma Cibinong dan Pura Widya Dharma Cibubur. Dan dapat diyakini masih banyak Pura di Indonesia yang melaksanakan pujawali pada hari itu, karena bertepatan dengan Saniscara Kliwon Krulut atau Tumpek Krulut dan Purnamaning Sasih Ketiga.



Berikut foto dokumentasi I Rare Angon saat Ngiring Pekuluh ring Pujawali Parahyangan Agung Jagatkartta Gunung Salak, Lihat
Topeng Sidhakarya
Topeng Bondres
Foto-foto Tari Wali saat Pujawali Parahyangan Agung Jagatkartta, klik disini


Pujawali Parahyangan Agung Jagatkartta
Topeng Sidakarya
Selaku umat Hindu yang ada di luar Bali, kegiatan-kegiatan dalam persiapan dan pelaksanaan pujawali disuatu pura tidak berbeda dengan di Bali. Namun ada satu hal yang unik atau berbeda yaitu Ida Bhetara sesuhunan dari pura yang tidak melaksanakan pujawali lunga ke Pura yang sedang melaksanakan pujawali. Sering kita sebut dengan Ngiring Pekuluh. Hal yang sangat baik untuk tetap dilaksanakan karena akan mempererat persatuan umat Hindu secara sekala, serta meningkatkan sradha Bhakti kita kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa. Ini merupakan suatu kebahagiaan titiang sebagai umat karena dapat ngaturang bakti disaat Ida Bhetara tedun memberikan penugrahan ring umatnya.

Kebahagiaan titiang yang ke dua adalah terpampangnya gambar 3d Bale Banjar Parahyangan Agung Jagatkartta yang akan dibangun. Sebagai umat dapat ngaturangayah melarapan antuk gambar 3Dimensi, dumogi segera dapat terealisasi, Om Swaha. (RANBB)

Selasa, 18 Agustus 2015

Yadnya Yang Bersifat Abstrak

PANCA YADNYA HINDU
banten bali
Persembahanku Bhaktiku

Yadnya yang bersifat abstrak, yaitu dapat berupa sikap Tapa, Brata, Yoga dan Semadhi serta berupa Doa dan rasa syukur pada Tuhan dan kepada sesama. Yadnya ini dilaksanakan oleh beliau yang tingkat Jnananya telah tinggi sebagaimana halnya Yogi yang disebut dalam tingkatan Para Bhakti. Dilihat dari bentuk Yadnya dibagi menjadi dua bagian yaitu Yadnya yang bersifat riil (nyata) dan Yadnya yang bersifat abstrak. Yadnya yang bersifat riil (nyata) dapat berupa persembahan atau kurban scui berupa upakara / banten kehadapan Tuhan, atau dapat berupa sumbangan / punia kepada sesama umat dan atau punia saat persembahyangan serta dalam hal pembangunan tempat suci. Yadnya inilah yang dimaksudkan kedalam tingkat Apara Bhakti



.


Segala aktivitas yang diupayakan oleh umat manusia sudah tentu memiliki tujuan. Tanpa tujuan semua perbuatan itu tidak ubahnya seperti kendaraan tanpa pengemudi, yakni akan tidak menentu arah yang akan dituju. Demikian halnya umat manusia dalam melaksanakan Yadnya, adalah bertujuan bhakti kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa untuk menuju dan pencapaian hidup sejahtera dan bahagia atau kelepasan serta menyatu dengan Sang Pencipta.

Untuk pencapaian itu, ada disebutkan dalam kitab Manawa Dharmasastra VI.35 sebagai berikut :

"Mani triyapakrtya manomokse nivesayet, anapakrtya moksam tu sevamano vrajatyadhah"

Artinya :
Kalau ia telah membayar tiga macam hutangnya (kepada Tuhan, Leluhur dan Orangtua), hendaklah ia menunjukkan pikirannya untuk mencapai kebebasan terakhir. Ia yang mengejar kebebasan terakhir ini tanpa menyelesaikan akan tenggelam ke bawah (neraka).


Berdasarkan atas sloka tersebut, dapat kita ketahui bahwa; Pikiran (manah) yang ada pada diri masing-masing umat baru dapat diarahkan kepada kelepasan setelah melunasi tiga macam hutang yang dimilikinya. Ketiga hutan itu disebut dengan Tri Rna dan masing-masing bagiannya adalah berupa hutang moral kepada Tuhan Yang Maha Esa yang disebut Dewa Rna, hutang jasad / badan kepada orangtua disebut Pitra Rna dan hutang ilmu pengetahuan kepada para Maharsi atau orang yang disucikan. Seperti disebutkan dalam Bhagavad-Gita, bahwa Tuhan dalam penciptaan alam semesta beserta isinya berdasarkan atas Yadnya, maka dengan Yadnya pulalah kita membayarnya atau mewujudkan bahkti kita kehadapan-Nya. 

Dikutip dari buku Arti dan Makna Sarana Upakara oleh Drs I Ketut Pasek Swastika (RANBB)



Selasa, 04 Agustus 2015

Upacara Entas-Entas Hindu Sumatera

Ratusan Umat Hindu Sumsel Menggelar Upacara Entas-Entas Di TPKS Gandus

Ratusan Umat Hindu di Sumsel menggelar Upacara Entas-Entas di anak Sungai Musi di depan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Gandus dan dilanjutkan sembahyang di Pura Agung Sriwijaya Palembang Seduduk Putih Sabtu 1 Agustus 2015.

Menurut Ketua Brahwidya PHDI Pusat Ide Pandite Empu Jaya Acharya Nanda mengatakan, Upacara Entas-Entas ialah perayaan untuk menyempurnakan atau menyucikan keabdian arwah hidup atau leluhur umat Hindu sisa dari Kerajaan Sriwijaya, arwah leluhur tersebut penganut Siwa Bayrawatantrek dan Budha Bayrawatantrek yang merupakan korban dari peperangan runtuhnya dari Kerajaan Sriwijaya di Sumatera Selatan.

Sementara itu menurut penasehat panitia acara Entas-Entas IGB Surya Negara mengatakan, Entas-Entas adalah menyucikan arwah leluhur yang belum sempat disucikan, diantara leluhur yang belum menyatu dengan Tuhan, ia berharap dengan adanya upacara acara ini semua menjadi selamat hidup, kerukunanan dan damai dengan antar umat beragama. Baca tentang Doa Pangentas Membebaskan Roh

Sementara itu menurut Philip warga negara Belgia yang mengikuti Upacara Entas-Entas mengaku, sangat menyukai kebudayaan upacara religi umat Hindu.

Setelah upacara acara ini dilanjutkan besok acara di Candi Bumi Ayu Kabupaten PALI.


sumber berita : http://www.sriwijayatv.com

Selasa, 14 Juli 2015

Dharman Purushalakshanam

dharma
Hari Kemenangan Dharma
 Dharman Purushalaksanam " Menjalankan Dharma merupakan tanda bahwa engkau adalah manusia ".  Prinsip-prinsip Dharma tidak akan berubah menurut kesenangan manusia. Dharma itu abadi. Dharma tetap Dharma, dahulu, sekarang dan selamanya. 

"Chaathurvarnyam mayaa srishtam guna karmavibhaagash" demikian dinyatakan dalam Bhagawad Gita; artinya jelas sekali, yaitu 'Aku telah menciptakan keempat kasta dan mengelompokkan mereka berdasarkan sifat serta kegiatan mereka'. Tetapi, dengan berpegang pada segala argumen dangkal dan penalaran kosong, banyak orang mengikuti Dharma yang berkenan di hati mereka, dan tanpa rasa takut kepada Tuhan atau dosa, mereka menyeret orang-orang yang tidak berdosa dan orang-orang yang bodoh (belog)ke jalan yang salah pula. 

Itulah sebabnya mengapa kadang-kadang Tuhan turun ke bumi untuk menolong mereka yang tertindas dan untuk menegakkan kembali Dharma. Itulah yang menyebabkan Tuhan menjelma. Hal ini telah dinyatakan dengan lantang dalam Gita sebagai berikut :

"Dharma samsthaapanaarthaaya sambhavaami yuge yuge"
'Untuk menegakkan dharma Aku lahit ke dunia dari masa ke masa' (BhagawadGita 4.8)



Dharma bukanlah masalah biasa. Manusia yang tidak mempraktikkan Dharma sama dengan orang mati; mereka yang mempraktikkannya memiliki sifat yang suci. Sekarang terasa perlunya membimbing manusia pada jalan Dharma melalui nasehat yang baik, membangkitkan minat mereka dengan hasil-hasil yang menarik yang diperoleh jika mereka menempuh jalan itu, memperingatkan agar mereka menjauhkan diri dari orang-orang yang tidak mengikuti Dharma, dan memberikan hukumannya sebagai upaya terakhir.

Pada zaman dahulu orang tidak pernah meninggalkan pelaksanaan Dharma walaupun mereka diancam dengan maut  di ujung pedang. Kini, sekalipun tanpa tekanan paling ringan dari pihak lain, orang-orang tergelincir dan jatuh ke jurang Adharma.

Ada beberapa semboyan keduniawian misalnya "Udyogam purusha lakshanam" atau "Karman purushalakshanam" yang menyatakan bahwa 'Berkarya itu merupakan tanda bahwa engkau adalah manusia' atau 'Menjalankan tugas adalah pertanda kedewasaan' dan sebagainya. 

Namun semboyan yang sejati adalah "Dharman Purushalakshanam" artinya "Menjalankan Dharma merupakan tanda bahwa engkau adalah manusia". Setiap manusia harus menjalankan 'tugas yang dijiwai Dharma' pada waktu ia berusaha meraih keempat tujuan hidup manusia, yaitu dharma, artha, kama dan moksa. Sumber artikel buku Pancaran Dharma (Dharma Vahini) Wejangan Bhagawan Sri Sathya Sai Baba.

Sahabat Dharma, berbahagialah engkau yang berada di jalan Dharma, jangan lari dari Dharma. Sahabat Dharma, yang kini telah lari dari jalan Dharma ke jalan Adharma,  kembalilah ke jalan Dharma, jalan suci menuju kedamaian abadi. Om Svaha. (RANBB)


Kamis, 25 Juni 2015

Ngambar 3D Telung Dimensi

jasa 3d
Wantilan Pura
I Rare Angon sebilang dina wantah ngambar telung dimensi (dimensi sing tawang basa Baline). Telung dimensi (3d) puniki kagambar ngangge software (buin sing tawang), software autocad. Uli nedas lemah nganti kepeteng geginane wantah ngambar, ngambar tur ngambar. Boya ja dueg ngambar, sakewala komputere ane ngambar. Jaman sekadi mangkin, ketrampilan iraga sane mautama, ketrampilan kaperluang ring sekancan genah mekarya.

Seluwir kekaryan ring jagate, medasar antuk ketrampilan. Sira sane terampil pastika ngamolihang genah mekarya sane becik. Terampil ngambar bisa maan gae tur kapecarya olih anak siosan. Terampil mengatur bisa dados boss, terampil mengelola uang bisa dadi bendahara utawi bagian keuangan.

Niki silih situnggil hasil ngambar I Rare Angon, sane siosan dados rauh ring blog http://eben3d.blogspot.com




Gambar Wantilan puniki I Rare Angon ngaturangayah ring Panitia Pembangunan. Dados nak Bali, ngaturangayah pinih mautama. Angayu bagia pisan I Rare Angon prasida ngaturangayah melarapan antuk ngambar puniki. Dumogi rigelis prasida kawangun wantilan puniki.

Ring semeton-semeton I Rare Angon, minab wanten sane kewangun ring genah druwene, sekadi sekolah pasraman, wantilan, titiang saking tulus iklas jagi ngaturangayah ngambar telung dimensi rancangan semeton. (RANBB)

Senin, 08 Juni 2015

Penyebab dari Penderitaan

Uang Koin Indonesia
 "Kebanyakan orang menderita karena mereka memiliki semua bentuk keinginan yang tidak masuk akal dan mereka sangat berhasrat untuk memenuhi semuanya dan merekapun gagal. Mereka sangat terikat pada semua bentuk dan nilai dari dunia ini. Hanya ketika keterikatan meningkat maka kalian akan menderita penderitaan dan sengsara." Sabda Sathya Sai 1, halaman 42-43


Penderitaan juga merupakan hasil dari perbuatan buruk kita di masa lalu. Setelah melalui berbagai kehidupan dan hidup dalam kebodohan dalam prinsip-prinsip spiritual, kita telah membangun sebuah gudang karma. Akibat dari perbuatan kita di masa lalu selalu mengejar kita seperti sebuah utang yang belum terbayarkan. Melalui kecerobohan dan maksud jahat, kita mungkin telah membuat yang lainnya menderita dan akibat dari perbuatan ini bahkan terus mengejar kita.




Artikel Terkait Penyebab Dari Penderitaan :
Setelah kayu terakhir yang dilemparkan kedalam nyala api maka api itu akan tetap menyala selama beberapa waktu. Namun ketika kita memperoleh kualitas tanpa keterikatan maka kita bisa menjadi tidak merasakan panas dari nyala api itu. Biasanya penderitaan tidak muncul dari kejadian dari luar; penderitaan muncul dari keterikatan kita pada hasil dari tindakan kita. Dua orang yang sama-sama menderita karena kehilangan sesuatu mungkin diberikan dampak yang berbeda diantara satu dengan yang lainnya.

"Dengan melempar batu pada buah asam jawa yang masih hijau akan dapat merusak daging buah yang ada di dalamnya, namun dengan melempar batu pada buah yang sudah masak dan lihatlah apa yang terjadi. Maka kulit buah yang sudah kering akan jatuh dan tidak ada yang terjadi dengan daging buah atau biji di dalamnya. Seorang Sadhaka yang sudah matang tidak mengalami hantaman dari keadaan nasib dan keberuntungan; adalah Sadhaka yang belum matang yang mengalami luka dalam setiap hantaman yang terjadi." Sabda Sathya Sai 4, halaman 273

Kesenangan dan penderitaan adalah dua pasangan yang tidak terpisahkan. Keduanya adalah akibat yang alami muncul karena keterikatan kita pada berbagai objek benda yang kita inginkan. Ketika kita mendapatkan benda yang kita inginkan  maka kita merasa senang. Jika kita tidak mendapatkannya maka kita merasa sedih. Ketika kita mendapatkan kedamaian di dalam diri maka kita tidak akan dapat diguncang oleh naik turunnya kehidupan di dunia. Kemudian kita akan mendapatkan kedamaian spiritual yang tidak dipengaruhi oleh keinginan untuk mendapatkan kesejahteraan duniawi. Seiring berjalannya waktu kita harus belajar untuk menerima kesenangan dan penderitaan dengan pikiran yang tenang. Kemudian kita bisa menghindari penderitaan yang tidak perlu untuk dialami.

"Kesenangan dan penderitaan adalah seperti bagian depan dan belakang dari dua sisi pengalaman yang sama. Kesenangan adalah ketika penderitaan berakhir; penderitaan adalah ketika kesenangan berakhir. Ketika engkau mengundang seorang buta untuk makan malam maka engkau harus mempersiapkan dua piring di atas meja karena dia akan datang dengan seorang teman yang selalu menuntunnya. Penderitaan dan kesenangan adalah dua pasangan yang tidak bisa dipisahkan." Sabda Sathya Sai 4, halaman 85

Artikel Terkait Penyebab Dari Penderitaan :
Dikutip dari buku Jalan Setapak Menuju Tuhan (Pathways to God) bagian pertama, Jonathan Roof, Yayasan Sri Sathya Sai Baba Indonesia, 2013 (RANBB)

Senin, 04 Mei 2015

Ekajati Pemangku Bali

PEMANGKU BALI
ekajati
Pemangku Bali
Mahasabha II Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) pada tahun 1968 menetapkan mengenai Ekajati. Yang tergolong ke dalam rohaniman dalam tingkat Ekajati selain Pemangku adalah Wasi atau Pinandita, Mangku Balian, Mangku Dalang, Pangemban, Dharma Acharya. Beliau-beliau ini tidak memiliki ikatan dengan suatu tempat suci tertentu, oleh karena itu rohaniman ini dalam tugasnya lebih bersifat umum, seperti menyelesaikan upacara perkawinan, upacara manusa yadnya lainnya, upacara kematian dan sebagainya. Para Pemangku harus menguasai MANTRA PANCA SEMBAH PEMANGKU dalam memimpin Upacara. Baca Manggala Pinandita Pemangku

Menurut isi Lontar Raja Purana Gama, Ekajati yang tergolong Pemangku ini dibedakan menjadi 12 (dua belas) jenis sesuai dengan tempat dan kedudukan beliau-beliau ini dalam melaksanakan tugasnya. 




Artikel terkait Ekajati Pemangku Bali

Pemangku Kahyangan Tiga. Pemangku yang bertugas di Kahyangan Tiga, seperti Pemangku Pura Puseh, Pemangku Pura Desa dan Pemangku Pura Dalem.



  • Pemangku Pamongmong. Pemangku yang hanya bertugas sebagai pembantu daripada Pemangku yang utama di suatu pura, dengan tugas pokok mengatur tata pelaksanaan dan jalannya upacara.
  • Pemangku Jan Banggul. Pemangku yang hanya bertugas sebagai pembantu di pura, dalam tugas-tugas mengatur sesajen, menurunkan arca, pratima, memasang busana (wastra) pada pelinggih, membagikan wangsuhpada dan bija kepada umat yang sembahyang. Di beberapa tempat dikenal dengan istilah Sadeg, Juru Sunggi dan lain-lain. Baca Mengapa Memakai Bija Dikening.
  • Pemangku Cungkub. Pemangku yang bertugas di Mrajan Gede yang memiliki jumlah palinggih sebanyak sepuluh buah atau lebih.
  • Pemangku Nilarta. Pemangku pada pura keluarga atau kawitan.
  • Pemangku Pandita. Pemangku yang memiliki tugas muput yajna seperti Pandita, adanya Pemangku seperti ini didasarkan adanya tradisi atau Purana pada daerah tertentuyang tidak diperkenankan menggunakan pemuput Pandita. Sehingga segala tugas, menyangkut pelaksanaan Panca Yajna diselesaikan oleh Pemangku ini.
  • Pemangku Bhujangga. Pemangku yang memiliki tugas pada Pura Leluhur atau Kawitan yang tergolong.
  • Pemangku Balian. Pemangku yang melaksanakan Swadharmanya sebagai Balian, mengobati orang sakit.
  • Pemangku Dalang. Pemangku yang melaksanakan tugas / swadharmanya sebagai Dalang.
  • Pemangku Lancuban. Pemangku yang bertugas sebagai mediator membantu dalam matuwun, untuk memohon petunjuk dari dunia niskala.
  • Pemangku Tukang. Pemangku yang paham ajaran Wiswakarma, serta segala yang tergolong pekerjaan tukang Undagi, Sangging, Pande dan sejenisnya.
  • Pemangku Kortenu. Pemangku yang bertugas di Pura Prajapati atau Pengulun Setra. Baca Penguasa Ilmu Leak Desti di Bali.
  • Dalam Lontar Suktretaning Pamangku, dinyatakan bahwa Pemangku adalah Perwujudan I Rare Angon (Dewa Gembala/Pengangon) yang merupakan perwujudan dari Dewa Siwa seperti dinyatakan sebagai berikut : "Ikang Sukretaning pamangku ring khayangan, mwang tegesin pamangku kawruhhakena kang mawak pamngku ring sariranta. 

    Artikel terkait Ekajati Pemangku Bali

    I Rare Angon mawak pamangku rin sariranta."   Dikutip dari makalah DR. I Wayan Ardana, M.P.D. M.Fil.H. (RANBB)

    Senin, 13 April 2015

    Pariwisata Bali : Nama dan Alamat Hotel di Bali

    reog surabaya
    Reog Ponorogo
    Hello Gan n Sis, sebentar lagi liburan panjang anak sekolahan, yang lagi UN tetap semangat UN, dan para orangtua segeralah mencari tempat penginapan untuk berlibur nanti, jangan sampai kehabisan. Info Hotel, Bungalow, Resort, Pantai, Discount, Event, dapat dicari disini Hotel Murah di Bali

    Berikut nama dan alamat Hotel, Bungalow, Resort :

    Alila Jakarta Hotel Jl. Pecenongan Kav 7-17 Jakarta

    Alila Manggis Hotel Desa Buitan, Manggis Bali


    Jumat, 10 April 2015

    6 Peralatan dan Sesajen Untuk Memandikan Jenazah

    Memandikan Jenazah
    tikar pandan
    Tikeh Plasa Pengulungan
     Peralatan dan Sesajen Untuk Memandikan Jenazah. Upacara Pitra-yajna adalah penyucian dan "meralina" serta penghormatan terhadap orang yang telah meninggal menurut ajaran agama Hindu. Upacara ini berlandaskan pada ajaran Tri-Rna, khususnya Pitra-Rna yaitu hutang karma kepada orang tua atau Leluhur. Oleh karena itu patut diselenggarakan oleh anak, cucu, para sentana dan keluarga terdekat. 

    6 Peralatan dan Sesajen untuk memandikan jenazah.
    1. Pepaga. Sebagai tempat memandikan jenazah dibuatkan sebuah dipan darurat dari bambu; tingginya kira-kira 1 meter, panjang 2 meter dan lebar 75 cm. Dipan ini disebut "Pepaga". Sebagai alas digunakan dua lembar daun pisang yang masih utuh, lengkap dengan ujungnya. Yang dianggap baik untuk maksud ini adalah daun pisang kepok (pisang dangsaba)




    1. Air. Dalam upcara ini digunakan tiga jenis air, yakni : Air Cendana (air bekas gosokan kayu cendana), air yang bersih (yeh anyar) dan air dicampur dengan bunga-bunga yang harum serta minyak wangi, atau yeh kumkuman
    2. Pembersihan. Sesungguhnya yang disebut pembersihan adalah sejenis sesajen berisi peralatan untuk membersihkan gigi, rambut dan badan. Seperti; Ambuh (untuk mencuci rambut) yang terbuat dari daun kembang sepatu atau kelapa yang diparut, minyak wangi, Sisir untuk membersihkan gigi yang terbuat dari jajan yang dibakar sampai gosong, Kekosok (untuk menggosok badan) dibuat dari tepung beras berwarna putih dan kuning, Tepung tawar dibuat dari daun dadap, kunir dan beras ditumbuh menjadi satu, Bija dibuat dari beras, dicuci kemudian dicampur dengan cendana atau bunga yang harum. Peralatan tersebut masing-masing dialasi dengan "tangkih" dilengkapi dengan sisir, cermin dan bunga yang dialasi "sampian payasan"
    3. Menggulung Jenazah. Untuk menggulung jenazah diperlukan satu lembar "Penekep" yaitu kain hitam untuk menutup alat vitalnya (panjang 1 jengkal persegi + 30 - 40 cm), Talin itik-itik yaitu seutas benang putih untuk mengikat menyatukan kedua ibu jari kakinya (panjang cukup untuk 3 kali ikatan). 
    4. Pakaian untuk Wanita. Sinjang yaitu sejenis pakaian dalam berupa selembar kain berbunga-bunga atau polos panjang 1 1/2 meter lebar 90 cm, satu lembar kain panjang batik atau tenunan, Stagtin yaitu ikat pinggang khusus untuk wanita panjang 3 meter, Selendang dibuat dari kain warna polos putih atau kuning, panjang 1 1/2 meter lebar 90 cm. Pakaian untuk Pria, selembar kain panjang tenunan atau batik, ikat pinggang seperti pada wanita, satu lembar kain panjang untuk "kampuh" yaitu satu lembar kain polos atau berbunga panjang 1 1/2 meter, pada salah satu sisinya ditempeli pinggiran khusus yang disebut "tepi". Satu lembar "umpal" atau selendang, satu lembar "destar" batik atau kain putih. 
    5. Kain Putih untuk menggulung jenazah, panjang 2-3 meter sesuai dengan tinggi orang yang meninggal, disebut dengan "kasa pengulungan" . Kain pengulungan ini sedapat mungkin kain putih atau kain kafan. Tikar yang halus dibuat dari daun pandan atau yang sejenis, disebut "Tikeh Plasa Pengulungan". Tali yang sedapat mungkin dibuat dari bambu sesuai adat setempat. Beberapa kain untuk "rurub"
    Artikel Terkait 

     Demikian secara singkat mengenai Peralatan dan Sesajen untuk Memandikan Jenazah, lebih lengkap dapat dibaca pada buku Panca Yadnya karya Ny. IGA Mas Mt.Putra. Semoga bermanfaat. (RANBB)